10 Makanan Khas Natal Yang Ternyata Kaya Akan Gizi

oleh didi
08:00 AM on Dec 24, 2014

Natal merupakan sebuah perayaan besar bagi umat Nasrani. Natal biasanya juga jadi ajang untuk siaturahmi bersama keluarga. Berkumpul bersama keluarga untuk merayakan indahnya Natal bersama. Nah kalau keluara udah kumpul, tidak mungkin kalau tidak ada acara makan bersama.

Maka dari itu, tentunya kita harus menyiapkan makanan yang spesial di Hari Natal. Agar kebersamaan bersama keluarga lebih terasa nikmat. Biasanya apa saja ya makanan spesial yang biasa disajikan di Hari Natal ini. Kita simak yang di bawah ini yuk.

Baca Juga
Bukan Tanpa Tujuan, Ini Loh Alasan Kenapa Teh Itu Baiknya Dipetik di Pagi Hari
Mirisnya Tata Krama Murid Sekarang, Guru Mendidik Sepenuh Hati Malah Dibuat Candaan

1. Kalkun

Kalkun adalah hewan sejenis ayam namun ukuran tubuhnya lebih besar. Kalkun ini sering ditemui saat malam Natal. Biasanya kalkun ini dimasak dengan cara dipanggang dengan bumbu yang khas dan berbeda-beda di tiap daerah. Sebagai hiasannya, masakan kalkun ini diberi berbagai jenis potongan sayur-sayuran.

Kalkun Panggang - (c)infojajan.com
Kalkun Panggang – (c)infojajan.com

Daging kalkun memiliki kandungan yang baik untuk kesehatan. Kalkun kaya akan vitamin B3 dan B6. Vitamin ini sangat baik untuk kesehatan otak. Kalkun juga mengandung zinc dan selenium, yang baik untuk sistem imun dan kulit. Kalkun juga dapatmembantu meningkatkan mood.

2. Chestnut

Chestnut atau yang biasa disebut kastanya adalah sejenis kacang-kacangan dan memiliki rasa manis. Kulitnya berwarna cokelat tua dan keras. Biasanya Chestnut dimakan untuk campuran cake, sup atau saus salad.

Chestnut - (c)diytrade.com
Chestnut – (c)diytrade.com

Chesnut ini memiliki kandungan Vitamin C, protein, serat, zat besi, Vitamin B serta asam float. Kacang ini juga sangat rendah lemak. Jadi kamu tidak usah parno akan kegemukan setelah Natal nanti nih.

3. Saus Cranberry

Jika dilihat dari namanya, saus Cranberry addalah sebuah saus yang dibuat dari buah Cranberry. Buah ini biasanya diproduksi menjadi jus, selai dan juga saus. Saus Cranberry ini berasal dari Turki dan biasa dinikmati oleh orang Amerika.

Saus Cranberry - (c)gopixpic.com
Saus Cranberry – (c)gopixpic.com

Saus Cranberry ini selain lezat juga mengandung akan banyak zat yang bergizi. DIantaranya adalah VItamin C, nutrisi dan antioksidan. Menurut pakar kesehatanpun, dengan mengkonsumsi cranberry bisa mengurani resiko kanker payudara dan resiko penyakit jantung loh.

4. Bread Sauce

Saus ini bahan dasarnya terbuat dari roti yang mengental. Biasanya saus ini dibuat secara tradisional dengan campuran bawang dan cengkeh.

Bread Sauce - (c)mogfood.com
Bread Sauce – (c)mogfood.com

Bread Sauce juga tidak kalah dengan Saus Cranberry. Bread Sauce juga kayak aka serat dan juga kalsium. Bakik untuk lambung dan pertumbuhan tulang nih. Karna terdapat campuran bawang dan cengkeh, bread sauce pun mengandung antibakteri, antivirus dan juga anti-inflamasi yang bisa mengurangi gejala peradangan.

5. Kubis Brussel

Kubis ini masih termasuk kedalam keluaga silangan yang juga termasuk brokoli, kembang kol, kale dan kecambah brussels.

Kubis Brussels - (c)pixabay.com
Kubis Brussels – (c)pixabay.com

Kubis mengandung baberbagai nyak vitamin loh. Seperti Vitamin A, VItamin C dan VItamin K. Kubis dipercaya dapat membantu mencegah kanker dan penyakit jantung serta menginduksi radikal bebas.

6. Wortel

Siapa yang tidak tau wortel. Sayuran yang berbentuk seperti batang dan berwarna oren. Tidak hanya manusia, kelinci pun sangat suka dengan jenis sayuran yang satu ini. Biasanya wortel ini dibuat sebagai garnis atau hiasan pada makanan yang kita hidangkan.

Wortel - (c)wwwinfojajan.com
Wortel – (c)wwwinfojajan.com

Semua pasti sudah tau, kalau wortel mengandung Vitamin A yang sangat baik untuk kesehatan mata kita. Namun ternyata, wortel juga mengandung karotenoid yang bisa mengurangi resiko degenerasi makular atau kerusakan se-sel khusus alam makula retina yang bisa mendeteksi cahaya dan warna pada mata, dan juga berguna untuk melawan kanker.

7. Kentang Panggang

Kentang adalah makanan dari jenis umbi-umbian. Biasanya pada saat Natal, kentang ini dimasak dengan panggang. Kemudian disajikan dengan saus-saus atau makanan lainnya.

Kentang Panggang - (c)sehatplus.com
Kentang Panggang – (c)sehatplus.com

Kentang mengantung Vitamin C yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh dan juga mengandung kalium elektrolit. Menurut penelitian, kentang ternyata mengandung kukoamines, sebuah senyawa kimia yang dapat menurunkan tekanan darah.

8. Parsnips

Parnips adalah sejenis sayuran yang bentuknya sangat mirip dengan wortel. Hanya saja warna pada parnips ini sedikit pucat dibanding warna wortel. Parnips juga memiliki rasa yang lebih manis dibandingkan dengan wortel.

Parnips - (c)mirror.co.uk
Parnips – (c)mirror.co.uk

Parnips mengandung antioksidan falkarinol yang dapat mengurangi resiko kanker dan kaya akan asam folat yang bisa mengurangi resiko tekanan darah tinggi, Parnips juga bisa mencegah cacat lahir pada calon bayi yang akna lahir.

9. Puding Natal

Puding adalah sebuah dessert yang sangat pas disajikan saat perayaan Natal. Puding disukai dari berbagai kalangan, mulai dari yang tua, yang muda bahkan dari kalangan anak-anak. Rasanya yang manis dilidah dapat menutup malam Natal dengan manis juga.

Puding - (c)djurnal.com
Puding – (c)djurnal.com

Puding ini terbuat dari agar-agar yang juga sangat bermanfaat untuk tubuh kita. Karna didalamnya terdapat kandungan serat yang tinggi, jadi sangat baik untuk pencernaan. Puding Natal juga dibuat dengan campuran rempah-rempah seperti kayu manis. Kayu manis dapat membantu mengontrol tekanan gula darah.

 

10. Wine

Wine atau anggur adalah minuman beralkohol yang dibuat dari sari anggur. Wine dibuat melalui fermentasi gula yang terdapat didalam buah anggur tersebut. Minuman ini ada beberapa jenis seperti, Red Wine,White Wine, Rose Wine, Sparkling Wine, Sweet Wine, dan Fortified Wine. Lalu yang paling terkenal adalah Red Wine.

Wine - (c)mannyswinetours.com
Wine – (c)mannyswinetours.com

Ternyata tidak selalu alkohol yang terkandung didalam wine berdampak buruk bagi kesehatan. Selama dikonsumsi dengan takaran yang sehat, wine dapat menjaga kesehatan hati dan jantung, dan bisa memperkuat kekebalan tubuh, dan mencegah hilangnya nutrisi tulang.

Itu tadi kesepuluh makanan yang lezat dan bergizi yang biasanya disajikan saat perayaan Natal. Kamu punya contoh makanan lain yang biasa dihidangkan di rumahmu saat Natal gak nih?

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA