6 Makanan Ini Murah di Indonesia, Tapi Mahal di Luar Negri

oleh Rahma Muliani
07:00 AM on Aug 21, 2015

Banyak wisatawan asing yang bilang, kalau berkunjung ke Indonesia tidak membutuhkan budget yang banyak. Bagaimana tidak, segala hal mulai dari tempat rekreasi, barang-barang seperti pakaian atau sepatu sampai kulinernya pun memang sangat murah harganya.

Tapi siapa sangka, ada beberapa makanan yang di Indonesia harganya begitu murah, namun saat dijual di luar negri harganya sangat fantastis. Akan tetapi meski harganya sangat mahal, makanan-makanan itu tetap laku keras loh.

Baca Juga
Tak Ditanggung BPJS Kesehatan 100%, Penderita 8 Penyakit Ini Menangis Miris
4 Fakta Sebenarnya Tentang Joged Bumbung yang Sering Disebut “Goyang Syahwat”

1. Mie Instan, di Amerika Harganya Mencapai 25 Ribu

Siapa yang tidak menyukai makanan yang harganya sangat bersahabat ini. Di Indonesia, mie instan digemari oleh banyak kalangan. Mulai dari anak sekolah, mahasiswa bahkan sampai orang kantoran. Harganya yang pas di kantong dan rasa yang nikmat, membuat makanan ini begitu diminati.

Di Amerika Harganya 10 Kali Lipat
Di Amerika Harganya 10 Kali Lipat [ImageSource]
Mie instan memang sangat bersahabat, karena harganya yang juga bersahabat. Untuk satu bungkusnya, harga mie instan sekitar dua ribu sampai 3 ribu rupiah saja. Tapi di Amerika, harga satu bungkus mie instan ini naik sepuluh kali lipat menjadi sekitar 25 ribu rupiah.

2. Tempe, di Jerman Harganya Mencapai 28 Ribu.

Tempe merupakan makanan khas Indonesia yang harganya paling bersahabat dengan kantong. Biasanya, harga satu papan tempe sekitar 5 ribu rupiah hingga 10 ribu rupiah. Harga tergantung dari besar atau kecilnya ukuran dari tempe tersebut.

Sangat Laris di Jerman
Sangat Laris di Jerman [ImageSource]
Tapi siapa sangka, di Jerman harga makanan yang terbuat dari kacang kedelai ini bisa mencapai 25 ribu rupiah untuk ukuran kecil. Walaupun harganya sangat mahal, tetapi tempe ini tetap laku keras loh. Mungkin karena masyarakat di sana belum bisa membuat tempe, jadi harga semahal apapun tidak masalah.

3. Bakso, di Singapura Sekitar 50 Ribu.

Satu lagi makanan khas Indonesia yang sangat mahal harganya saat dijual di luar negri. Bakso, di Singapura dijual dengan harga sekitar 50 ribu rupiah per porsinya. Padahal di Indonesia, harga bakso hanya sekitar 10 ribu rupiah per porsinya.

Di Singapura Begitu Diminati
Di Singapura Begitu Diminati [ImageSource]
Meski harganya terbilang sangat mahal, tetapi bakso sangat diminati di sana. Bagaimana tidak, makanan ini rasanya memang sangat lezat. Apalagi jika dimakan saat udara sedang dingin, kenikmatannya akan bertambah tentunya.

4. Pisang Goreng, di Belanda Harganya Mencapai 75 Ribu Perbuah.

Di Indonesia ada banyak sekali camilan gorengan. Salah satu contohnya adalah pisang goreng. Pisang ini digoreng dengan balutan tepung. Rasanya garing, gurih dan juga manis. Sangat cocok untuk menjadi teman saat minum teh di pagi hari atau sore hari.

Di Belanda Harganya Melonjak Tinggi
Di Belanda Harganya Melonjak Tinggi [ImageSource]
Rata-rata harga pisang goreng di Indonesia itu sekitar seribu sampai lima ribu rupiah. Tapi jangan kaget jika kamu membeli camilan renyah ini di Belanda. Harga pisang goreng di negri kincir angin itu bisa mencapai 75 ribu rupiah per buahnya.

5. Bika Ambon, di Belanda Mencapai 130 Ribu

Bika Ambon di Indonesia merupakan kue yang harganya cukup mahal, yakni mencapai 100 ribu rupiah untuk ukuran yang cukup besar. Tapi harga tersebut tidak terlalu mahal, jika dibandingkan dengan harga kue Bika Ambon yang dijual di Belanda.

Harga Kue Bika Ambon di Belanda Bisa Mencapai 100 Ribu Lebih
Harga Kue Bika Ambon di Belanda Bisa Mencapai 100 Ribu Lebih [ImageSource]
Di Belanda harga kue berwarna kuning khas Sumatra Utara, Indonesia ini,  rata-rata adalah sekitar 130 ribu rupiah per 600 gram nya. Tentu harga yang sangat mahal bukan untuk ukuran yang sangat sedikit itu. Sangat menakjubkan memang.

6. Sate Ayam, di London Bisa Mencapai 150 Ribu

Makanan yang satu ini juga tak kalah mencengangkan harganya. Di Indonesia, harga sate ayam rata-rata hanya sekitar 10 ribu rupiah hingga 15 ribu rupiah per porsinya. Tapi di luar sana, seperti London contohnya harga sate ayam per porsi bisa menjadi 150 ribu rupiah.

Sate ayam di London
Sate ayam di London [ImageSource]
Tapi jangan salah, meskipun harganya sangat mahal namun restoran yang menjual sate ayam ini  sangat ramai oleh para pengunjung. Wajar saja harganya bisa semahal itu, karena sate ayam termasuk ke dalam daftar makanan terlezat di dunia.

7. (Tambahan) Sendal Jepit, di ebay Harganya 250 Ribu.

Bayangkan, sendal jepit yang biasanya di pakai untuk ke toilet bagi sebagian orang di Indonesia, namun saat di jual di Ebay.com, harganya mencapai ratusan ribu rupiah. Hal ini berawal saat salah seorang personil boyband dari Korea Selatan memakai sendal jepit. Seorang personil boyband itu bernama Sehun dari boyband ‘EXO’.

Terkenal Karena Dipakai Artis Korea
Terkenal Karena Dipakai Artis Korea [ImageSource]
Sehun tak sengaja tertangkap kamera saat sedang memakai sendal jepit tersebut. Padahal ia membeli sendal jepit itu karena kakinya mengalami cedera saat manggung di Indonesia. Dan siapa sangka, dengan kejadian tersebut banyak para fansnya yang turut mencari sendal yang serupa.

Itulah tadi beberapa makanan Indonesia yang laku keras dijual di luar negri walaupun harganya selangit. Rasanya tak perlu diragukan lagi memang. Sangat nikmat dan sulit untuk dilupakan tentunya. Kira-kira, makanan khas Indonesia apalagi yaa yang harganya menjadi sangat mahal saat dijual di negara lain?

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
7 Artis Ini Pantang Makan Nasi Putih, Perubahannya Bikin Kamu Teriak ‘WOW’ Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo Mulai dari Begal Hingga Ojek, Inilah Nasib 5 Pemain Timnas yang Tak Berjaya Lagi 6 Tokoh-tokoh Terkenal Tanah Air yang Moksa atau Menghilang Tanpa Bekas Inilah Kabar Pemeran Nyi Pelet, si Cantik yang Dulu Pernah Bikin Kaum Adam Kepincut 5 Kejadian Nyleneh Orang Indonesia yang Terekam Google Street View, Awas Ngakak! Inilah 4 Putri Super Cantik Faisal Harris dan Sarita, Korban Kehancuran Keluarga Akibat ‘Pelakor’ 7 Aktris Sinetron Kolosal Cantik dan Seksi ini Pernah Menghiasi Layar Kaca Kamu Zaman Dulu Beginilah Perbedaan Kekuatan Militer Indonesia dan Malaysia, Bagai Bumi dan Langit! Inilah 6 Artis Indonesia yang Bikin ‘Superstar’ Luar Negeri Tergila-gila, Ada yang Sampai Baper Loh Cowo Wajib Tau: Ini Nih 7 Tipe Sneakerhead, Kamu Termasuk yang Mana? Inilah 5 Negara yang Cinta Mati dengan Teh Indonesia Tuhan Maha Adil, Begini Nasib Terkini Pasangan Tangerang yang Diarak karena Dituduh Mesum Sering Diejek, Perubahan Drastis 13 Wanita Ini Jadi Bukti Kalau Tak Ada yang Mustahil, No. 5 Jadi Artis Loh 8 Anak Artis Ini Nggak Kalah Cantik dari Ibunya, Bikin Para Cowok Rela Antri untuk Mendapatkannya Inilah Perbandingan Kekayaan Beberapa Pengacara Kondang, Ada yang Bisa Buat Makan 3 Kampung loh Inilah Tontaipur, Pasukan Spesial Angkatan Darat Indonesia yang Kemampuannya Luar Biasa 5 Ibu Mertua Paling ‘Membahayakan’ Sedunia 12 Kelakuan Pengguna Medsos “Kelewat Awam” Ini Dijamin Bikin Kamu Ngakak Jengkulitan Sempat Jadi Tontonan Wajib Anak 90an, Begini Nasib Pemain Shaolin Soccer Sekarang
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA