10 Makanan Sehari-hari yang Ternyata Ilegal di Beberapa Negara

oleh Norman Duarte
10:32 AM on Nov 3, 2015

Makanan atau cuisine adalah salah satu kebutuhan manusia yang kemudian menjadi budaya dan ciri khas. Masing-masing daerah memiliki ciri khas makanannya sendiri dengan cita rasa yang unik.

Tetapi tahukah Anda bahwa ada juga makanan yang ilegal di sebuah daerah. Alasannya bermacam-macam loh. Simak artikel ini untuk tahu makanan apa saja yang ilegal di sebuah daerah!

Baca Juga
Fakta Silat Marunda, Warisan Maut Si Pitung yang Bikin VOC Terkencing-kencing Tak Berdaya
Blunder! 9 Pejabat Ini Pernah Salah Ucap Ketika Sedang Menyampaikan Pidato Penting

1. Saus Tomat

Dressing yang satu ini ‘kelihatannya’ banyak digunakan untuk makanan-makanan negara Barat. Ternyata saus tomat dilarang di sekolah-sekolah Perancis. Mengapa begitu?

Saus tomat
Saus tomat [imagesource]
 Alasannya karena hal kultural. Rupanya saus tomat dipercaya merusak cita rasa makanan khas Perancis. Jadi karena itulah saus tomat tidak banyak digunakan di sana.

2. Samosa

Samosa adalah makanan yang populer di kalangan Asia dan Afrika. Tapi sebuah kelompok garis keras bernama Al-Shabab di Somalia melarang Samosa.

Samosa
Samosa [imagesource]
Alasannya tidak masuk akal, karena bentuk Samosa bagi mereka terlalu mirip dengan filosofi trinitas dalam Kristen.

3. Kinder Eggs

Meski Amerika kaya akan makanan manis yang bisa memanjakan anak kecil, tapi tak selamanya makanan tersebut bisa diterima. Jangan mencoba membeli Kinder Eggs jika Anda berada di Amerika.

Kinder Eggs
Kinder Eggs [imagesource]
Kombinasi cokelat dan mainan populer ini dilarang impor oleh US Customs and Border Protection karena ‘mengandung zat-zat  non-nutrisi di dalamnya’.

4. Buah Ackee

Versi mentah dari buah asal Jamaika ini dilarang impor ke Amerika Serikat karena mengandung racun yang dapat menghalangi kemampuan tubuh untuk menghasilkan pasokan tambahan glukosa.

Buah Ackee
Buah Ackee [imagesource]
Hal ini dapat menyebabkan kadar gula darah rendah dan potensi kematian. Buah kaleng Ackee dilarang selama bertahun-tahun di AS tapi sekarang sudah diperbolehkan secara hukum, meskipun impornya dimonitor dan buah mentahnya masih ada kemungkinan untuk disita.

5. Permen Jelly

Permen Jelly mungkin tampak tidak berbahaya, malahan terlihat lucu dan imut. Tetapi permen ini terbuat dari zat penebal yang disebut konjac yang dianggap berbahaya.

Permen Jelly
Permen Jelly [imagesource]
Inggris dan Uni Eropa melarang pengimporannya, atas dasar bahwa permen ini menimbulkan bahaya tersedak.  Namun, permen yang sama banyak tersedia di Jepang dan Timur Tengah.

6. Haggis

Makanan lezat  tradisional asal Skotlandia ini, dilarang di Amerika karena hukum melarang digunakannya paru-paru domba dalam produk makanan.

Haggis
Haggis [imagesource]
Tetapi saat ini, pemerintah Skotlandia telah berupaya untuk menghapus  veto Amerika sejak 40 tahun ini, dan telah mengundang delegasi pejabat AS ke negara itu dalam upaya untuk membuka pintu impor.

7. Susu Mentah

Cukup mengejutkan bahwa Susu yang tidak dipasteurisasi dilarang di 22 negara bagian di AS dan Kanada atas ketakutan terhadap kuman.

Susu Mentah
Susu Mentah [imagesource]
Padahal, susu mentah tersedia sangat banyak di Eropa, Afrika dan Asia, dan secara fakta, banyak yang bilang bahwa susu mentah sebenarnya sangat sehat.

8. Daging Kuda

Menyembelih kuda untuk konsumsi manusia adalah ilegal di Amerika Serikat, meskipun tidak melanggar hukum untuk mengkonsumsi daging kuda. Hal ini berarti bahwa makan daging kuda impor, masih diperbolehkan di Amerika.

Daging Kuda
Daging Kuda [imagesource]
Di Inggris, makanan ini tetap dianggap tabu, sehingga seorang chef terkenal Inggris bernama Gordon Ramsay menuai kritik pedas ketika  menyarankan agar daging kuda kembali disajikan di restoran. Di Perancis, Italia dan negara-negara lain di Eropa, daging kuda dianggap sebagai makanan lezat.

9. Absinthe

Absinthe adalah sejenis minuman beralkohol. Minuman ini dilarang selama bertahun-tahun di Amerika Serikat dan Eropa karena mengandung konsentrasi besar ‘wormwood’, yaitu sejenis tanaman yang mengandung kimia bernama thujone, yang dapat menyebabkan halusinasi dan mempengaruhi kesehatan mental.

Absinthe
Absinthe [imagesource]
Larangan tersebut dicabut pada 1990-an di Eropa tapi dalam bentuk mentahnya. Secara teknis Absinthe masih ilegal di Amerika, dan masuk kategori produk makanan yang ada dalam pengendalian US Food and Drug Administration.

10. Marmite

Marmite adalah semacam selai roti. Marmite dibuat dari ekstrak ragi yang merupakan produk sampingan dari bir, dan cocok bagi vegetarian dan vegan.

Marmite
Marmite [imagesource]
Produk ini berbentuk pasta berwarna coklat gelap, lengket dan memiliki rasa yang harum, kuat, dan gurih. Di Denmark, produk ini dilarang karena produk ini dianggap tidak memiliki vitamin yang berguna.

Lucu ya, ternyata banyak negara yang ‘mengharamkan’ makanan. Jadi kita gak boleh nyinyir kalo ada agama yang mengharamkan makanan pula. Setuju?

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA