Makanan Lezat Dibungkus Daun Asli Indonesia

oleh Tetalogi
07:36 AM on Aug 25, 2015

Salah satu rahasia yang membuat menu makanan tradisional itu terasa lebih lezat dan kaya rasa adalah cara memasak dan penyajian yang masih tradisional. Karena itulah kamu pasti menyadari bahwa bumbu yang diblender akan terasa kurang sedap jika dibandingkan dengan bumbu yang diuleg, bukan?

Baca Juga : 6 Makanan Ini Murah di Indonesia, Tapi Mahal di Luar Negri

Baca Juga
Bukan Tanpa Tujuan, Ini Loh Alasan Kenapa Teh Itu Baiknya Dipetik di Pagi Hari
Mirisnya Tata Krama Murid Sekarang, Guru Mendidik Sepenuh Hati Malah Dibuat Candaan

Selain itu, makanan yang terbungkus daun, biasanya akan memiliki rasa yang lebih kaya daripada makanan yang disajikan dengan dibungkus plastik. Contoh sederhananya, kamu pasti menyadari perbedaan rasa lontong yang dibungkus dengan plastik dengan yang dibungkus dengan daun pisang kan? Nah, selain lontong, ada beberapa makanan bungkus daun lagi yang punya rasa sedap, seperti berikut ini.

1. Pepes

Kata pepes asalnya adalah teknik memasak dengan membungkus bahan makanan dengan kulit pisang sebelum dimasak. Di Indonesia, kata pepes memiliki banyak nama dengan dialek yang berbeda seperi Pais dalam bahasa Sunda, Brengkesan dalam bahasa Jawa, Pelasan dalam bahasa Jawa-Osing, Brengkes dalam bahasa Palembang, Palai dalam bahasa Minangkabau dan Payeh dalam bahasa Aceh. Nama yang umum digunakan adalah pepes yang merupakan kata jamak dalam pais dalam bahasa Sunda.

Pepes Ikan Emas [Image Source]
Pepes Ikan Emas [Image Source]
Umumnya, memasak pepes menggunakan bahan ikan. Namun sekarang ini, sudah ada berbagai macam jenis pepes seperti pepes tahu, pepes oncom, pepes ikan, pepes jamur, pepes seafood, dan masih banyak lagi. Bahan tersebut dilumuru dengan bumbu sebelum kemudian dibungkus dengan daun pisang. Selanjutnya, barulah dimasak dengan cara dikukus, direbus, atau dibakar. Cara memasak seperti ini membuat berbagai macam bumbu tersebut meresap hingga ke dalam masakan dengan tambahan aroma khas daun pisang yang segar.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA