Yuck! 5 Makanan ini Pasti Bikin Muntah, Tapi Gizinya Mengalahkan Makanan Paling Mahal

oleh Rizal
07:00 AM on Jul 31, 2016

Kita seringnya menilai makanan bergizi atau tidak hanya dari penampilannya saja. Padahal bukan berarti makanan yang presentasinya bagus, gizinya juga yahud. Kita justru sering kali menyepelekan makanan yang penampilannya biasa-biasa, padahal gizinya luar biasa. Bahkan kalau makanannya mengerikan dan ekstrem, kita pasti akan langsung menghakiminya sebagai makanan beracun yang berbahaya bagi tubuh.

Makanan menjijikkan kesannya memang seolah buruk bagi kesehatan. Tapi, ternyata tidak demikian kenyataannya. Ada beberapa makanan yang tampilannya begitu ngeri dan bikin muntah, tapi gizinya benar-benar luar biasa. Bahkan mengalahkan makanan yang harganya super mahal dengan pamor syarat gizi.

Baca Juga
6 Efek Mengerikan Akibat Penggunaan Steroid untuk Membesarkan Otot, Cowok-Cowok Buka Mata Deh!
5 Alasan Mengapa Cewek Lebih Bahagia dengan Pria Bertampang Pas-Pasan, Alhamdulilah

Nah, soal makanan menjijikkan tapi penuh gizi, berikut adalah beberapa jenis dari mereka yang konon sudah terbukti dan jadi konsumsi umum di beberapa negara. Tapi, ada juga yang masih dalam tahap pengembangan karena satu dan lain hal.

1. Susu Kecoa, Sumber Makanan Manusia di Masa Depan

Kecoa sudah tak terbantahkan pamornya sebagai hewan paling menjijikkan di dunia. Saking jijiknya, seseorang bisa menghabiskan satu botol penyemprot serangga hanya untuk membunuh seekor kecoa aja. Namun, meskipun sangat dibenci manusia, hewan satu ini ternyata punya nilai gizi super tinggi kalau dijadikan kudapan.

Kecoa [Image Source]
Kecoa [Image Source]
Bukan, bukan tubuh kecoak yang menjijikkan itu, tapi susu yang dimilikinya. Ya, ada satu kecoa bernama Diploptera Punctata yang ternyata memiliki kandungan susu di dalamnya. Susu ini sendiri memang digunakan untuk menyusui anak-anaknya, karena Diploptera ternyata hewan vivipar alias melahirkan. Diketahui susu ini kandungan gizinya begitu tinggi bahkan dibandingkan milik sapi. Susu kecoa ini diperkirakan bakal jadi makanan masa depan. Hanya saja sampai saat ini peneliti belum tahu cara untuk memanennya.

2. Tarantula Goreng yang Punya Khasiat Pengobatan

Tarantula bisa dibilang merupakan salah satu hewan yang berbahaya. Ya, gigitannya itu bisa bikin kita merasakan sakit yang luar biasa. Tapi, meskipun begitu, tarantula yang ngeri ini bisa jadi salah satu obat mujarab sesak nafas jika dikonsumsi.

Tarantula goreng [Image Source]
Tarantula goreng [Image Source]
Ya, tentu saja kita bakal mulas-mulas sampai muntah jika benar-benar melakukannya. Tapi, menurut orang-orang Kamboja, tarantula memang berkhasiat seperti itu dan sudah terbukti selama bertahun-tahun. Jika kamu mungkin sudah menyerah dengan berbagai obat untuk masalah pernapasan, mungkin ini bisa dicoba.

3. Jangkrik, Serangga Bikin Jijik Tapi Gizinya Luar Biasa

Jangkrik bagi sebagian orang mungkin serangga biasa, tapi bagi sebagian yang lain adalah hewan menjijikkan. Bentuk mereka yang seram dan kaki-kaki yang tajam itu, ternyata membuat banyak orang tidak menyukainya. Nah, jika penampakannya saja tidak suka, apalagi memakannya? Bisa-bisa muntah berhari-hari. Mungkin menjijikkan, tapi jangkrik nyatanya sangat-sangat bergizi.

Jangkrik [Image Source]
Jangkrik [Image Source]
Ya, tubuh jangkrik ternyata mengandung protein yang begitu tinggi. Bahkan dalam jumlah yang sama mereka mengalahkan daging sapi dan ayam. Soal jangkrik yang syarat gizi ini, hal tersebut ternyata sudah dikonfirmasi oleh beberapa perusahaan besar. Jika kamu masih belum percaya, mungkin tidak ada salahnya untuk mencobanya sedikit.

4. Chaga, Jamur Menjijikkan yang Kaya Nilai Gizi

Sekilas melihat penampilan Chaga kamu pasti akan merasa merinding. Ya, bentuknya benar-benar mengerikan seperti bekas luka yang tak kunjung sembuh. Memang, kalau dilihat dari tampilannya, Chaga sangat mengerikan. Tapi, lagi-lagi jangan meremehkan tumbuhan jamur satu ini.

Chaga [Image Source]
Chaga [Image Source]
Ya, meskipun ngeri tapi Chaga nyatanya mengandung manfaat yang sangat besar. Jamur ini dipastikan mengandung banyak sekali antioksidan yang membantu mencegah tubuh dari kanker. Selain itu, ia juga mengandung anti tumor yang mujarab, belum lagi ternyata Chaga juga berkhasiat menghambat penuaan. Buruk rupa, tapi bisa bikin cantik.

5. Casu Marzu, Keju Menjijikkan Tapi Luar Biasa

Keju mungkin jadi makanan favorit orang sedunia, tapi kalau bentuknya macam Casu Marzu ini mungkin semua orang akan menjauhinya. Bagaimana tidak, keju satu ini berbau sangat menyengat dan di dalamnya kamu akan bisa menemukan larva bahkan lalat-lalat kecil yang tinggal di dalamnya. Tapi, meskipun sangat menjijikkan, tapi keju ini dipercaya punya gizi luar biasa.

Casu Marzu [Image Source]
Casu Marzu [Image Source]
Casu Marzu sendiri dibuat dari susu kambing pilihan lalu diproses sedemikian rupa, termasuk salah satunya dibiarkan terbuka biar lalat-lalat berkembang biak di situ. Soal gizi, keju satu ini mengandung banyak nutrisi yang sangat baik untuk tubuh, meskipun selama ini masih belum benar-benar ada penelitian untuk itu. Berani coba?

Bisa dipastikan semua orang pasti akan mual dengan makanan di atas. Tapi, siapa yang menyangka kalau ternyata deretan makanan menjijikkan itu mengandung gizi yang luar biasa. Beberapa mungkin belum ada hasil ilmiahnya, tapi sepertinya layak untuk dicoba. Masalahnya tinggal mau atau tidak.

Next
BERITA TERKAIT
BACA JUGA