in

5 Makanan Asli Indonesia ini Nggak Mungkin Diklaim Negara Lain

Di satu sisi kita wajib ngamuk kalau apa-apa yang asli Indonesia diklaim negara lain. Namun, kita boleh lah sedikit bangga karena begitu menariknya apa yang kita punya, ada negara yang begitu ingin memilikinya sebagai bagian dari mereka. Ya, Indonesia ini memang super kaya kalau masalah keragaman kebudayaan dan kearifan lokalnya. Nama Indonesia sendiri makin terkenal gara-gara kekayaannya yang satu itu.

Memang, kebudayaan kita sebagian dianggap klaim-able kalau kata anak muda. Terutama oleh negara-negara yang masih serumpun. Namun, ada juga lho milik kita yang sepertinya bakal susah untuk diakui oleh negara lain. Misalnya jenis-jenis makanan tertentu. Dengan alasan-alasan khusus, beberapa jenis makanan kita yang Indonesia banget takkan mungkin untuk diklaim.

Inilah deretan makanan itu dan kita sepertinya tak perlu terlalu ngoyo untuk melakukan aksi preventif akan potensi klaim. Soalnya, ini sudah lekat sekali dengan kita dan hanya Indonesia saja yang bisa bikinnya.

1. Rawon, Bumbunya Cuma Ada di Indonesia

Makanan berkuah ‘butek’ ini adalah salah satu sajian yang bisa dibilang paling enak. Perpaduan bumbunya yang super susah kalau kata anak-anak gadis yang baru belajar masak, serta bahan-bahan makanan pendukung lain, menjadikan makanan ini jagoan di banyak tempat. Bahkan Rawon sudah mengalami evolusi dan dikembangkan menurut daerah masing-masing.

Kluwek yang dipakai di bumbu rawon hanya ada di Indonesia [Image Source]
Kluwek yang dipakai di bumbu rawon hanya ada di Indonesia [Image Source]
Alasan kenapa rawon takkan diklaim oleh negara lain, siapa pun itu, adalah bumbunya sendiri. Ya, rawon menggunakan ‘kluwek’ kalau kata orang Jawa. Uniknya, Kluwek ini cuma ada di Indonesia saja. Jadi, sepertinya cukup konyol kalau orang-orang luar mengklaim makanan ini, lha wong bahannya cuma kita yang punya.

2. Rendang, Masakan Super Susah Se-Indonesia

Sepertinya kita sudah tahu kalau rendang masuk dalam daftar makanan paling ‘laziz’ se-dunia. Alasannya, karena rendang punya komposisi bumbu yang benar-benar banyak. Mengolahnya juga butuh waktu yang tidak sebentar.

Cukup susah lho untuk membuat rendang yang enak [Image Source]
Cukup susah lho untuk membuat rendang yang enak [Image Source]
Tidak semua orang bisa masak rendang yang pas. Artinya, komposisi bumbu dan bahan makanannya harus benar-benar pas. Hal ini membuat makanan khas restoran padang itu susah untuk diklaim. Kecuali ada WNI yang jago masak rendang dan dia menaturalisasi dirinya di luar Indonesia. Meskipun begitu, seluruh dunia sudah tahu kalau rendang sudah identik dengan bangsa ini.

3. Gado-Gado, Presentasi Makanan yang Tidak Mungkin Dibuat Bule

Perpaduan bumbu kacang, sayur-sayuran, lontong, plus krupuk, membuat gado-gado jadi makanan enak yang khas. Gado-gado adalah makanan yang sudah go nasional, di mana kita akan mudah menemukan kedai penjual makanan ini di kota mana pun. Buatnya gampang dan tidak ribet, yang mungkin jadi alasan kenapa makanan ini mudah ditemukan.

Kalau dilihat dari presentasinya, gado-gado bukan bule banget [Image Source]
Kalau dilihat dari presentasinya, gado-gado bukan bule banget [Image Source]
Alasan kenapa gado-gado tidak mungkin diklaim sendiri sebenarnya simple. Ya, ini tentang presentasi makanan unik itu. Seperti yang kita tahu, gado-gado ditampilkan dengan susunan yang random. Hal ini berkebalikan dengan kebiasaan para bule yang biasanya concern soal presentasi makanan. Ya, pada akhirnya, gado-gado tetap enak walaupun bentuknya campur-campur, namanya juga gado-gado.

4. Dodol, Karena Bule Tidak Akan Bisa Mengaduk Adonan Seharian

Dulu, dodol hanya punya satu rasa original saja. Namun, makin ke sini, dodol makin banyak jenisnya. Keju, coklat, strawberry dan lain sebagainya. Meskipun sudah mengalami akulturasi rasa, namun dodol enak tetaplah dibuat dengan cara yang manual. Yup, pakai tenaga manusia.

Dodol enak hanya dibuat pakai tenaga, bule pasti tidak akan mungkin melakukan hal ini [Image Source]
Dodol enak hanya dibuat pakai tenaga, bule pasti tidak akan mungkin melakukan hal ini [Image Source]
Ketika membuat dodol maka risikonya harus siapkan lengan kuat-kuat. Pasalnya, ada satu fase dalam prosesnya, di mana adonan tidak boleh didiamkan dan harus diaduk-aduk terus. Ini juga yang jadi alasan kenapa dodol tidak mungkin diklaim. Sepertinya bukan bule banget kalau harus bersusah payah sampai pegal-pegal hanya demi sebuah kudapan.

5. Gudeg, Karena Bule Tidak Tahu Cara Masak Nangka Muda

Mampir ke Yogyakarta tidak akan lengkap tanpa kita mencicipi yang namanya Gudeg. Makanan ini memang sudah ikonik banget dengan daerah Sri Sultan itu. Rasanya yang pas dan sensasi sayur nangka mudanya, bikin gudeg selalu punya tempat di hati.

Hanya orang Indonesia yang tahu mengolah nangka muda jadi sayuran enak [Image Source]
Hanya orang Indonesia yang tahu mengolah nangka muda jadi sayuran enak [Image Source]
Alasan kenapa Gudeg tidak mungkin diklaim adalah fakta kalau hanya orang Indonesia yang mengolah nangka muda menjadi sayur. Bahkan jika ditambah lagi teknik memalamkan sayur nangka ini, sepertinya makin mustahil kalau ada negara yang tiba-tiba mengajukan klaim atas makanan ini. Gudeng akan selalu jadi punyanya Wong Yogyakarta sampai kapan pun.

Inilah deretan makanan yang mustahil untuk diklaim negara lain. Alasannya sendiri ya seperti yang sudah disinggung di atas. Mulai dari alasan bumbu, teknik memasak, originalitas dan lain sebagainya. Indonesia memang kaya banget dalam hal-hal seperti ini. Makanya, jangan sampai lengah gara-gara lupa dijaga dan akhirnya menyesal kalau sudah dicaplok negara lain.

Written by Rizal

Hanya seorang lulusan IT yang nyasar ke dunia tulis menulis. Pengalamannya sudah tiga tahun sejak tulisan pertama dimuat di dunia jurnalisme online. Harapannya bisa membuat tulisan yang super kece, bisa diterima siapa pun, dan juga membawa influence yang baik.

Contact me on my Facebook account!

Leave a Reply

6 Tempat di Bumi Ini Sangat Beracun dan Mematikan Bagi Makhluk Hidup

5 Pasukan Elit ini Jadi yang Paling Ditakuti di Dunia Bahkan Oleh Teroris Tergila Sekalipun