8 Makanan Aneh yang jadi Favoritnya Orang Thailand

oleh Rahma Muliani
12:00 PM on Sep 17, 2015

Bagaimana yaa, jika sebuah makanan dibuat dari bahan yang tak biasa? Bahkan bisa dibilang bahan dasar untuk membuat makanan tersebut cenderung membuat kita mual. Tentunya kita akan berfikir dua kali mencoba untuk memakannya bukan?

Tapi ternyata, beberapa makanan dengan bahan aneh itu kaya akan manfaat loh. Gizi yang terkandung di dalamnya cukup baik untuk tubuh. Seperti beberapa makanan yang ada di Thailand ini yang dilansir di Mashable ini, meski aneh tapi menjadi favorit. Mari kita simak, kuliner apa sajakah itu.

Baca Juga
5 Fakta Gahar Pesawat Buatan Anak Bangsa N219 yang Bakal Bikin Negara Tetangga Iri
Deretan 10 Paskibraka Cantik Pembawa Bendera Pusaka Di Upacara Istana Kepresidenan yang juga Pantas Membawa Hatimu

1. Kai Yiew Ma

Kai Yiew Ma, sekilas memang tampak seperti telur biasa. Tapi jika sudah dibuka, mungkin kamu akan sedikit mual saat melihatnya. Kai Yiew Ma adalah sebuah telur bebek yang sudah menjadi embrio. Akan terlihat calon-calon bebek, meski yang baru terlihat hanyalah kepala dan sebagian kakinya.

Kai Yiew Ma, Telur yang Sudah Menjadi Embrio
Kai Yiew Ma, Telur yang Sudah Menjadi Embrio [imagesource]
Telur bebek ini diawetkan dalam campuran tanah liat, abu, garam, kapur dan sekam padi. Bagi warga Thailand kuliner yang satu ini rasanya cukup lezat. Tertarik untuk mencobanya? Kai Yiew Ma dapat kamu temukan dengan mudah di Pasar Warorot. Jika berkunjung ke Thailand, cobalah kuliner yang satu ini.

2. Fried Worms

Frieds Worms, dalam bahasa Indonesia adalah cacing goreng. Ya, hewan melata yang menjijikkan tersebut biasa digoreng untuk dijadikan camilan oleh masyarakat di Thailand. Terdengar sangat menjijikkan bukan? Akan tetapi makanan ini cukup diminati bagi warga Thailand.

Fried Worms, Dijadikan Cemilan
Fried Worms, Dijadikan Cemilan [imagesource]
Daging cacing dianggap bergizi, karena terdapat sumber protein dan karbohidrat serta detoksifikasi. Camilan cacing goreng biasanya digoreng dengan bumbu bawang putih. Jika ingin mencobanya, kamu bisa dengan mudah menemukannya di beberapa bar lokal yang ada di Thailand.

3. Ant Eggs

Ada lagi telur semut, yang turut masuk ke dalam daftar makanan teraneh yang ada di Thailand. Telur dan pupa semut dikonsumsi karena mengandung sumber protein yang sangat tinggi. Selain itu, telur semut juga mengandung vitamin B1 dan juga vitamin B2.

Ant Eggs, Kaya Akan Protein
Ant Eggs, Kaya Akan Protein [imagesource]
Telur semut biasanya dimasak sebagai salad atau soup. Karena megandung asam asetet, telur semut juga sering digunakan sebagai pengganti jus lemon atau cuka pada beberapa masakan Thailand. Waah, kira-kira makanan ini rasanya lezat atau tidak yaa.

4. Sadow Leaves

Kalau yang satu ini namanya adalah Sadow Leaves. Ini memang hanyalah sebuah daun, tapi rasanya itu sangatlah pahit. Sama pahitnya seperti rasa daun pepaya yang ada di Indonesia. Tapi meski begitu, makanan ini cukup diminati bagi warga Thailand.

Sadow Leaves, Rasanya Sedikit Pahit
Sadow Leaves, Rasanya Sedikit Pahit [imagesource]
Daun Sadow ini kaya akan zat besi, fosfor dan juga seng. Maka dari itu daun ini akan terasa pahit saat dimakan. Para leluhur di Thailand mempercayai, dengan mengkonsumsi Daun Sadow ini akan memperpanjang usia. Hemm, berniat untuk mencobanya?

5. Blue Rice

Jika di Indonesia ada sebuah kuliner nasi berwarna kuning atau biasa disebut “Nasi Kuning”, di Thailand ada nasi berwarna biru cerah. Tapi tidak usah khawatir akan bahaya pewarna kimia, karena warna biru tersebut dibuat dari bahan alami, yakni Kembang Telang.

Blue Rice, Birunya dari Kembang Telang
Blue Rice, Birunya dari Kembang Telang [imagesource]
Meski tak biasa, tapi warna biru cerah ini mampu menambah kenikmatannya. Sajian yang juga mirip dengan nasi ulam ini, biasanya disantap dengan tambahan berbagai lauk-pauk . Sesungguhya, nasi ini berasal dari Malaysia tapi begitu populer di Thailand

6. Fried Bugs

Di beberapa bagian daerah di Indonesia ada camilan bernama ‘Belalang Goreng’. Hal serupa, di Thailand ada lebah yang dijadikan sebagai snack atau makanan ringan. Lebah-lebah yang sudah ditangkap akan digoreng kering hingga menjadi garing seperti keripik.

Lebah Goreng, Nikmat Dijadikan Camilan
Lebah Goreng, Nikmat Dijadikan Camilan [imagesource]
Camilan renyah ini dapat ditemukan dengan mudah di Khao San Road, Bangkok atau di Weekend Walking Street yang berlokasi di Chiang Mai. Biasanya selain lebah, ada beberapa serangga lain yang juga dijadikan keripik, seperti jangkrik, kumbang air, cacing sutra dan juga belalang.

7. Raw Beef Salad

Pernah mencoba salad? Biasanya salad berisi campuran sayur-sayuran atau buah-buahan yang dimakan dengan mayonais. Tapi seperti apa rasanya yaa, jika buah dan sayur tadi diganti dengan daging sapi yang masih mentah? Kira-kira masih terasa bau amis dari daging tersebut tidak ya?

Salad Dengan Daging Mentah
Salad dengan Daging Mentah [imagesource]
Nah, makanan ini juga cukup menjadi favorit bagi warga Thailand nih. Agar tidak terasa amis lagi, mereka terbiasa menambahkan air jeruk nipis ke dalam Raw Beef Salad ini. Rasa yang tersediapun ada bermacam-macam, seperti kemangi, bawang merah dan juga mint.

8. Fried Snakehead Fish

Memang tidak ada yang terlalu aneh dengan ikan yang satu ini. Rasanya manis seperti ikan lele dan biasanya digoreng dengan bumbu bawang merah dan bawang putih. Tapi saat melihat bentuk kepalanya, waahh ikan ini cukup membuat kita merinding yaa.

Bentuk Kepalanya Cukup Mengerikan
Bentuk Kepalanya Cukup Mengerikan [imagesource]
Meski menakutkan, hidangan ini terdapat di banyak restoran-restoran lokal yang berlokasi di sepanjang sungai-sungai Thailand. Tapi yang paling populer di kalangan masyarakat adalah restoran Chiang Mai dan Lumdee Te Khuadang. Tertarik untuk mencobanya?

Itulah tadi beberapa makanan dari Thailand yang sangat aneh. Tapi meskipun begitu, makanan-makanan tadi sudah menjadi favoritnya warga Thailand loh. Menurut kamu, ada lagi gak nih makanan Thailand yang aneh, entah itu dari segi bentuknya ataupun bahan untuk membuat makanan tersebut?.  🙂

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
BERITA LAINNYA
BERITA PILIHAN
Seperti Ini Nasib Para Pemain Film Esek-Esek Setelah Pensiun, Dijamin Kaget Kamu Lihatnya 25 Foto Selfie Fail Abis yang Bikin Kamu Ketawa Ngakak Sampe Perut Mules 15 Potret Nona Berlian, Pemeran Ronaldowati yang Kini Cantiknya Tak Kalah dari Gadis Korea Tak Hanya Fenomena Gancet, Ternyata ‘Cupang’ Juga Bisa Membuat Orang Meninggal Kabar Terbaru Dicky Haryadi, Kontestan AFI 1 yang Dulu Pernah Bikin Para Cewek Meleleh 7 Fakta Tentang Dunia Esek-Esek Jepang yang Bakal Membuatmu Tercengang Ternyata Segini Gaji Pemain Film "Dewasa", Penderitaan Tidak Sebanding dengan Penghasilan Cantik dan Soleha, Putri Sulung Almarhum Uje ini Bikin Cowok Rela Ngantri Jadi Imamnya Wanita Ini Bikin Geger Gara-Gara Mengaku Sebagai Nabi Terakhir dan Punya Kitabnya Sendiri 30 Gambar Kocak dan Nekat ini Buktikan Kenapa Usia Wanita Lebih Panjang Ketimbang Para Pria
BERITA TERKAIT
BACA JUGA