Warga Pacitan Ditraktir SBY Makan Sepuasnya di Pasar Minulyo, Gratis!

oleh Alfry
23:19 PM on Mar 10, 2015

Dalam kunjungannya di Pacitan, presiden keenam RI, Susilo Bambang Yudhoyono menyempatkan diri untuk makan malam di sentra kuliner Pacitan yang ada di halaman Pasar Minulyo, Selasa, 10 Maret 2015. SBY menikmati menu khas Pacitan berupa kupat (ketupat) tahu bersama Ibu Ani Yudhoyono dan Edhie Baskoro.

Suasana di sentra kuliner Pasar Minulyo begitu ramai bahkan sebelum rombongan SBY datang. Masyarakat Pacitan begitu antusias menunggu kedatangan presiden RI periode 2004-2014 tersebut. Saat turun dari mobil SBY langsung dikerumuni warga yang berdesakan berebut bersalaman dengannya.

Baca Juga
Bukan Tanpa Tujuan, Ini Loh Alasan Kenapa Teh Itu Baiknya Dipetik di Pagi Hari
Mirisnya Tata Krama Murid Sekarang, Guru Mendidik Sepenuh Hati Malah Dibuat Candaan

SBY bersama Ibu Ani Yudhoyono dan Edhie Baskoro menikmati kupat tahu (c) ardhaniaji
SBY bersama Ibu Ani Yudhoyono dan Edhie Baskoro menikmati kupat tahu (c) ardhaniaji

Agenda malam ini adalah mencicipi kuliner khas Pacitan yang bernama kupat tahu. SBY memilih satu kios makanan milik bu Tutik, 58 tahun yang memang spesial menjual menu kupat tahu. Kupat tahu sendiri merupakan makanan yang terdiri dari irisan lontong dan tahu goreng. Dalam penyajiannya biasanya ditambahkan irisan mentimun, sambal, seledri, kacang goreng yang disiram dengan kuah air bawang dan kecap.

Perlu diketahui bahwa kupat tahu adalah salah satu makanan favorit SBY. Kupat tahu Pacitan memiliki kekhasan tersendiri, hal ini diungkapkan oleh anak bungsu SBY yang akrab dipanggil Ibas. Dalam postingan di twitter Ibas mengatakan bahwa kupat tahu Pacitan memiliki keunikan tersendiri. Keunikan tersebut terletak pada kacangnya yang tidak ditumbuk melainkan disajikan utuh dan dibumbui kecap buatan sendiri bukan pabrik.

Suasana Sentra Kuliner Pasar Minulyo Pacitan (c) ardhaniaji
Suasana Sentra Kuliner Pasar Minulyo Pacitan (c) ardhaniaji

Kunjungan SBY ke sentra kuliner Pasar Minulyo kian istimewa dirasakan masyarakat tatkala ada pengumuman melalui pengeras suara bahwa semua makanan yang ada di kios-kios kuliner Pasar Minulyo bisa dinikmati semua warga Pacitan secara gratis. Ternyata SBY memborong semua menu di setiap kios yang ada di Pasar Minulyo. Terang saja warga menyambutnya dengan gegap gempita dan langsung menyerbu kios-kios makanan di sana.

Warga Pacitan menyerbu kios makanan di Pasar Minulyo (c) ardhaniaji
Warga Pacitan menyerbu kios makanan di Pasar Minulyo (c) ardhaniaji

Para pedagang makanan seperti mendapatkan durian runtuh di mana dalam sekejap dagangan mereka ludes di serang warga. Berdasarkan pantauan tim Boombastis yang juga berada di lokasi, tidak sampai satu jam setelah pengumuman makan gratis itu di sampaikan semua lapak sudah kosong. Ini menjadi berkah tersendiri bagi para pedagang makanan di sana.

SBY dan rombongan mengunjungi Pacitan selama tiga hari dan akan berlangsung hingga Kamis besok, 12 Maret 2015. Selama di Pacitan SBY menginap di Guest House Alloro. Rencananya pada hari kedua rombongan SBY akan mengunjungi obyek wisata Pemandian Air Hangat Tirta Husada di Arjosari, Gua Tabuhan dan juga sentra pembuatan akik di Punung.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA