9 Kisah Unik Makam Tokoh Legendaris Dunia

oleh Rahma Muliani
07:25 AM on May 17, 2015

Bagi sebagian orang, sebuah makam mungkin tidaklah memiliki arti apa-apa. Akan tetapi bagi beberapa orang sebuah makam mempunyai makna tersendiri, mungkin bisa menjadi sebuah kenangan atau apapun. Terlebih jika itu adalah makam dari orang yang terkenal di dunia.

Seperti yang di lansir di omgfacts.com, ada beberapa makam yang di terkenal sangat fenomenal dan juga begitu unik. Ada pula yang dijaga begitu ketat agar tidak ada tangan-tangan jahil yang menyentuh tempat tersebut. Mari kita simak beberapa makam yang unik tersebut.

Baca Juga
Bikin Haru, Seperti Inilah Potret Penduduk Daerah Terdepan Indonesia Ketika Merayakan Kemerdekaan
Inilah Asal-Usul Bambu Runcing yang Pernah Bikin Penjajah Bermimpi Buruk

1. Makam Griffin

Pria yang satu ini adalah seorang musisi, aktor sekaligus pembawa acara dari Amerika Serikat. Beliau lahir pada tanggal 6 Juli 1925 dengan nama lengkap Mervyn Edward “Merv” Griffin, Jr. Merv dan meninggal dunia pada 12 Agustus 2007 lalu karena penyakit kanker prostat.

Makam Griffin
Makam Griffin [imagesource]
Merv dimakamkan di Westwood Village Memorial Park Cemetery. Pada batu nisannya terdapat sebuah kalimat berbunyi “I WILL NOT BE RIGHT BACK AFTER THIS MESSAGE”. Mungkin ini sebuah penghargaan untuknya, mengingat beliau adalah pembawa acara tersohor saat itu.

2. John Wayne

John Wayne adalah bintang film ternama di Amerika Serikat sejak tahun 1940-an. Ia sering sekali membintangi film-film bertema koboi dan Perang Dunia II. Beliau lahir di Winterset, pada tanggal 26 Mei 1907 dan meninggal di Los Angeles pada 11 Juni 1979 karena kanker perut.

Makam Wayne
Makam Wayne [imagesource]
Mendiang John Wayne dimakamkan di sebuah kuburan kecil yang berada di Pantai Newport. Di batu nisannya terdapat sebuah kutipankontroversial  yang di ambil dari sebuah wawancara pada tahun 1971. Isi dari tulisan itu kurang lebih “Besok adalah hal yang paling penting dari hidup, semoga kita mendapat pelajaran dari hari kemarin”.

3. Oscar Wilde

Pria yang satu ini dikenal sebagai penulis dongeng, cerpen, novel, puisi, esai dan drama. Karyanya sering sekali dijadikan sebuah film. Wilde juga dikenal akan kemampuannya mengolah kata serta penggunaan paradoks. Lahir di Irlandia pada tahun 1854 dan meninggal pada 30 November 1900.

Makam Wilde
Makam Wilde [imagesource]
Makam dari Wilde memicu kontroversi sejak pertama kali dibangun. Pasalnya ada sebuah tradisi dimana pengunjung meninggalkan tanda bibir pada nisan beliau. Akhirnya pada tahun 2011 lalu, dibangunlah sebuah kaca penghalang untuk mencegah hal ini terjadi secara terus-menerus.

4. Bruce Lee

Siapa yang tidak mengenal dengan aktor yang jago bela diri dari Tiongkok ini. Bruce Jun Fan Lee lahir pada 27 November 1940 dan meninggal pada 20 Juli 1973. Begitu banyak kabar yang tersebar mengenai penyebab kematiannya, salah satu contohnya ialah sakit di kepalanya.

Makam Bruce Lee
Makam Bruce Lee [imagesource]
Makam dari Bruce Lee merupakan salah satu makam yang paling sering dikunjungi banyak wisatawan di dunia. Putra beliau, Brandon Lee yang meninggal pada 31 Maret 1993 karena kecelakaan syuting, juga dimakamkan tepat disamping mendiang ayahnya.

5. Frank Sinatra

Seorang penyanyi berkebangsaan Amerika Serikat ini mempunyai nama lengkap Francis Albert Sinatra. Ia lahir di New Jersey, Amerika Serikat pada 12 Desember 1915. Peraih piala oscar ini meninggal di Palm Springs, California, Amerika Serikat pada 14 Mei 1998.

Makam Frank Sinatra
Makam Frank Sinatra [imagesource]
Mendiang pria yang juga dikenal sebagai aktor ini dikubur dalam makam biasa di Palm Springs, California. Kabarnya, sebotol Jack Daniels dan sebungkus rokok ikut dimakamkan bersama jenazah Frank Sinatra. Kabar ini sempat menjadi berita fenomenal saat itu.

6. Princess Diana

Princess Diana lahir pada 1 Juli 1961 dan merupakan istri pertama dari Pangeran Charles . Beliau meninggal pada 31 Agustus 1997 karena kecelakaan mobil di jalan Pont de I’Alma di Paris. Upacara pemakaman dilaksanakan 6 September 1997 dan disiarkan langsung di seluruh dunia, termasuk Indonesia.

Makam Princess Diana
Makam Princess Diana [imagesource]
Mendiang sang putri dimakamkan pada sebuah pulau kecil di Althorpe, North Hampshire. Jalan setapak menuju makamnya tumbuh sebanyak 36 pohon birch, angka itu sesuai dengan umur terakhirnya sebelum ia meninggal. Tak banyak orang yang bisa mengunjungi makam Princess Diana ini.

7. Marilyn Monroe

Siapa yang tidak mengenal dengan wanita yang satu ini. Norma Jeane Mortenson adalah seorang model, aktris dan juga penyanyi. Ia lahir pada 1 Juni 1926 di Amerika Serikat dan meninggal pada 5 Agustus 1962 karena bunuh diri, ia meminum obat tidur sampai overdosis.

Makam Monroe
Makam Monroe [imagesource]
Makam dari wanita yang cantik dan modis ini tidaklah terlalu besar dan mewah. Hanya sebuah makam yang sederhana. Akan tetapi di atasnya telah disediakan tempat untuk Hugh Hefner, sang penerbit majalah dewasa yang dulu pernah bekerja sama dengan Marilyn Monroe.

8. Elvis Presley

Penyanyi ini begitu dikenal dengan julukan “Raja Rock ‘n Roll”. Ya, siapa lagi kalau bukan Elvis Aaron Presley. Ia lahir di Tupelo, Mississippi, Amerika Serikat pada 8 Januari 1935. Idola para remaja ini meninggal pada 16 Agustus 1977 akibat serangan jantung.

Makam Elvis  Presley
Makam Elvis Presley [imagesource]
Banyak perampok yang mencoba untuk mencuri tubuh mendiang Elvis. Berulang kali juga makamnya dipindahkan, sampai yang terakhir berada di Graceland. Setiap tahunnya lebih dari 600.000 orang datang untuk berkunjung dan membawa 150 dollar untuk disumbangkan.

9. William Shakespeare

William Shakespeare adalah seorang penulis yang juga dikenal sebagai sastrawan terbesar di Inggris. Karyanya telah diterjemahkan hampir semua bahasa yang ada di dunia. Beliau lahir pada 26 April 1564 di Inggris dan meninggal pada 23 April 1616.

Makam Shakespeare
Makam Shakespeare [imagesource]
Shakespearce dimakamkan di Holy Trinity Churchyard dua hari setelah kematiannya. Keluarga membayar 440 pound untuk mendapatkan kehormatan dan hak istimewa. Batu nisannya yang berisi sebuah kutipan itu dijaga dengan begitu ketat.

Itulah tadi beberapa makam yang dikenal sangat unik. Meski para legenda ini sudah beristirahat dengan tenang, makamnya pun masih bisa menyisakan cerita yang dalam dan menarik.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
BERITA LAINNYA
BERITA PILIHAN
Seperti Ini Nasib Para Pemain Film Esek-Esek Setelah Pensiun, Dijamin Kaget Kamu Lihatnya 25 Foto Selfie Fail Abis yang Bikin Kamu Ketawa Ngakak Sampe Perut Mules 15 Potret Nona Berlian, Pemeran Ronaldowati yang Kini Cantiknya Tak Kalah dari Gadis Korea Tak Hanya Fenomena Gancet, Ternyata ‘Cupang’ Juga Bisa Membuat Orang Meninggal 7 Fakta Tentang Dunia Esek-Esek Jepang yang Bakal Membuatmu Tercengang Kabar Terbaru Dicky Haryadi, Kontestan AFI 1 yang Dulu Pernah Bikin Para Cewek Meleleh Ternyata Segini Gaji Pemain Film "Dewasa", Penderitaan Tidak Sebanding dengan Penghasilan Cantik dan Soleha, Putri Sulung Almarhum Uje ini Bikin Cowok Rela Ngantri Jadi Imamnya 5 Bercandaan Presiden Soekarno yang Lebih Kocak Dari Stand Up Comedy Wanita Ini Bikin Geger Gara-Gara Mengaku Sebagai Nabi Terakhir dan Punya Kitabnya Sendiri
BERITA TERKAIT
BACA JUGA