5 Mainan Usang Tapi Harganya Lebih Mahal dari Smartphone

oleh Rizal
12:00 PM on Aug 14, 2015

Toys collector, terdengar seperti aktivitas yang konyol dan menggelikan bagi orang-orang dewasa. Tapi percaya atau tidak, sebuah mainan ternyata mampu membuatmu jadi jutawan dalam sekejap. Tapi, tidak semua mainan bisa berlaku demikian. Tergantung dari sejarah, waktu dibuatnya, serta keunikan yang lainnya. Biasanya makin lama dan unik, maka harganya bisa naik berkali-kali lipat. Masih menyimpan mainan tua kakek nenek? Tidak ada salahnya bongkar lagi dan cari tahu berapa banderol mereka jika dilelang.

Seperti deretan mainan berikut. Mereka dibuat lebih dari beberapa dekade yang lalu namun masih sangat diminati. Entah karena keunikannya atau juga sisi keindahan dan kelangkaannya. Sehingga ketika dilelang bisa menebus harga yang tidak terbayangkan sebelumnya. Nah, berikut adalah daftar mainan usang tapi dihargai sangat mahal.

Baca Juga
Inilah 4 Bukti Kalau Pengguna Medsos yang Ada di Indonesia Polosnya Bukan Main
Tak Banyak yang Tahu, Inilah Aksi Hebat Kepolisian Indonesia yang Begitu Disegani di Dunia

1. 1940 Toy Superman Ring

Penggemar sejati DC Comic yang sudah berlangganan komik ini sejak dulu pasti tahu jika perusahaan komik ini sering memberikan hadiah spesial di momen-momen tertentu. Salah satu yang paling diingat adalah cincin Superman edisi spesial sebagai bonus di salah satu terbitan komik mereka di tahun 1940. Cincin ini dibuat sebanyak 1600 buah dan didedikasikan untuk mereka para penggemar Superman yang bernama Superman of America.

1940 Toy Superman Ring [Image Source]
1940 Toy Superman Ring [Image Source]
Dipercaya jika hanya ada 20 buah saja yang masih tersisa saat ini. Tahu berapa harga cincin yang asalnya cuma bonus komik itu? Pada Maret 2010 lalu, sebuah cincin Superman ini diperebutkan banyak orang dengan mendapatkan sebanyak 54 kali bids atau tawaran harga. Jumlah terakhir yang ditawarkan adalah sebesar $13000! Cincin tersebut terjual kepada seseorang yang tidak diketahui namanya.

2. Star Wars Boba Fett

Beberapa waktu lalu sebuah rumah lelang mainan terbesar di dunia yang digelar oleh Vectis Auction baru saja mendapatkan rekor yang sangat mencengangkan. Hal tersebut dikarenakan mereka berhasil menjual mainan usang dengan harga yang tidak tanggung-tanggung, $27.000! Hanya orang maniak gila dengan banyak uang yang membeli mainan ini.

Star Wars Boba Fett [Image Source]
Star Wars Boba Fett [Image Source]
Si penjualnya sendiri adalah Craig Steven. Seorang kolektor mainan Star Wars yang namanya sangat melegenda di kalangan pencita film tersebut. Mainan berharganya yang berhasil dijual dengan harga tinggi tersebut adalah Boba Fett. Mainan ini berbentuk semacam figur kecil yang dibuat oleh perusahaan mainan bernama Palitoy beberapa tahun lampau. Entah karena bentuknya atau gara-gara tidak ada Boba Fett lain yang eksis, mainan ini pun terjual dalam waktu yang cukup singkat.

3. 1969 Volkswagen Beach Bomb

Jangan ngaku pencinta Hotwheels kalau kamu belum pernah mendengar mobil legendaris 1969 Volkswagen Beach Boom ini. Mobil tersebut berbentuk VW Combi biasa namun dilabur dengan cat pink menyala serta dua buah papan selancar di buritannya. Mobil yang rilis tahun 1969 ini sebenarnya adalah barang reject alias tidak layak. Alasannya sendiri karena si mobil gempal ini tidak bisa melaju cepat di lintasan. Hotwheels pun menarik peredarannya dan kemudian menggunakan parts-nya untuk memproduksi mobil yang lain.

1969 Volkswagen Beach Bomb [Image Source]
1969 Volkswagen Beach Bomb [Image Source]
Meskipun ditarik dari peredaran, bukan berarti 1969 Volkswagen Beach Bomb ini lenyap sama sekali. Masih ada beberapa buah tersisa yang kini jadi incaran utama para kolektor. Sebuah pelelangan khusus pecinta Hotwheels pernah digelar dengan salah satu barang lelangnya adalah 1969 Volkswagen Beach Bomb ini. Coba tebak berapa harga terakhir yang disepakati para penawar? $125.000! Sebuah harga yang sangat fantastis untuk sebuah mainan yang dilabeli barang cacat.

4. 1963 GI Joe Prototype

Penggemar mainan army set mungkin akan sangat ngiler mengetahui kenyataan kalau mainan legendaris ini ternyata masih eksis. Tapi, kalau kamu ingin memilikinya pastikan punya cukup uang di tabungan.

1963 GI Joe Prototype [Image Source]
1963 GI Joe Prototype [Image Source]
Pada Agustus 2003 lalu, seorang kolektor bernama Don Levine berhasil menjual figur 1963 GI Joe Prototype-nya di sebuah pelelangan dengan harga yang tidak karuan banyaknya. $200.000 atau sekitar Rp 2,7 miliar. Bisa beli rumah plus kolam renang ditambah garasi dan mobil sekalian tuh.

Si pembelinya sendiri bernama Stephen A. Geppi yang merupakan seorang businessman kaya. Tak hanya bikin Don Levine kaya raya, pelelangan ini juga mendapatkan penghargaan dari Guinness untuk mainan army yang terjual dengan harga paling mahal di dunia.

5. 1916 French Doll

1963 GI Joe Prototype boleh digelari mainan army paling mahal, tapi juara untuk daftar ini adalah 1916 French Doll. Alasannya sendiri apa lagi kalau bukan harganya yang super mahal, yakni $300.000 atau sekitar Rp 4 miliar lebih. Dengan uang sebanyak itu kamu bisa beli apartemen mewah dengan kembalian yang cukup untuk hidup senang-senang selama setahun.

1916 French Doll [Image Source]
1916 French Doll [Image Source]
1916 French Doll ini memang sangat terkenal dan si pembuatnya sendiri, Albert Marque, diakui sebagai doll maker paling berbakat di abad 19 dan 20. Boneka yang terjual lengkap dengan pakaian aslinya ini jadi mainan paling mahal yang pernah terjual di sebuah pelelangan.

Kalau kamu adalah seorang kolektor mainan unik, sepertinya tidak ada salahnya untuk memelihara hobi ini sampai tua. Percaya deh, mainan yang beredar saat ini mungkin saja akan berharga sangat mahal beberapa puluh tahun lagi. Nah, kalau kamu juga ingat pernah memiliki deretan mainan di atas, selamat, kamu akan jadi orang kaya sebentar lagi.

Next
BERITA TERKAIT
BACA JUGA