in

7 Mainan Kertas Jadul ini Pernah Menemani Asyiknya Masa Kecil, Masih Ingat?

Topeng kertas ini jadi properti utama main superhero-superheroan [Image Source]

Membahas nostalgia masa kecil memang sangatlah mengasyikkan. Tak hanya tentang kenangan betapa nakalnya kita dulu sampai dihukum macam-macam, tapi juga tentang enaknya menghabiskan waktu bermain bersama teman-teman seperjuangan yang sekarang ini sudah susah untuk ditemui lagi. Bermain adalah agenda wajib di masa lalu, dan anak-anak dulu selalu punya mainan unik walaupun dibikin dari benda-benda yang remeh. Salah satunya mainan kertas.

Berbekal beberapa lembar kertas, anak-anak dulu dengan kreatifnya membuat berbagai macam benda-benda unik untuk kemudian dipakai sebagai alat bermain. Hampir semua anak dulu jago lipat-lipat kertas. Namun, pemandangan tersebut sudah jarang kita temui lagi di masa sekarang ini. Anak-anak sekarang bisanya cuma nonton sinetron, pacaran, dan juga bermain game-game smartphone yang asyiknya nggak bakal mengalahkan mainan zaman dulu.

Yuk, ambil secarik kertas dan buktikan apakah kamu masih bisa bikin deretan mainan legendaris ini. Kalau masih bisa, berarti masa kecilmu dulu tukang sobek kertas teman. Berikut ulasan menariknya.

1. Pesawat Luar Angkasa

Pasti kamu pernah bikin yang satu ini. Pesawat luar angkasa ini bentuknya mirip dengan mobil-mobilan kecil dengan ujungnya yang runcing dan juga sayap kecil di bagian samping. Membuat pesawat luar angkasa ini sama sekali tak susah, cuma butuh lipat-lipat sedikit dari separuh sobekan kertas buku bagian tengah.

Ngumpul bareng teman nggak bakal seru tanpa bikin yang satu ini [Image Source]
Ngumpul bareng teman nggak bakal seru tanpa bikin yang satu ini [Image Source]
Dulu sih mainnya biasanya diberi koin di bagian dalam. Lalu diadu jauh-jauhan. Uniknya lagi, dari bentuk pesawat luar angkasa ini kita bisa tambahi dengan aksesoris-aksesoris unik. Misalnya adalah sayap lebar untuk bagian belakangnya. Jangan lupa, lancipkan bagian ujung sayapnya biar kesannya si pesawat punya rudal.

2. Robot Transformer Keren

Anak laki-laki paling doyan bikin mainan kertas lipat satu ini. Masing ingat nggak dulu gimana bentuknya? Ya, cukup sederhana sih, tapi have fun luar biasa. Robot kertas ini sebenarnya hanyalah bentuk ekspansi dari si pesawat luar angkasa tadi. Nah, setelah bikin sayap pesawatnya, langkah selanjutnya adalah bikin bagian kakinya.

Robot sederhana seperti ini sudah cukup bikin kita bersenang-senang dulu [Image Source]
Robot sederhana seperti ini sudah cukup bikin kita bersenang-senang dulu [Image Source]
Sama sekali nggak susah kok, kalau dulu biasanya bentuknya runcing begitu saja. Asyiknya, per bagian dari robot ini bisa dipisah-pisah. Dan tak ada momen paling keren ketika memainkan robot kertas ini selain menggabungkannya. Mirip banget dengan Megazord-nya Power Ranger.

3. Perahu Speed Boat

Musim hujan seperti sekarang ini termasuk momen terbaik bermain kertas lipat. Kenapa? Karena kita bisa main balapan speed boat kertas. Cara bikin yang satu ini bisa dibilang lumayan susah karena ada teknik menekuk balik yang rawan bikin kertas sobek. Namun, ketika berhasil, bentuknya luar biasa keren. Hampir mirip seperti perahu boat sungguhan.

Lumayan susah bikin yang satu ini, tapi mirip banget sama aslinya [Image Source]
Lumayan susah bikin yang satu ini, tapi mirip banget sama aslinya [Image Source]
Cara mainnya biasanya dengan dihanyutkan di genangan air depan rumah. Perahu siapa yang paling jauh, dia yang menang. Biasanya dulu bikin banyak banget perahu boat kertas ini saat hujan. Sayangnya, ibu selalu memarahi kita gara-gara hampir setengah buku habis dibikin mainan.

4. Pesawat Pengintai

Pesawat pengintai juga jadi teman bermain bersama kawan yang nggak boleh ketinggalan. Membuatnya juga tak terlalu susah walau pun bisa dibilang nggak gampang. Butuh banyak tekukan dan lipatan untuk membuat mainan ini. Biasanya kita bakal minta tolong teman yang terbiasa bikin pesawat seperti ini.

Sayangnya, pesawat ini nggak bisa terbang kayak pesawat kertas lainnya [Image Source]
Sayangnya, pesawat ini nggak bisa terbang kayak pesawat kertas lainnya [Image Source]
Kalau sudah jadi, ya tinggal dimainkan saja. Pesawat ini nggak bisa terbang betulan seperti pesawat lipat yang biasa itu. Jadi, kalau ingin terbang ya kita pegangi sendiri dan kemudian berakting seperti pesawat pengintai sungguhan. Biar makin asyik, dulu biasanya ada skenario rudal-rudal segala, padahal nggak nampak di pesawatnya. Meskipun begitu, semua terasa menyenangkan.

5. Burung Bangau

Jujur saja, nggak banyak anak yang bisa bikin seni lipat satu ini. Burung bangau kertas ini terkenal akan tingkat kerumitannya yang tinggi dan butuh konsentrasi untuk membuatnya. Bahkan orang dewasa pun kadang tak bisa bikin mainan yang satu ini.

Meskipun bentuknya sederhana, susah lho bikinnya [Image Source]
Meskipun bentuknya sederhana, susah lho bikinnya [Image Source]
Teknik tekuknya sangat banyak, di bolak-balik sedemikian rupa sehingga akhirnya jadi. Uniknya, biasanya yang bisa bikin begini adalah anak-anak perempuan. Mereka biasanya suka iseng-iseng membuatnya di rumah.

6. Shuriken

Sebelum jaman Naruto booming, anak-anak dulu sudah tahu bagaimana cara bikin Shuriken. Shuriken sendiri adalah senjata ninja berbentuk bintang yang cara pakainya dilempar-lempar. Kalau yang ini mungkin kamu masih ingat sekali cara bikinnya. Yang pasti kamu harus punya dua kertas persegi panjang untuk memulainya.

Main ninja tanpa bikin shuriken? [Image Source]
Main ninja tanpa bikin shuriken? [Image Source]
Setelah jadi, tinggal dimainkan saja. Namanya juga senjata lempar, main ya dilempar-lempar begitu. Kadang pula biar makin berasa ninjanya, kita pakai sarung di kepala sehingga seperti ala ninja yang hanya terlihat matanya.

7. Topeng Jiban

Satu lagi mainan kertas yang nggak boleh ketinggalan. Yup, si topeng Jiban. Kalau dilihat dari depan, memang Jiban banget dengan bagian penutup mulut yang keren serta topi atas yang lancip itu. Kalau dari samping dan belakang sih nggak usah dibilang karena kepala masih terlihat jelas. Bikin topeng keren satu ini juga nggak susah.

Topeng kertas ini jadi properti utama main superhero-superheroan [Image Source]
Topeng kertas ini jadi properti utama main superhero-superheroan [Image Source]
Tak hanya Jiban, topeng ini juga jadi properti utama ketika bermain power ranger. Kan ada lima tuh, pas banget untuk dimainkan bersama-sama. Konflik ceritanya sih sederhana, namun yang paling epic adalah bagaimana kita dulu rebutan untuk jadi ranger merah.

Golden era, begitu kata netizen untuk menyebut anak-anak jaman dulu. Julukan ini memang pas banget karena anak-anak dulu memang keren luar biasa. Termasuk salah satunya karena bisa bikin mainan sederhana dari kertas yang remeh tapi super asyik ini. Ngomong-ngomong, masih ada yang bisa bikin nggak nih?

Written by Rizal

Hanya seorang lulusan IT yang nyasar ke dunia tulis menulis. Pengalamannya sudah tiga tahun sejak tulisan pertama dimuat di dunia jurnalisme online. Harapannya bisa membuat tulisan yang super kece, bisa diterima siapa pun, dan juga membawa influence yang baik.

Contact me on my Facebook account!

Leave a Reply

Gila! 5 Ratu Kerajaan Masa Lalu ini Ternyata Memiliki Hobi Berselingkuh dengan Pria Lain

5 Dunia Mistis dan Penuh Misteri Ini Dipercaya Menghubungkan Kehidupan Manusia dan Akhirat