6 Mainan Jadul yang Kalau Dijual Bakal Bikin Pemiliknya Jadi Jutawan Seketika

Coba periksa kotak mainanmu di gudang. Barang kali ada salah satu dari mainan ini tergeletak di sana.

oleh Aini Boom
17:00 PM on Jul 14, 2017

Saat masih kanak-kanak hingga remaja, setiap orang pastinya memiliki koleksi mainan. Ketika mulai dewasa, banyak muncul barang baru yang menggantikan posisi mainan di masa kecil kita. Maka barang-barang lama itu pun jadi nggak terpakai dan disingkirkan di gudang bahkan dibuang.

Tindakan main buang barang-barang lama sebaiknya jangan sembarang kita lakukan. Sebab masih ada banyak alternatif cara menggunakannya untuk lebih bermanfaat. Terlebih tahukah kamu bahwa ada beberapa mainan jadul yang ternyata diburu para kolektor? Otomatis mainan tersebut bukan hanya laku dijual, tapi harganya pun tak karuan. Nah, berikut ini mainan jaman baheula yang kini harganya bikin kamu bakalan nggak percaya.

Baca Juga
Nggak Terima Anaknya Ditegur, Orangtua Zaman Now Langsung Hajar Guru SMA di Kendari
4 Fakta Mengenai Beberapa Petinggi TNI yang Dilarang Menginjakkan Kaki di Amerika

Kartu Pokemon

The Pikachu Illustrator Card [image: source]
Jaman dulu belum ada game digital ngehits seperti Pokemon Go, meski begitu permainan pokemon sudah populer dilakukan dengan kartu. Walau terlihat kuno, hingga kini kartu-kartu pokemon masih diburu pembeli. Harganya pun rata-rata masih menembus angka hingga Rp 75 juta. Dan ada satu kartu yang disebut The Pikachu Illustrator yang harganya mencapai US$ 50 ribu atau sekitar Rp 700 jutaan. Mahalnya harga kartu ini disebabkan kelangkaannya, sebab di seluruh dunia hanya ada 10 saja. Terlebih kartu ini memang dibuat pada tahun 1998 sebagai penghargaan bagi pemenang kontes ilustrasi.

Kotak Sereal Edisi Spiderman

Kellog’s limited edition spider-man cerealbox [image: source]
Bagian belakang sebuah kotak sereal bergambar Spiderman bisa disulap menjadi mainan anak-anak. Disebut Kellog’s limited edition spider-man cerealbox, benda ini dikeluarkan pada tahun 1995. Bagi kamu yang kebetulan menyimpan benda ini, siap-siap mendadak kaya sebab harganya mencapai angka Rp 200 juta.

Darth Vader Lego

Darth Vader Lego [image: source]
Digemari segala usia, permainan lego memiliki beragam bentuk. Harganya pun bervariasi antara yang satu dengan lainnya. Dari sekian banyak lego, yang paling mahal adalah Darth Vader Lego. Lego edisi Star Wars ini sangat langka dengan harga fantastis hingga Rp 130 juta. Sangat sulit untuk mendapatkan Darth Vader Lego original. Beda halnya dengan barang KW-nya yang dijual di berbagai situs online dengan harga hanya Rp 200 ribuan.

Game Boy Original

Gameboy [image: source]
Mainan yang sempat hits di kalangan anak 90-an ini keluar pertama kali pada tahun 1989. Saat itu harga Gameboy ini mencapai US $89 atau sekitar Rp 800 ribu di masa sekarang. Permainan ini merupakan gabungan antara game handheld  Game & Watch tahun 80’an dengan game console NES. Meskipun layarnya masih hitam putih, game ini sukses terjual di hampir semua negara. Jika saat ini kamu memiliki Gameboy ini dan berniat menjualnya, maka kolektor akan mengganti mainan jadulmu dengan uang sebesar Rp 20 juta rupiah.

Ice Climber

Ice climber [image: source]
Permainan video Ice Climber sangat populer di masanya. Permainan video keluaran Nintendo ini dipasarkan pertama kali pada tahun 1985. Jika kamu punya benda ini dalam versi utuh dengan kondisi masih baik, kolektor akan membelinya dengan harga sekitar 1.792,70 pound sterling atau sekitar Rp 34,5 juta rupiah. Untuk versi yang sudah tidak bagus masih bisa dijual dengan harga sekitar Rp 1,6 juta.

Buku Harry Potter Cetakan Pertama

Buku Harry Potter and the philosoper’s stone [image: source]
Di awal kemunculannya, buku Harry Potter belum seterkenal sekarang dan kebanyakan hanya dibaca anak-anak. Edisi pertama yang dicetak hanya 500 eksempar keluar pada tahun 1997. Buku tersebut mengalami salah cetak yang mana penulis Joanne Rowling, bukan J.K Rowling. Seiring dengan popularitas Harry Potter yang semakin meningkat, buku tersebut kini dibandrol dengan harga mahal. Untuk edisi Harry Potter and the philosoper’s stone harganya mencapai Rp 930 juta untuk versi utuh dan kondisi masih bagus.

Nyaris tidak ada yang menyangka jika barang-barang tersebut akan begitu mahal saat ini. Sebelum benar-benar terbuang, coba kamu periksa kotak mainanmu di gudang rumah. Siapa tahu ada barang-barang di atas dan akan beruntung jika kamu bisa menjualnya dengan harga mahal.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA