in

Menyingkap Misteri Mahkota Sultan Ternate yang Sangat Keramat dan Konon Tak Ternilai Harganya

Stampa Dipakai Hanya Untuk Memilih Raja dan Ratu

Meskipun mahkota adalah atribut yang lekat dengan sosok raja, namun Stampa sendiri sangat jarang digunakan. Ya, ia hanya dikeluarkan dari kotak jika terjadi momen-momen penting menyangkut kesultanan Ternate. Salah satunya adalah pemilihan raja dan ratu yang baru.

Mahkota memilih raja [Image Source]
Mahkota memilih raja [Image Source]
Jadi, ketika ada calon raja baru, ia diharuskan untuk memakai mahkota satu ini. Jika pas dan nyaman, maka ia akan terpilih jadi raja. Jika terlalu longgar atau bahkan tak muat di kepala, maka dipastikan ia bukanlah seorang raja. Tanda lain seseorang tak terpilih jadi raja adalah ketika Stampa yang hendak dipakaikan tiba-tiba terjatuh tanpa disengaja. Selain untuk menentukan siapa rajanya, mahkota ini juga dipakai untuk memilih calon istri sultan.

Baca Juga: Inilah 3 Sejarah yang Melandasi Mitos Larangan Nikah Antara Sunda-Jawa

Sulit dipercaya jika sebuah benda mati bisa berlaku ajaib seperti itu. Tapi, ada begitu banyak bukti dan saksi yang kuat soal keanehan mahkota Stampa. Namun, terlepas dari semua keanehan ini, yang jelas Stampa adalah simbol kebesaran kesultanan Ternate yang sampai kapan pun akan selalu dikeramatkan dan dijaga oleh masyarakatnya.

Written by Rizal

Hanya seorang lulusan IT yang nyasar ke dunia tulis menulis. Pengalamannya sudah tiga tahun sejak tulisan pertama dimuat di dunia jurnalisme online. Harapannya bisa membuat tulisan yang super kece, bisa diterima siapa pun, dan juga membawa influence yang baik.

Contact me on my Facebook account!

Leave a Reply

5 Megatsunami Paling Mengerikan yang Nyaris Membuat Dunia Hancur

Inilah Wajah Suriah Sebelum dan Sesudah Konflik yang Jadi Bukti Nyata Kengerian Perang