Menyingkap Misteri Mahkota Sultan Ternate yang Sangat Keramat dan Konon Tak Ternilai Harganya

oleh Rizal
09:20 AM on Jul 14, 2016

Mahkota bagi seorang raja tak hanya sekedar pendukung penampilan saja, tapi memiliki makna yang sangat dalam. Mahkota adalah representasi dari berbagai simbol, mulai dari keindahan, kekuatan, kekuasaan, dan sebagainya. Makanya, mahkota kadang lebih dikeramatkan daripada sang raja itu sendiri.

Baca Juga: Inilah 4 Fakta Miris Kehidupan Selir-Selir Raja Jawa di Masa Lalu

Baca Juga
Bukan Metropolitan, Justru Inilah 5 Kota Paling Kaya yang Ada Di Indonesia
5 Hal Menjengkelkan Tentang SEA Games di Malaysia Ini Bikin Indonesia Meradang

Berbicara soal benda penghias kepala raja itu, di Ternate ada sebuah mahkota yang unik luar biasa bernama Stampa. Mahkota ini sudah dipakai sejak masa sultan pertama Ternate sampai hari ini. Kalau dilihat dari bentuk, Stampa sangat indah dengan taburan batu-batuan mulia. Tapi, yang membuatnya istimewa bukan soal bentuk saja, tapi juga keunikan-keunikan tak logis yang menyelimutinya.

Lalu seperti apa keanehan yang dimiliki mahkota cantik ini? Temukan jawabannya lewat ulasan berikut.

Mahkota Stampa Punya Rambut yang Bisa Tumbuh Memanjang

Tak hanya bebatuan mulia serta lempeng-lempeng emas, salah satu atribut unik dari mahkota ini adalah terdapatnya rambut di sana. Hal yang menarik dari rambut mahkota ini adalah ia bisa tumbuh memanjang. Mahkota adalah benda mati, makanya keanehan ini bisa dibilang sangat tak wajar, tapi ini memang benar-benar terjadi.

Rambut mahkota Stampa [Image Source]
Rambut mahkota Stampa [Image Source]
Rambut pada Stampa akan selalu memanjang. Makanya, dalam setiap tahunnya sultan akan memotong rambut ini. Biasanya pemotongan rambut tersebut bertepatan pada momen Idul Adha. Tak ada ritual khusus yang mengiringi prosesi pemotongan rambutnya. Hanya doa-doa saja. Guntingnya sendiri pun juga bukan sesuatu yang khusus pula.

Next
BERITA TERKAIT
BACA JUGA