5 Mahasiswa yang Memilih Bunuh Diri di Kampus Tempatnya Menimba Ilmu

Bukannya menggapai masa depan, para mahasiswa ini malah sengaja tutup usia di kampus

oleh Aini Boom
18:00 PM on Apr 6, 2017

Kasus bunuh diri semakin marak saja terjadi di Indonesia. Tindakan mengakhiri hidup yang jelas-jelas bertentangan dengan ajaran agama nekat dilakukan berbagai kalangan. Mulai dari rakyat biasa, manager artis, bahkan polisi. Alih-alih orang berpendidikan dianggap tak mungkin melakukan hal itu, nyatanya tindakan bunuh diri malah kerap kali dilakukan di lingkungan pendidikan.

Salah satu kejadian yang barusan menghebohkan masyarakat, adalah mahasiswa Perbanas yang nekat loncat dari lantai  bangunan kampusnya. Sebelumnya, hampir tiap tahun selalu ada mahasiswa-mahasiswa yang memilih tempatnya menimba ilmu justru untuk mengakhiri masa depan, sungguh miris!. Nah, berikut ini adalah mahasiswa-mahasiswa yang memilih mengakhiri hidupnya di universitas tempatnya belajar.

Baca Juga
Menilik Penyakit Bipolar yang Sedang Viral, Banyak Muncul di Sekitarmu Tanpa Disadari
Mulai dari Banjir Hingga Hujan Salju, Inilah 4 Fenomena Aneh di Arab dan Timur Tengah

Frans, Mahasiswa Akutansi Yang Loncat dari Gedung Perbanas

Olah TKP mahasiswa Perbanas yang meninggal [image: source]
Rabu kemarin (5 April 2017), warga sekitar kampus Perbanas, Setiabudi Jakarta Selatan digemparkan oleh aksi bunuh diri. Pelakunya tak lain adalah mahasiswa laki-laki yang diduga loncat dari lantai 7 gedung unit 3 kampus Perbanas. Sedang menempuh kuliah di semester 6, mahasiswa yang mengambil jurusan Akutansi itu bernama Frans Berton Martua. Diduga, lelaki yang biasa disapa Ucok itu terjun dari lantai tujuh kampusnya sekitar pukul 22.00. Dugaan sementara, mahasiswa yang merupakan warga Jatibening Baru, Pondok Gede itu mengalami depresi hingga nekat mengakhiri hidupnya.

Ratnawati Gea, Mahasiswi Kebidanan Yang Bunuh Diri Dengan Tenggak Obat Malaria

Ratnawati Gea dan sang ibu [image: source]
Tak sayang dengan paras cantik yang dimilikinya, seorang mahasiswi akademi bidan di Universitas Sari Mutiara Indonesia memilih untuk pergi selama-lamanya. Mirisnya, Ratnawati memilih kampus tempatnya belajar untuk mengakhiri hidupnya pada 19 Mei 2016 lalu. Hasil penyidikan, mahasiswi yang baru menginjak semester dua itu meminum obat malaria dalam dosis tinggi sehingga mengalami gagal jantung dan meninggal. Jasad perempuan 19 tahun ini ditemukan seorang petugas kebersihan di lantai II kampus tersebut. Jasad yang tak meninggalkan bekas-bekas kekerasan semakin membuktikan bahwa Ratnawati memang murni bunuh diri.

I Nengah Suardika Gantung Diri Di dalam Kampus Universitas Udayana 2014

Ilustrasi gantung diri [image: source]
Ditemukan tergantung dalam kondisi tak bernyawa, I Nengah Suardika adalah mahasiswa Universitas Udayana Jimbaran, Bali. Mahasiwa berumur 21 tahun itu nekat mengakhiri hidupnya karena tak mampu menanggung malu setelah menghamili kekasihnya. Peristiwa ini terjadi pada 13 Februari 2014 lalu, tepat sehari setelah sang pacar meminta pertanggungjawaban ke rumah keluarga Suardika. Tak ada yang menyangka Suardika akan melakukan hal itu, mengingat dirinya dan sang kakak datang ke kampus untuk mengambil nilai semester sesaat sebelum aksi bunuh diri itu ia lakukan.

Mahasiswa ITS Gantung Diri Di Atas Tangga Jurusan

Ilustrasi anak tangga di lantai [image: source]
Kasus mahasiswa bunuh diri di kampus juga terjadi di Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) Surabaya. Mahasiswa yang melakukan aksi bunuh diri diketahui bernama M. Ainul Yakin, mahasiswa jurusan Geomatika. Laki-laki 21 tahun itu ditemukan tergantung di atas anak tangga lantai II. Keadaan tubuh yang tanpa bekas penganiayaan mengindikasikan bahwa pria asal Pasuruan itu memang bunuh diri.

Jeffrail Galela, Terjatuh Dari Lantai 3 Unima

Ilustrasi terjatuh [image: source]
Beda dari empat kasus sebelumnya, peristiwa yang terjadi pada November 2015  ini bukanlah kasus bunuh diri. Berawal dari seorang saksi bernama Fari Ramadhan yang mendengar suara teriakan. Saat melihat sumber suara, ternyata Jeffrail Galela sudah tergeletak di bawah gedung kampus Unima. Orang-orang pun berusaha melarikan mahasiswa Fakultas Bahasa dan Seni (FBS) itu ke RS Sam Ratulangi Manado. Sayangnya, mahasiswa berusia 25 tahun itu meninggal dalam perjalanan ke rumah sakit. Berdasarkan olah TKP yang dilakukan oleh Unit II Polres Minahasa, korban meninggal dunia lantaran mengalami benturan dengan batu di kepala.

Itulah kisah-kisah tentang mahasiswa yang memilih mengakhiri hidupnya di kampus yang harusnya menjadi awal masa depannya. Perlu diketahui, bunuh diri hanyalah pilihan semu pada setiap permasalahan. Terlebih, perbuatan ini akan meninggalkan luka mendalam bagi keluarga dan orang terdekat. Bagaimana menurut pendapatmu?

 

 

 

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
7 Artis Ini Pantang Makan Nasi Putih, Perubahannya Bikin Kamu Teriak ‘WOW’ Mulai dari Begal Hingga Ojek, Inilah Nasib 5 Pemain Timnas yang Tak Berjaya Lagi Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo Inilah Kabar Pemeran Nyi Pelet, si Cantik yang Dulu Pernah Bikin Kaum Adam Kepincut 5 Kejadian Nyleneh Orang Indonesia yang Terekam Google Street View, Awas Ngakak! 6 Tokoh-tokoh Terkenal Tanah Air yang Moksa atau Menghilang Tanpa Bekas Dulu Personil Band Terkenal, Nasib Pria ini Sekarang Bikin Netizen ingin Menangis Inilah 6 Artis Indonesia yang Bikin ‘Superstar’ Luar Negeri Tergila-gila, Ada yang Sampai Baper Loh 7 Aktris Sinetron Kolosal Cantik dan Seksi ini Pernah Menghiasi Layar Kaca Kamu Zaman Dulu Masih Ingat 5 Artis Ini? Dulu Terkenal Banget Sekarang Nasibnya Berubah 180 Derajat! Beginilah Perbedaan Kekuatan Militer Indonesia dan Malaysia, Bagai Bumi dan Langit! 12 Kelakuan Pengguna Medsos “Kelewat Awam” Ini Dijamin Bikin Kamu Ngakak Jengkulitan Inilah 5 Negara yang Cinta Mati dengan Teh Indonesia 10 Meme Plesetan Kata Bijak “Berpikir Positif” Malah Buat Hidup Berantakan, Awas Ngakak Cowo Wajib Tau: Ini Nih 7 Tipe Sneakerhead, Kamu Termasuk yang Mana? Inilah Fakta Tersembunyi dari Pasangan Dokter Viral yang Rela Tinggalkan Pelaminan Demi Tolong Pasien Sering Diejek, Perubahan Drastis 13 Wanita Ini Jadi Bukti Kalau Tak Ada yang Mustahil, No. 5 Jadi Artis Loh Inilah Tontaipur, Pasukan Spesial Angkatan Darat Indonesia yang Kemampuannya Luar Biasa Setelah Pedofil, Kini Muncul Kasus Predator Ibu Hamil yang Merebak di Media Sosial, Waspada! Sempat Jadi Tontonan Wajib Anak 90an, Begini Nasib Pemain Shaolin Soccer Sekarang
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA