7 Jalan Raya di Kota Besar yang Macetnya ‘Ngajak Berantem’

oleh Rahma Muliani
22:00 PM on Aug 24, 2015

Kemacetan memang sudah menjadi rutinitas sehari-hari yang harus dihadapi oleh masyarakat yang tinggal di kota Jakarta. Penyebab kemacetan itu sendiri di antaranya adalah karena kecelakaan, jumlah kendaraan yang sangat banyak, luas jalan yang begitu sempit dan masih banyak lagi.

Tapi tahukah kamu, ternyata bukan hanya kota Jakarta yang begitu dikenal akan kemacetannya. Beberapa kota di bawah ini juga lalu lintasnya sering sekali mengalami kemacetan yang cukup tinggi. Kota apa sajakah itu? Mari kita simak lebih lanjut.

Baca Juga
5 Jasa Chairul Huda Semasa Hidup yang Membuat Dirinya Jadi Sosok Tak Tergantikan
Misnadi Abdullah, Ketua Aliran Baru Penyembah Matahari yang Bikin Netizen Geram

1. Istanbul, Turki

Peringkat pertama dalam daftar kota termacet di dunia adalah Istanbul. Setiap bulannya, hampir ada sebanyak 30 ribu mobil baru yang turut memenuhi lalu lintas kota ini. Menurut data statistik, 1 dari 5 orang di Istanbul pasti memiliki kendaraan bermotor.

Kemacetan Di Istanbul
Kemacetan di Istanbul [ImageSource]
Selain itu, penyebab kemacetan di ibu kota dari Turki ini juga karena kurangnya lahan parkir. Namun pemerinah di sana berencana akan membuat tempat parkir mengapung, yang dibangun dari kapal feri yang sudah tidak terpakai. Semoga segera terealisasi yaa.

2. Jakarta, Indonesia

Seluruh Indonesia mungkin sudah mengetahui, bagaimana keadaan lalu lintas di Jakarta. Ibu Kota dari Indonesia ini, sepanjang harinya selalu dihiasi dengan kemacetan yang sangat luar biasa. Para pengguna jalan di sini memang harus mempunyai kesabaran ekstra.

Kemacetan Di Jakarta
Kemacetan di Jakarta [ImageSource]
Pembangunan jalan yang tidak sebanding dengan jumlah populasi pengguna jalanlah, yang membuat Jakarta dinobatkan sebagai salah satu kota termacet di dunia. Belum lagi banyaknya parkir liar yang terlihat hampir di sepanjang jalan ibu kota ini.

3. Moskow, Rusia

Kota termacet di dunia selanjutnya adalah Moskow, Rusia. Penyebab kemacetan di sini hampir sama dengan kota Jakarta, yakni banyaknya jumlah kendaraan yang tak sebanding dengan luas jalan. Pemerintahan di kota ini begitu kewalahan menghadapi ledakan pembelian kendaraan bermotor.

Kemacetan Di Moskow
Kemacetan di Moskow [ImageSource]
Jalanan di Moskow ini, hanya mampu menampung sekitar 30 % kendaraan. Pemerintah pun sudah melakukan berbagai solusi untuk mengatasi kemacetan ini. Seperti contohnya adalah menganjurkan penduduknya untuk lebih memilih menggunakan transportasi umum.

4. ST. Petersburg, Rusia

Tak hanya Moskow, ada kota lain di Rusia yang mengalami tingkat kemacetan serupa. Selama jam kerja, lalu lintas kota ST. Petersburg akan mengalami peningkatan sebanyak 96 %. Angka itu membuat kota ini menduduki peringkat kemacetan yang lebih tinggi dibanding Moskow.

Kemacetan Di St. Petersburg
Kemacetan di St. Petersburg [ImageSource]
Sebenarnya, kota besar ini mempunyai fasilitas yang memadai. Penduduk di sana, setiap harinya rata-rata menggunakan kereta bawah tanah. Namun lalu lintas tetap dipadati oleh pengguna jalan yang kebanyakan dari mereka merupakan pegawai yang tinggal di luar kota.

5. Bangkok, Thailand

Di Bangkok, kemacetan lalu lintas juga terjadi setiap harinya. Di kota yang jumlah penduduknya mencapai 14 juta jiwa tersebut, memiliki sekitar 8 juta kendaraan. Akibatnya, lalu lintas begitu padat di setiap persimpangan jalan.

Kemacetan Di Bangkok
Kemacetan di Bangkok [ImageSource]
Banyak pengguna motor yang tidak tertib dalam menggunakan jalan. Pengendara motor itu mengendarai kendaraannya dengan ugal-ugalan di tengah keramaian kota. Tapi meski begitu, tidak ada pengendara motor yang berani menerobos lampu merah loh. Salut!

6. Mexico City, Meksiko

Kemacetan lalu lintas juga terjadi di Mexico City. Kurang lebih ada sebanyak 4 juta kendaraan bermotor yang memenuhi jalanan di kota ini setiap harinya.  Saking macetnya, kendaraan yang memadati jalan raya,  diestimasi  hanya berjalan dengan kecepatan 17 km/jam.

Kemacetan Di Mexico City
Kemacetan di Mexico City [ImageSource]
Pemerintah Mexico City pun membuat solusi untuk masalah ini, yakni dengan membatasi penggunaan jalan sesuai dengan plat nomor kendaraannya. Selain itu pemerintah juga masih terus menambah angkutan umum dan peningkatan jalur subway.

7. Roma, Italia

Terakhir, ada Roma yang termasuk ke dalam daftar kota termacet di dunia. Kota yang berada di Italia ini tingkat kemacetannya cukup tinggi, yaitu mencapai indeks 40 %. Jika diperkirakan, pengguna lalu lintas menghabiskan waktu sekitar 94 jam pertahun dalam kemacetan.

Kemacetan di Roma
Kemacetan di Roma [ImageSource]
Jumlah transportasi umum yang minim menjadi salah faktor terjadinya kemacetan di Roma, Italia ini. Lalu lintas di kota ini setiap harinya dipenuhi dengan kendaraan pribadi. Tercatat ada sekitar 600 kendaraan motor dari 1000 jiwa penduduk yang ada di Roma.

Itulah tadi beberapa kota yang memiliki tingkat kemacetan lalu lintas tertinggi di dunia. Semoga saja kedepannya akan ada solusi yang bisa menurunkan tingkat kemacetan di kota-kota tersebt. Kalau kamu menjadi pemimpin di salah satu kota tersebut, cara apa sih yang akan kamu gunakan untuk mengatasi masalah kemacetan ini?

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
5 Artis Cilik Zaman Dulu yang Penampilannya Sekarang Bikin Kita Mangap Gak Percaya Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo Sempat Jadi Terkenal Secara Instan, Seperti Ini Nasib 4 Artis Dadakan yang Karirnya “Terjun Bebas” 7 Wanita Tercantik di Jepang ini Bikin Dengkul Lemes Orang-orang yang Dulunya Terkenal Ini Kini Nasibnya Berputar 180 Derajat Pria Menikahi Boneka yang Ceritanya Menuai Kontroversi, Ternyata Kenyataannya Bikin Nyesek Inilah 11 Status Kocak “Emak Zaman Now” di Medsos yang Bikin Minder Anak Muda Karena Kalah Eksis 15 Meme FTV Ini Bikin Kamu Nyadar, Bahwa Hidup Nggak Semanis Adegan Film di TV Bukan So Sweet, 10 Foto Prewedding Ini Malah Punya Konsep Kocak Abis, Pasti Ketawa Liatnya Kisah Sedih Eva, Calon Pengantin Yang Tertabrak Kereta Saat Mengantar Undangan Pernikahannya
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA