5 Gua Purba dengan Lukisan Tercantik di Dalamnya ini Milik Indonesia

oleh Adi Nugroho
09:21 AM on Mar 7, 2016

Indonesia dikenal memiliki banyak sekali peninggalan purbakala yang sangat berharga. Selain kerangka manusia purba seperti Meganthrous Paleojavaicus, Homo Wajakensis, hingga Pithecanthropus Erectus, Indonesia juga memiliki peninggalan gua purba. Menurut penelitian para ilmuwan, gua ini dulunya digunakan oleh manusia purba untuk tinggal dan mengekspresikan apa yang mereka lihat.

Ekspresi itu berupa seni melukis tembok gua. Lukisan yang ada di gua purba di Indonesia dikenal sangat cantik. Bahkan ada yang tertua di dunia. Mari kita simak gua purba apa saja yang menyimpan banyak sekali lukisan Indah di dalamnya.

Baca Juga
Dinobatkan Jadi Atlet Tercantik dan Terseksi SEA Games 2017, Ini Lho Pesona Lindswell Kwok Yang Bikin Indonesia Bangga
Inilah 4 Bukti Kalau Pengguna Medsos yang Ada di Indonesia Polosnya Bukan Main

1. Gua Maros – Sulawesi Selatan

Gua Maros adalah gua yang ditemukan di kawasan gua karst Maros, Pangkajene, dan Kepulauan. Di kawasan ini ada sebuah gua yang di dalam terdapat lukisan yang cukup besar. Lukisan itu berupa 12 cap tangan manusia dan 2 gambar figur hewan. Dari penelitian kerja sama antara Pusat Arkeologi Nasional, Universitas Wollongong, dan Universitas Griffith Autralia diperoleh data yang mengejutkan.

Lukisan Gua Maros [image source]
Lukisan Gua Maros [image source]
Lukisan yang ada di dalam gua diperkirakan berumur lebih dari 40.000 tahun. Artinya nyaris sama dengan Situs El Castilo yang ditemukan di Spamyol puluhan tahun silam. Diperkirakan manusia yang menghuni gua itu adalah jenis manusia modern seperti Homo sapiens.

2. Gua Pettae dan Pettae Kere – Sulawesi Selatan

Gua Pette dan Gua Pettae Kere adalah sebuah gua purba yang ditemukan oleh arkeolog Belanda bernama Van Heekeren dan Heeren Palm tahun 1950. Di gua ini terdapat banyak sekali lukisan purba yang konon dilakukan oleh orang di masa lalu. Usia lukisan diperkirakan berumur 8.000-3.000 SM.

Gua Pettae [image source]
Gua Pettae [image source]
Gua ini banyak sekali menampilkan cap tangan dan beberapa gambar hewan seperti babi rusa. Warna lukisan dan cap tangan di dalam gua berwarna merah. Lukisan di Gua Pettae ini menceritakan tentang babi rusa liar yang nantinya akan digunakan untuk makan. Dari cerita lukisan ini arkeolog jadi lebih mudah memperkirakan umurnya.

3. Gua Liang Kobori – Sulawesi Tenggara

Gua Liang Kobori adalah gua yang memiliki lukisan misterius di dalamnya. Gua ini terdapat di Sulawesi Tenggara tepatnya di Desa Mabolu, Kabupaten Muna. Arkeolog memperkirakan jika lukisan di dalam gua ini berusia 4.000 tahun. Berasal di era yang cukup modern di mana masyarakat sudah memiliki sebuah sistem yang sangat baik.

Gua Liang Kobori [image source]
Gua Liang Kobori [image source]
Setidaknya ada lebih dari 100 lukisan yang ada di dalam gua. Lukisan itu mengisahkan sistem masyarakat pada Suku Muna. Ada lukisan tentang orang sedang bercocok tanam, beternak, hingga peperangan. Satu lagi lukisan yang terbilang cukup unik, ada gambar gajah dan layang-layang yang konon digunakan sebagai media ritual.

4. Gua Kontilola – Papua

Gua Kontilola adalah salah satu gua paling misterius yang ada di dekat Wamena, Papua. Bagaimana tidak, di dalam gua terdapat lukisan pada dinding yang memiliki tinggi sekitar tiga meter. Lukisan itu menggambarkan beberapa sosok mirip manusia yang memiliki kepala sangat bulat dan tidak memiliki rambut di atasnya.

Gua Kontilola [image source]
Gua Kontilola [image source]
Yang lebih aneh dari gambar tersebut adalah tangan dari makhluk itu hanya memiliki empat jari. Kemungkinan besar makhluk yang digambarkan bukanlah manusia (mungkin alien). Berdasarkan penduduk setempat, lukisan itu sudah ada sejak lama. Bahkan leluhur mereka kerap menceritakan tentang keanehan gua itu.

5. Gua Maluku

Beberapa gua di Maluku banyak sekali menyimpan lukisan kuno di dalamnya. Setidaknya pada tahun 1937 seorang arkeolog bernama J. Roder menemukan 100 buah lukisan. Rata-rata lukisan yang ada di dalamnya berupa cap tangan dengan warna pinggirannya merah.

Lukisan Gua Maluku [image source]
Lukisan Gua Maluku [image source]
Lukisan ini ditemukan di beberapa pulau di Maluku. Semuanya menyebar dan memiliki motif yang nyaris sama. Di duga, manusia purba yang melakukan itu sedang bereksperimen untuk membuat sebuah karya seni. Atau meninggalkan bukti keberadaan mereka agar diketahui manusia modern di masa sekarang.

Inilah lima gua purba Indonesia yang memiliki lukisan cantik di dalamnya. Oh ya, dari lima gua di atas, mana saja yang sudah sobat Boombatis datangi?

Next
BERITA TERKAIT
BACA JUGA