Hebatnya Lucid Dreamer, Alat yang Bisa Membuatmu Menjelajahi Dunia Mimpi dengan Sadar

oleh Adi Nugroho
07:00 AM on Oct 13, 2016

Pernah mendengar lucid dream atau beberapa orang menyebutnya dengan astral projection. Fenomena yang terjadi dalam tidur ini akan membuat seseorang sadar meski sedang bermimpi. Biasanya, seorang yang memasuki fase tidur tidak akan sadar, saat mereka bermimpi, kejadiannya akan mudah terlupa atau tidak terasa nyata. Berbeda dengan lucid dream, mimpi yang dirasakan bisa sangat nyata. Bahkan kamu bisa melakukan hal-hal yang diinginkan termasuk pergi ke mana saja.

Sayangnya, lucid dream jarang terjadi pada banyak orang. Kalau pun terjadi jumlahnya hanya satu per lima dari populasi manusia di dunia. Itu pun hanya terjadi sekali dalam beberapa bulan saja. Untuk mendapatkan lucid dream, seseorang akhirnya melakukan meditasi atau berbagai teknik yang hasilnya lagi-lagi kecil atau nih.

Baca Juga
Tak Banyak yang Tahu, Inilah Aksi Hebat Kepolisian Indonesia yang Begitu Disegani di Dunia
6 Cara Ini Bisa Dipakai Agar Tragedi ‘Panjat Pinang Maut’ Tak Terjadi Lagi

Untuk menjembatani manusia yang terobsesi dengan lucid dream, sebuah perusahaan di Belanda bernama Neuromodulation Technologies B.V. memulai proyek prestisius ini. Berikut cerita lengkap tentang Lucid Dreamer.

Susahnya Mendapatkan Lucid Dream

Di dalam lucid dream, kita bisa melakukan apa saja dengan tidak terbatas. Misal kita ingin berlari hingga ke Jepang atau mampu mempelajari gerakan bola basket dalam waktu singkat. Sensasinya yang nyata membuat apa saja yang terjadi dalam mimpi bisa dirasakan hingga ke dunia nyata. Konon, kemampuan yang telah dipelajari bisa bertambah dengan sendirinya di dunia nyata.

lucid dreamer [image source]
lucid dreamer [image source]
Untuk mendapatkan ini seseorang harus melakukan serangkaian aktivitas seperti semadi, yoga, dsb. Di beberapa kepercayaan sampai ada bacaan-bacaan yang konon bisa membantu seseorang mendapatkan lucid dream. Sayangnya, cara itu memiliki peluang yang cukup tinggi. Seseorang hanya bisa melakukannya selama 1-2 kali saja selama beberapa bulan. Kebanyakan para praktisi yang ingin melakukan lucid dream jadi malas dan bosan.

Mempermudah Lucid Dream dengan Bantuan Gelombang Otak

Setelah melakukan penelitian selama beberapa tahun, para peneliti menemukan adanya aktivitas gelombang gamma pada otak saat terjadi lucid dream. Sayangnya, gelombang itu tidak mesti keluar setiap saat. Peluang keluarnya secara alami juga sedikit. Mengetahui sulitnya otak mengalami kondisi saat gelombang gamma berlangsung, muncullah sebuah alat bernama Lucid Dreamer.

lucid dreamer permudah bermimpi [image source]
lucid dreamer permudah bermimpi [image source]
Alat ini memudahkan seseorang berada pada kondisi sadar saat tidur dan bermimpi. Gelombang gamma yang dihasilkan oleh alat akan melakukan stimulasi secara perlahan-lahan setiap digunakan tidur. Peneliti mengatakan bahwa peluang terjadinya lucid dream bisa mencapai 77 persen. Dari lima orang yang melakukan uji coba, 3 di antaranya mengalami lucid dream di malam pertama sedang dua yang lain mengalami di malam lain hingga malam ketujuh.

Pemakai Lucid Dreamer yang Disarankan

Meski Lucid Dreamer adalah alat yang sangat hebat, pemakaiannya ternyata dibatasi oleh beberapa kalangan saja. Pengembang hanya membatasi pada mereka yang memiliki usia di atas 18 tahun saja. Selain itu, individu yang menggunakan ini juga bukan mereka yang sedang mengalami kehamilan. Pemakaian ini harus dihindari untuk menghindari risiko yang mungkin saja terjadi.

simulasi [image source]
simulasi [image source]
Selain masalah fisik dan usia, seseorang yang memiliki gangguan pada otak dan saraf juga tidak disarankan untuk memakainya. Seorang dengan epilepsi, depresi, schizophrenia, alzheimer, parkinoson, dan tumor otak tidak disarankan menggunakannya. Gelombang gamma yang digunakan dikhawatirkan bisa memengaruhi otak dan saraf mereka.

Jenis Lucid Dreamer yang Akan Dipasarkan

Saat ini Lucid Dreamer masih dalam tahap pengembangan. Jika tidak ada aral melintang, alat hebat ini akan mulai dipasarkan pada April 2017. Sebelum melakukan penjualan secara meluas, perusahaan melakukan penggalangan dana dari semacam pre-order dari Lucid Dreamer dengan tiga jenis yang berbeda.

jenis lucid dreamer [image source]
jenis lucid dreamer [image source]
Jenis pertama adalah Essensial yang memiliki dua buah gelombang dan menjadi alat dasar dalam mengalami lucid dream. Selanjutnya ada versi Pro yang diberi tambahan frekuensi untuk pengalaman di dalam tidur. Simulasinya juga bisa diatur karena memiliki durasi. Terakhir adalah jenis Connect yang dipercaya bisa menghubungkan antar pengguna dalam mutual dreaming.

Inilah sekilas ulasan tentang Lucid Dreamer yang sangat hebat tapi juga agak ngeri. Kalau benda ini dijual di Indonesia, kamu akan mencobanya tidak Sobat Boombastis?

Next
BERITA TERKAIT
BACA JUGA