Berjuang Hingga Titik Darah Penghabisan, Lolyta, Pengidap Kanker Langka Kini Telah Dipanggil Tuhan

Kita doakan agar Lolyta diterima di sisi-Nya

oleh Harsadakara
10:00 AM on Oct 19, 2017

Penyakit langka memang bisa menyerang siapa saja, tidak pandang bulu. Seperti istri Fidelis yang menderita syringomyelia atau sosok wanita satu ini yang terserang penyakit kanker langka. Merupakan seorang wanita yang baru genap berusia 20 tahun, Lolyta Agustina mengidap penyakit kanker langka bernama Sarkoma Erwing.

Perempuan yang akrab disapa Loly ini tetap semangat dan menyebarkan kebaikan meski dirinya harus berkali-kali kesakitan ketika menjalani kemoterapi. Sosoknya yang kuat dan tidak mudah mengeluh seharusnya bisa jadi contoh bagi anak muda Indonesia. Mari simak kisah lengkapnya agar bisa mendapatkan banyak inspirasi darinya.

Baca Juga
Kenalan dengan Frida Dwi, Sosok di Balik Game ‘Tiang Listrik’ yang Membludak karena Setya Novanto
Tak Peduli Hujan dan Status Siaga Gunung Agung, Aksi ‘Gila’ Pria Ini Patut Diapresiasi

Awal Mula Kanker Menghampiri

Lolyta menggunakan sosial media instagram untuk menceritakan kisahnya sehingga menuai banyak sekali atensi. Kisahnya dimulai ketika tahun lalu, tepatnya Juni 2016, ia mengalami sebuah kecelakaan motor seusai kondangan. Awalnya ia tidak memperhatikan bahwa mata kakinya bengkak.

Lolyta dan Kakinya [image source]
Mengira hanya keseleo biasa, ia pergi ke tukang urut untuk mendapatkan perawatan. Merasa baik-baik saja, ia akhirnya menjalani aktivitas seperti biasa. Bahkan Loly sempat naik gunung karena hobinya. Ketika usai mendaki, barulah ia sadar bahwa kesakitan pada kakinya tak dapat lagi dibendung.

Menempa Diri di Rumah Sakit

Loly dan ibunya pun sepakat untuk memeriksakan kakinya yang semakin parah ke rumah sakit. Sebuah kesalahan yang Loly akui sendiri adalah ia tidak segera menangani kesakitan kakinya setelah mendaki gunung, “karena takut dimarahi mama,” ujarnya. Sampai di rumah sakit beberapa kali penanganan membuatnya harus terpontang-panting kesana kemari.

Setelah Diamputasi [image source]
Menggunakan akses BPJS, ia tidak segera ditangani di sebuah rumah sakit. Sehingga, ketika sudah sampai kepada tangan yang tepat, ternyata ada beberapa kotoran dan bakteri yang belum sempat dibersihkan pada luka di kakinya oleh dokter yang sebelumnya menangani dirinya. Vonis yang diberikan dokter setelah itu membuat Loly syok, kakinya dikabarkan harus diamputasi.

Keadaan yang Memburuk

Bagi setiap manusia normal, pasti merasa putus asa ketika ada salah satu organ tubuh yang tidak bisa berfungsi lagi. Begitu pun Loly, ia sangat syok dan merasa tidak berguna ketika kakinya harus diamputasi, apalagi ia memiliki hobi mendaki. Namun, berkat dukungan sang ibu dan teman-temannya ia akhirnya bisa ikhlas.

Keadaan Lolyta semakin memburuk [Image Source]
Saat pertama kaki Loly diamputasi memang berat, namun ia menemukan banyak figur yang menginspirasi dirinya. Semua kisah tersebut ia tungkan dalam akun instagram pribadinya (@lolyagstna). Setelah itu pun kisahnya menjadi viral. Tidak hanya teman-temannya saja yang datang, namun banyak publik figur tanah air yang juga sempat mengunjungi dirinya di rumah sakit.

Dukungan Sosial Membuat Loly Bangkit

Mendapat sebuah dukungan berarti harapan baru bagi Loly. Dirinya yang terlihat kuat dan tegar menghadapi cobaan penyakit ini menuai banyak atensi. Beberapa artis seperti Raisa, Dewi Sandra, Cut Meyriska, serta Ivan Gunawan memberi suntikan semangat kepadanya.

Dukungan banyak orang kepada Lolyta [Image Source]
Akun viral seperti @lambe_turah serta walikota Bandung, Ridwan Kamil juga memberikan dukungan kepadanya. Tidak heran jika Lolyta kembali bangkit dan menginspirasi banyak orang.

Sempat Keluar dari Rumah Sakit dan Memberi Motivasi

Setelah mengarungi perjuangan yang luar biasa, Loly sempat dibebaskan dari lingkungan rumah sakit yang membosankan. Dengan keluarnya Loly, ia bukannya malah banyak bermain, namun mengunjungi para penderita kanker dan menyuntikkan motivasi serta semangat untuk mereka. Menurut dirinya, saling mendukung merupakan obat yang ampuh untuk segala macam penyakit.

Lolyta menginspirasi [Image Source]
Ia pun banyak membantu penderita kanker seperti Agas, Sayid, dan sempat juga mengucapkan salam perpisahan ketika Jupe dikabarkan meninggal dunia dengan mengidap penyakit yang sama. Ia memberi banyak motivasi bagi penderita kanker di luar sana serta membantu menyebarkan donasi ketika dirinya sudah banyak mendapat atensi dari publik.

Akhirnya Kembali Menghadap Tuhan

Baru-baru ini, pihak keluarga Lolyta mengunggah sebuah postingan pada akun instagramnya, menyiarkan bahwa gadis 20 tahun yang kuat melawan penyakit ganas ini telah berpulang. Perjuangan Loly telah usai, Tuhan tidak lagi tega membiarkan dirinya berjuang lebih keras lagi. Loly sudah cukup kuat dalam satu tahun ini menahan rasa sakit yang setiap hari dirasakannya.

Amanat Lolyta [image source]
Postingan tersebut menuai 28.000 likes serta lebih dari 30.000 komentar. Dalam postingan tersebut mama sebagai pihak keluarga Lolyta memohon maaf dan berterima kasih atas segala atensi yang diberikan para netizen sekalian terhadap perjuangan anaknya. Pesan terakhir Lolyta untuk menghapus semua foto dirinya yang tidak berhijab disampaikan oleh sang mamah tercinta.

Sosok Lolyta yang kuat memang sudah tidak ada di bumi lagi. Namun segala semangatnya akan terus hidup dalam setiap nafas para penderita kanker yang ditemuinya, serta semua orang yang mengilhami kisahnya dengan baik. Melihat sosok Lolyta yang tetap tegar, haruskah kalian berhenti mengeluh dan mulai bersyukur atas apa yang kalian punya?

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
Masih Ingat 5 Artis Ini? Dulu Terkenal Banget Sekarang Nasibnya Berubah 180 Derajat! Mulai dari Begal Hingga Ojek, Inilah Nasib 5 Pemain Timnas yang Tak Berjaya Lagi Dulu Personil Band Terkenal, Nasib Pria ini Sekarang Bikin Netizen ingin Menangis Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo 5 Kejadian Nyleneh Orang Indonesia yang Terekam Google Street View, Awas Ngakak! Inilah Kabar Pemeran Nyi Pelet, si Cantik yang Dulu Pernah Bikin Kaum Adam Kepincut 12 Kelakuan Pengguna Medsos “Kelewat Awam” Ini Dijamin Bikin Kamu Ngakak Jengkulitan Inilah 6 Artis Indonesia yang Bikin ‘Superstar’ Luar Negeri Tergila-gila, Ada yang Sampai Baper Loh Cowo Wajib Tau: Ini Nih 7 Tipe Sneakerhead, Kamu Termasuk yang Mana? Jadi Langganan Para Pejabat Hingga Artis, 4 Warteg Ini Nggak Kalah dari Restoran Bintang Lima 7 Aktris Sinetron Kolosal Cantik dan Seksi ini Pernah Menghiasi Layar Kaca Kamu Zaman Dulu Sempat Tersandung Kontroversi, Begini Kabar Si ‘Seksi’ Revi Mariska di Angling Dharma 5 Ibu Mertua Paling ‘Membahayakan’ Sedunia 5 Artis Cilik Zaman Dulu yang Penampilannya Sekarang Bikin Kita Mangap Gak Percaya Berhasil Ubah Ban Bekas Jadi Sofa Super Unik, Pria Asal Semarang Ini Kewalahan Terima Pesanan 10 Meme Plesetan Kata Bijak “Berpikir Positif” Malah Buat Hidup Berantakan, Awas Ngakak Inilah 5 Negara yang Cinta Mati dengan Teh Indonesia Inilah Fakta Tersembunyi dari Pasangan Dokter Viral yang Rela Tinggalkan Pelaminan Demi Tolong Pasien Beginilah Perbedaan Kekuatan Militer Indonesia dan Malaysia, Bagai Bumi dan Langit! Sering Diejek, Perubahan Drastis 13 Wanita Ini Jadi Bukti Kalau Tak Ada yang Mustahil, No. 5 Jadi Artis Loh
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA