in

Little Red Book, Buku Suci nan Sakti Masyarakat Tiongkok yang Kini Tak Lagi Berharga

Buku Little Red Book [Image Source]

Little Red Book, bagi kita buku ini mungkin terkesan biasa-biasa saja. Buku Merah Kecil, apa sih maksudnya? Jelas bukan sesuatu yang spesial melainkan hanya mengundang rasa penasaran saja. Ketika bagi kita biasa saja, siapa yang menyangka kalau Little Red Book ini sangat berpengaruh bagi orang-orang Tiongkok. Bahkan, buku ini bisa dibilang sebagai kitab panduan hidup mereka.

Tidak bercanda lho ketika dikatakanLittle Red Book ini adalah buku panduan hidup orang-orang Tiongkok. Pasalnya, buku yang memang kecil itu dibuat oleh seorang Mao Zedong. Pria ini bisa dibilang sebagai sosok yang bisa bikin Tiongkok sehebat sekarang. Dulu, Tiongkok terseok-seok sekali. Bahkan pernah dibikin seperti sampah oleh Jepang di masa penjajahannya.

Mao Zedong [Image Source]
Mao Zedong [Image Source]
Kembali soal Little Red Book, buku ini memang luar biasa. Terutama karena pengaruhnya. Dulu di masa Mao berkuasa di tahun 70an, buku ini adalah pegangan wajib orang-orang Tiongkok. Hampir setiap orang memilikinya dan mengamalkan setiap isinya. Kalau kamu penasaran dengan isinya, Little Red Book ini hanya bertuliskan semacam kumpulan kata-kata bijak Mao yang jumlahnya ada ratusan ribu.

Buku Little Red Book [Image Source]
Buku Little Red Book [Image Source]
Buku ini begitu dihormati orang-orang Tiongkok di masa itu. Bahkan, Little Red Book ini jadi semacam kitab suci di mana isi-isinya diresapi seperti ajaran-ajaran agama. Makanya, kalau kemudian ada yang macam-macam dengan buku ini, entah menghina isi atau merusak fisik, maka bakal ada hukuman berat yang menanti orang tersebut. Penjara atau mungkin hukuman mati.

Para prajurit Tiongkok membaca buku merah [Image Source]
Para prajurit Tiongkok membaca buku merah [Image Source]
Little Red Book ini juga termasuk salah satu buku paling laris sedunia. Diperkirakan jumlahnya ada sekitar lima miliar eksemplar yang tersebar di Tiongkok dan seluruh dunia. Jumlah yang bikin geleng-geleng kepala itu hampir menyamai rekor penyebaran Bible alias Alkitab.

Sempat jadi pujaan bahkan dianggap suci, tapi seiring dengan lengsernya Mao dan terbentuknya pemerintahan Tiongkok yang lebih kekinian, buku ini pun tak lagi angker. Kini, nasib buku ini malah jadi semacam barang museum atau bahkan cenderamata kalau pergi ke Tiongkok. Miris ya, nasibnya hampir sama seperti Mein Kampf-nya Hitler yang kini jadi hinaan banyak orang.

Written by Rizal

Hanya seorang lulusan IT yang nyasar ke dunia tulis menulis. Pengalamannya sudah tiga tahun sejak tulisan pertama dimuat di dunia jurnalisme online. Harapannya bisa membuat tulisan yang super kece, bisa diterima siapa pun, dan juga membawa influence yang baik.

Contact me on my Facebook account!

Leave a Reply

Ngeri, Inilah Propaganda-Propaganda Mematikan Terbaru yang Dikeluarkan Teroris ISIS

SIDS, Sindrom Penuh Misteri yang Bisa Membuat Bayi Meninggal Tanpa Sebab yang Jelas