Lima Mimpi Paling Sering Dialami Manusia dan Makna di Baliknya

oleh Centralismo
08:19 AM on Feb 24, 2015

Semua orang yang hidup pasti bermimpi. Bahkan orang buta sekalipun bermimpi, meski mereka tidak pernah melihat apa-apa dalam hidup mereka. Masalahnya, lebih dari setengah mimpi yang kita alami akan terlupakan begitu saja setelah lima menit kita terjaga. Sisa dari mimpi yang berhasil kita ingat hanya sekitar 30 persen saja.

Mimpi sering kali dihubungkan dengan takhayul dan hal-hal berbau mistis. Padahal, mimpi adalah cara alam bawah sadar kita untuk berkomunikasi. Secara sains, mimpi adalah cara diri kita (secara psikologis) untuk mencapai apa yang kita inginkan. Hal tersebut bisa dibuktikan secara ilmiah, tanpa dikait-kaitkan dengan takhayul. Berikut ini lima mimpi paling umum yang dialami manusia dan makna di baliknya.

Baca Juga
5 Fakta Gahar Pesawat Buatan Anak Bangsa N219 yang Bakal Bikin Negara Tetangga Iri
Deretan 10 Paskibraka Cantik Pembawa Bendera Pusaka Di Upacara Istana Kepresidenan yang juga Pantas Membawa Hatimu

1. Terjatuh dari Ketinggian

Mimpi ini adalah salah satu mimpi paling menyeramkan yang dialami manusia. Ketika bermimpi jatuh dari ketinggian, jantung kita terasa seperti berhenti berdetak dan hampir copot, seolah-olah itu benar-benar terjadi. Selain itu, kita sering kali bermimpi terjatuh dan bangun dalam keadaan panik karena mengira kita benar-benar jatuh.

Jatuh dari Ketinggian
Jatuh dari Ketinggian

Arti dari mimpi jatuh dari ketinggian adalah anda merasa kurang didukung dalam menjalankan apa yang sedang anda kerjakan. Orang-orang di sekitar anda yang anda harapkan untuk peduli, sepertinya cuek-cuek saja dan tidak mau tahu. Secara psikologis, hal ini membuat anda resah dan akhirnya anda memimpikan sesuatu yang membuat anda merasa kehilangan pijakan/pegangan.

2. Gigi Copot

Mimpi gigi copot juga sering dialami orang Indonesia. Ketika mengalami mimpi ini, kita biasanya akan sangat panik karena orang Indonesia percaya bahwa mimpi gigi copot adalah pertanda seseorang yang kita kenal akan meninggal. Bahkan ada mitos yang mengatakan, jika kita bermimpi gigi copot, maka harus cepat-cepat diceritakan sebagai wujud buang sial.

Gigi Copot
Gigi Copot

Secara psikologis, mimpi gigi copot tidak ada hubungannya dengan kematian. Mimpi ini berarti bahwa kita sedang berada dalam ketakutan karena menganggap diri kita tidak menarik. Mimpi gigi copot juga berarti bahwa anda sedang malu dengan kondisi anda saat ini.

3. Tidak Lulus Ujian

Mimpi ini tidak hanya berlaku bagi orang yang masih duduk di bangku sekolah. Studi membuktikan bahwa orang yang sudah meninggalkan bangku sekolah justru lebih sering memimpikan gagal ujian. Mimpi ini biasanya mengambil adegan kita mendapat nilai merah atau tulisan “tidak lulus” di papan pengumuman.

Gagal tes
Gagal tes

Mimpi ini juga biasanya muncul bersamaan dengan mimpi mendebarkan lain seperti; salah ruangan, terlambat datang dan menyelesaikan soal dan tidak bisa menemukan ruangan ujian. Arti dari mimpi ini adalah anda sedang mengalami cobaan dalam hidup dan anda belum siap untuk menghadapi cobaan tersebut.

4. Mimpi Dikejar

Ini adalah salah satu mimpi paling mendebarkan dan menakutkan. Mimpi dikejar hewan, orang lain atau bahkan dikejar setan adalah mimpi yang membuat kita deg-degan bahkan ketika sudah terbangun. Mimpi ini biasanya disertai dengan adegan bersembunyi, kemudian tertangkap dan ditemukan oleh yang mengejar kita.

Dikejar
Dikejar

Mimpi ini ternyata salah satu respon ketakutan kita. Dalam hidup, kita tentu menakutkan banyak hal mulai dari manusia, binatang hingga situasi yang kita hindari. Semakin kita hindari, hal tersebut akan terdorong semakin jauh ke alam bawah sadar kita dan akhirnya masuk ke dalam mimpi kita. Seiring kita berhasil menakhlukkan ketakutan kita di dunia nyata, mimpi menyeramkan ini biasanya akan hilang.

5. Tertinggal Pesawat atau Bus

Dalam mimpi ini biasanya kita akan dihadapkan dengan situasi dimana pesawat atau bis yang kita tunggu akan segera meninggalkan kita. Kita mengejarnya, hampir mendapatkannya, namun pada akhirnya tertinggal. Ini membuat kita sangat takut dan sedih.

Tertinggal Bus
Tertinggal Bus

Faktanya, mimpi ini mengindikasikan bahwa kita sedang merasa bahwa kita sudah melewatkan kesempatan yang kita anggap penting. Selain itu, mimpi ketinggalan kendaraan juga bisa berarti bahwa kita sedang berusaha untuk memutuskan sesuatu yang sangat penting dalam hidup kita.

Mimpi, meski abstrak dan sulit dijelaskan, sebenarnya adalah sesuatu yang bisa dijelaskan secara ilmiah. Meski kompleks, ilmuwan besar seperti Sigmun Freud telah melakukan penelitian yang komperhensif tentang mimpi. Mimpi adalah simbol apa-apa yang ingin kita wujudkan di dalam hidup kita.

Pernahkah anda mengalami salah satu dari mimpi di atas? Mungkin ada bisa mencocokkan mimpi anda dengan arti mimpi yang telah dibahas di atas. Selamat mencoba! (HLH)

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
BERITA LAINNYA
BERITA PILIHAN
Seperti Ini Nasib Para Pemain Film Esek-Esek Setelah Pensiun, Dijamin Kaget Kamu Lihatnya 25 Foto Selfie Fail Abis yang Bikin Kamu Ketawa Ngakak Sampe Perut Mules 15 Potret Nona Berlian, Pemeran Ronaldowati yang Kini Cantiknya Tak Kalah dari Gadis Korea Tak Hanya Fenomena Gancet, Ternyata ‘Cupang’ Juga Bisa Membuat Orang Meninggal 7 Fakta Tentang Dunia Esek-Esek Jepang yang Bakal Membuatmu Tercengang Kabar Terbaru Dicky Haryadi, Kontestan AFI 1 yang Dulu Pernah Bikin Para Cewek Meleleh Ternyata Segini Gaji Pemain Film "Dewasa", Penderitaan Tidak Sebanding dengan Penghasilan Cantik dan Soleha, Putri Sulung Almarhum Uje ini Bikin Cowok Rela Ngantri Jadi Imamnya 5 Bercandaan Presiden Soekarno yang Lebih Kocak Dari Stand Up Comedy Wanita Ini Bikin Geger Gara-Gara Mengaku Sebagai Nabi Terakhir dan Punya Kitabnya Sendiri
BERITA TERKAIT
BACA JUGA