Lima Fenomena Astronimis Ini Bakal Terjadi di Bulan Desember

oleh wahyu
09:00 AM on Dec 8, 2014

Bulan yang akan menutup tahun 2014 sudah tiba. Tidak terasa, kita telah melalui tahun ini dengan begitu cepat. Kita tentu tidak ingin melewatkan banyak hal seru yang bisa terjadi di penghujung tahun.

Jika anda penggemar astronomi, atau mungin suka mengamati langit, maka beberapa peristiwa ini wajib anda simak. Berikut kami rangkum dan berikut lima fenomena astronomi yang tidak boleh anda lewatkan selama bulan Desember. Beberapa di antaranya bisa anda lihat tanpa menggunakan alat bantu teleskop, lho!

Baca Juga
4 Bukti Gregetnya Orang Indonesia Kalau Ada Bahaya, Kayak Sudah Hilang Urat Takutnya
Menengok Gaji dan Tunjangan Gubernur dan Wagub DKI, Kalau Dijumlah Bisa Beli Kerupuk 3 Kontainer

1. Hujan Meteor Geminid

Hujan ini diakui oleh banyak orang sebagai hujan meteor paling cantik yang ada di langit. Hujan meteor ini mampu menghadirkan sekitar 60 meteor per jam dengan berbagai macam warna yang cantik. Jika langit cerah, kita akan cukup beruntung untuk melihat hujan meteor ini pada tanggal 13-14 Desember mendatang.

Jika anda ingin melihat meteor ini, maka anda harus menghadap ke rasi bintang Gemini, sesuai dengan nama meteor ini. Anda bisa mengamati langit mulai dari tengah malam hingga terbit fajar untuk menangkap fenomena ini dengan mata kepala anda langsung. Mari berdoa agar langit cerah pada tanggal tersebut!

2. Bulan Purnama

Fase bulan purnama penuh (full moon) Desember ini, akan terjadi pada tanggal 6. Bulan ini bisa anda saksikan jika cuaca langit cerah. Anda juga tidak butuh teleskop untuk melihatnya.

Bulan ini diprediksi akan terlihat di seluruh Indonesia. Bulan purnama penuh bisa mulai anda amati sejak pukul 18.00. Wah, sebaiknya segera bersiap-siap untuk merekam kecantikan bulan ini.

3. Hujan Meteor Ursid

Ini adalah hujan meteor terakhir di tahun ini. Jumlah meteor yang akan jatuh diprediksi 10 hingga 15 meteor per jam. Pada puncaknya, diprediksi akan ada sekitar 20 meteor yang jatuh.

Hujan meteoir Ursid dapat kita lihat dengan mata telanjang di seluruh Indonesia. Waktu terbaik untuk mengamatinya adalah mulai dari tengah malam hingga matahari terbit. Hujan meteor Ursid diprediksi datang pada tanggal 23 Desember 2014.

4. Bulan dan Saturnus akan Bersebelahan

Ini momen yang pasti anda tunggu jika anda pecinta astronomi. Pada tanggal 20 Desember mendatang, akan terjadi konjungsi antara Bulan dengan Saturnus. Anda bakal bisa memotret dua benda langit ini dalam satu frame.

Bulan dan Saturnus akan berjarak sekitar 1.6 derajat dari langit subuh. Fenomena ini bisa anda lihat dengan mata telanjang. Jika cuaca mendukung, maka fenomena ini akan terlihat di seluruh Indonesia.

5. Bulan Separuh Akhir

Fenomena ini juga dikenal dengan Last Quarter Moon. Pada tanggal 15 Desember, anda akan melihat bulan separuh di langit. Fenomena ini dapat diamati di seluruh Indonesia.

Bulan ini adalah bulan separuh terakhir pada tahun 2014 berdasarkan perhitungan kalender Lunar. Namun, sayangnya kondisi langit Indonesia diprediksi tidak terlalu cerah pada saat itu.

Di Indonesia, fenomena alam tidak jarang dikait-kaitkan dengan hal mistis. Namun ada baiknya kita menikmati fenomena ini sebagai salah satu bukti kebesaran sang pencipta. Semoga fenomena-fenomena alam tadi membuat kita jadi ingin belajar lebih banyak lagi. Dan semoga kita bisa melihat semuanya secara langsung, untuk kenang-kenangan penutup tahun 2014.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
5 Artis Cilik Zaman Dulu yang Penampilannya Sekarang Bikin Kita Mangap Gak Percaya Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo 7 Wanita Tercantik di Jepang ini Bikin Dengkul Lemes Orang-orang yang Dulunya Terkenal Ini Kini Nasibnya Berputar 180 Derajat Pria Menikahi Boneka yang Ceritanya Menuai Kontroversi, Ternyata Kenyataannya Bikin Nyesek Inilah 11 Status Kocak “Emak Zaman Now” di Medsos yang Bikin Minder Anak Muda Karena Kalah Eksis Bukan So Sweet, 10 Foto Prewedding Ini Malah Punya Konsep Kocak Abis, Pasti Ketawa Liatnya Sempat Jadi Terkenal Secara Instan, Seperti Ini Nasib 4 Artis Dadakan yang Karirnya “Terjun Bebas” Kisah Sedih Eva, Calon Pengantin Yang Tertabrak Kereta Saat Mengantar Undangan Pernikahannya 16 Foto Ini Jadi Bukti Kalau Orang Indonesia Kreatifnya Bukan Main
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA