Inilah 5 Cara Kreatif yang Bisa Kamu Lakukan Agar Libur Kuliah Berbulan-bulan Ada Manfaatnya

oleh Adi Nugroho
07:00 AM on May 22, 2016

Habis gelap terbitlah terang. Habis UAS yang bikin gila dan sering begadang terbitlah liburan yang panjang. Setelah hidup selayak di neraka, akhirnya kamu bisa bebas menikmati hidup dan merasakan tidur yang benar-benar nyenyak. Tak ada lagi tidur sambil memikirkan tugas atau pacaran sambil bingung dengan revisian. Guys, masa mudamu tumbuh lagi!

Ok, stop dulu ya hura-huranya. Kali ini agak serius, nih! Liburan yang datang 2-3 bulan itu kamu ngapain saja? Cuma dihabiskan dengan tidur, traveling, dan makan-makan sampai gendut? Saat liburan enggak pengin gitu buat sesuatu yang lebih greget atau yang menghasilkan duit?

Baca Juga
Inilah Perbandingan Tunjangan Veteran Indonesia dan Luar Negeri Ibarat Langit dan Bumi
4 Aksi Greget yang Dilakukan Barisan Patah Hati di Pernikahan Mantan, Dijamin Bikin Geleng Kepala

Uhuk! Liburan memang penting, guys. Tapi memanfaatkan liburan dengan cara yang bijak, bahkan kreatif jauh lebih dianjurkan. Daripada seharian cuma tidur kayak mayat hidup apa enggak lebih baik melakukan hal-hal yang lebih kreatif? Nih, contek lima contohnya, deh!

1. Mengambil Pekerjaan Freelancer

Sebelum membahas lebih jauh lagi, izinkan kami mengajukan satu pertanyaan: kalau lulus kuliah mau ngapain, ya? Kerja! Ya, benar banget! Tapi, memangnya kerja cuma bisa dilakukan saat sudah lulus kuliah saja? Kalau belum lulus kuliah memangnya enggak boleh kerja? Boleh dong, ya! Banyak kok pekerjaan paruh waktu yang bertebaran di internet. Kamu bisa mengambilnya sesuai dengan kemampuan.

freelance [image source]
freelance [image source]
Misal nih kamu kuliah desain grafis. Coba cari pekerjaan paruh waktu yang berkaitan dengan desain. Kamu bisa mengambil pekerjaan seperti membuat desain brosur, produk, logo, dan sebagainya. Yang punya hobi menulis, silakan mencari pekerjaan seperti membuat artikel, membuat landing page, hingga menulis apa saja yang diminta klien. Kamu enggak perlu ngoyo, kerjakan semampumu sebagai jalan untuk mencari pengalaman dan uang jajan yang hilang saat liburan.

2. Membuat Start-Up Usaha

Kamu yang hobinya bikin hal-hal baru bin unik, kenapa enggak membuat start-up bisnis saja. Enggak perlu kok sampai mengeluarkan banyak modal. Lakukan sesuai kemampuanmu. Misal kamu bisa memasakan, cobalah membuat usaha baru di bidang kuliner. Kalau enggak punya tempat usaha bisa kok jualan secara online. Zaman sekarang sudah tak terhitung lagi bisnis makan dengan konsep ini.

buat startup [image source]
buat startup [image source]
Selain bisnis makanan, kamu juga bisa membuat bisnis distro kecil-kecilan dengan desain sesuai dengan permintaan klien. Hal-hal semacam ini bisa menjadi bisnis yang besar di kemudian hari asal dikerjakan secara tekun. Saat liburan liburan telah usai, kamu bisa melanjutkan start-up ini sembari belajar banyak hal.

3. Belajar Kemampuan Baru

Zaman sekarang, skill atau kemampuan adalah sesuatu yang sangat penting. Itulah mengapa saat liburan panjang yang kadang membosankan itu, kamu disarankan buat mempelajari hal baru. Misal kamu belajar tentang dasar fotografi karena kerap mengambil foto pemandangan atau selfie lalu mengunggahnya di IG. Pelajari segala hal perlahan-lahan agar kelak skill fotografimu bisa digunakan meski saat kuliah kamu mengambil jurusan Ekonomi.

fotografi [image source]
fotografi [image source]
Selanjutnya kamu bisa mempelajari kemampuan memasak karena lama di rumah. Minta ibu atau siapa saja mengajari kemampuan ini. Saat liburan usai, kamu akan bisa memasak meski sederhana hingga saat di kos akan lebih hemat. Terpenting lagi kemampuan ini bisa kamu kembangkan untuk bisa bertahan hidup dan mencari uang. Zaman sekarang, makanan apa saja bisa dijual asal enak.

4. Ikut Bergabung di Organisasi

Daripada cuma diam di rumah dan tidak menghasilkan apa-apa. Akan lebih baik kamu ikut dalam organisasi yang ada di kampus atau pun luar kampus. Dengan mengikuti organisasi ini, kamu akan lebih aktif dan memiliki relasi yang lebih luas. Selagi masih muda nih guys, lebih baik banyak-banyakin cari teman. Siapa tahu di kemudian hari mereka bisa membantumu dalam banyak hal.

NGO [image source]
NGO [image source]
Selain ikut organisasi di kampus. Kamu juga bisa menjadi relawan di beberapa LSM yang bergerak dalam bidang sosial. Misal kamu ikut mengajar anak-anak jalanan atau memberikan penyuluhan-penyuluhan di daerah yang terpencil. Mengikuti kegiatan ini akan membuatmu semakin banyak pengalaman yang tak mungkin didapatkan di bangku kuliah.

5. Memperdalam Bahasa Asing

Zaman sekarang, tidak memiliki kemampuan bahasa asing akan membuatmu stuck di tempat. Banyak perusahaan besar menuntut karyawannya bisa menguasai bahasa asing minimal Bahasa Inggris. Sekarang coba bayangkan saat kamu lulus dan tidak bisa Bahasa Inggris sama sekali. Adakah perusahaan yang akan menerimamu bekerja?

kursus bahasa asing [image source]
kursus bahasa asing [image source]
Daripada liburan cuma diam di kamar saja akan lebih baik kamu mengambil kursus intensif. Kalau lagi bokek dan enggak ada duit, bisa kok otodidak atau menggunakan aplikasi yang zaman sekarang sudah banyak jenisnya. Masalahnya kamu mau enggak menghabiskan liburan dengan belajar bahasa asing?

Inilah lima cara kreatif yang bisa kamu lakukan agar liburan kuliah yang berbulan-bulan itu ada gunanya. Zaman sekarang, anak kuliahan jangan cuma belajar materi kuliah saja. Coba mencari banyak pengalaman dengan bekerja dan membuat usaha sendiri. Dijamin, kamu enggak bakalan nyesel!

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA