5 Lembah Terindah di Indonesia Ini Akan Membuatmu Ngebet untuk Segera Mengunjunginya

oleh Adi Nugroho
07:05 AM on May 23, 2016

Barangkali keindahan dari lembah atau ngarai masih kalah jauh dengan pantai atau pun pegunungan yang sejuk. Padahal, lembah memiliki banyak sekali keunikan dari segi keragaman tumbuhan, hewan, hingga pemandangan yang memukau. Beruntungnya, Indonesia memiliki banyak sekali lembah yang bisa dikunjungi dan jelajahi.

Lembah-lembah yang menjorok di dataran Indonesia ini sebagian sudah dikembangkan menjadi objek wisata. Sebagian lagi dibiarkan alami untuk menghormati suku-suku lokal yang hidup di sana. Berikut ulasan selengkapnya tentang lembah terindah yang ada di Indonesia itu.

Baca Juga
Inilah 6 Bahaya Terselubung yang Jarang Disadari Para Pengguna Kuis Lucu di Facebook, Berhati-Hatilah!
Merasakan Sensasi Jaringan 4G Ngebut Ala Smartfren Lewat Serunya Acara #Amazingfren

1. Lembah Baliem

Lembah Baliem adalah kawasan dataran yang dikelilingi oleh pegunungan Jayawijaya. Kawasan lembah ini masih sangat alami sejak pertama kali ditemukan dahulu. Suku-suku lokal seperti Suku Dani yang mendiami kawasan ini terus menjaga Lembah Baliem agar terus alami dan tidak mengizinkan adanya modernisasi yang dianggap merusak alam secara menyeluruh.

Lembah Baliem [image source]
Lembah Baliem [image source]
Setiap tahun, Lembah Baliem mengadakan sebuah festival besar yang biasanya diadakan menjelang hari kemerdekaan Indonesia. Festival yang dijalankan 2-3 hari ini berisi perang antarsuku (bukan perang sungguhan). Perang ini dilakukan untuk melestarikan tradisi masa lalu dan juga mempererat tali persaudaraan antarsuku penghuni suku di lembah Baliem.

2. Lembah Bada

Lembah Bada adalah salah satu lembah degan keunikan yang tak bisa ditemukan di seluruh Indonesia bahkan dunia. Lembah ini terletak di kawasan Taman Nasional Lore Rindu di sulawesi Tengah. Berbeda dengan lembah lain yang menampilkan keindahan alamnya saja, Lembah Bada juga memberikan sajian lain berupa patung-patung Megalitikum yang mirip sekali dengan yang ada di Pulau Paskah.

Lembah Bada [image source]
Lembah Bada [image source]
Patung-patung megalitilum yang ada di kawasan ini berasal dari abad ke-14. Suku-suku lokal yang ada di kawasan ini dipercaya sebagai pembuatnya. Meski demikian, maksud dari pembuatan patung yang menyerupai manusia ini masih menjadi misteri yang sangat besar. Mengunjungi lembah Bada akan membuat Anda merasakan sensasi masuk ke alam sekaligus menikmati mahakarya masa lalu.

3. Lembah Anai

Sumatra Barat sepertinya tidak mau kalah dengan daerah lain untuk masalah wisata lembah. Salah satu yang terkenal adalah lembah Anai yang masuk dalam Kawasan Taman Nasional Lembah Anai. Berbeda dua lembah yang telah disebutkan di atas. Lembah Anai memiliki pesona lain berupa air terjun yang salah satunya memiliki tinggi hingga 35 meter dan terletak di jalan trans Sumatra yang padat.

Lembah Anai [image source]
Lembah Anai [image source]
Selain air terjun yang sebenarnya berjumlah tiga (dua di dalam hutan yang lebat). Kawasan ini juga memiliki jalur kereta api kuno. Setiap akhir pekan, masyarakat bisa menikmati sensasi melintasi jembatan sembari menikmati indahnya air terjun yang selalu mengalir deras sepanjang tahun.

4. Ngarai Sianok

Ngarai Sianok adalah sebuah lembah besar yang ada di kawasan Sumatra. Lembah ini merupakan patahan dengan dalam 100 meter. Cekungan besar yang membelah Sumatra ini memiliki panjang sekitar 15 meter dan lebar di 200 meter. Di tengah-tengah ngarai terdapat banyak sekali sawah dan sungai Sianok yang memiliki aliran sangat deras.

Ngarai Sianok [image source]
Ngarai Sianok [image source]
Ngarai Sianok banyak sekali dimanfaatkan sebagai objek wisata yang memiliki pemandangan indah. Saat Belanda melakukan kolonialisasi, lembah ini banyak disebut sebagai ngarai kerbau. Setiap hari ada ratusan kerbau dilepas di sawah oleh penduduk lokal. Saat ini keindahan dari Ngarai Sianok masih tersisa meski telah terkena modernisasi.

5. Lembah Harau

Lembah Harau yang terletak di Kabupaten Lima Puluh Kota, Sumatra Barat ini menyimpan keindahan yang tiada tara. Bahkan, lembah ini dijuluki sebagai lembah Yosemite ala Indonesia yang sangat memukau. Di kawasan ini, Anda akan menemukan banyak sekali hamparan sawah disertai dengan aliran-aliran sungai yang sangat memikat.

Lembah Harau [image source]
Lembah Harau [image source]
Kawasan lembah Harau juga memiliki air terjun dengan ketinggian 100 meter, nama air terjun itu adalah Bunta. Oh ya, kawasan ini juga memiliki 200 spot pendakian yang siap dijelajahi oleh mereka yang menyukai olahraga ekstrem. Saat ini Lembah Harau dikelola oleh 3 resort besar yang akan menambah keseruan eksplorasi Anda

Inilah lima lembah terindah di Indonesia yang layak Anda kunjungi saat ini juga. Sebagai alternatif wisata yang unik tak ada salahnya mengunjungi lembah-lembah yang indah ini.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
BERITA LAINNYA
BERITA PILIHAN
BERITA TERKAIT
BACA JUGA