7 Legenda Sinterklas dari Berbagai Belahan Dunia ini Pasti Belum Pernah Kamu Dengar

oleh Adi Nugroho
07:01 AM on Dec 25, 2015

Selain pohon yang dihiasi dengan lampu warna-warni, Natal kurang lengkap rasanya tanpa adanya kado dan Sinterklas. Makhluk yang berwujud kakek berbaju merah dan suka naik kereta terbang ini telah menjadi bagian dari Natal sejak lama. Anak-anak dari seluruh dunia bahkan selalu berharap agar didatangi Sinterklas dan mendapatkan hadiah yang banyak.

Anyway, legenda mengenai Sinterklas ternyata banyak sekali macamnya. Seperti tujuh legenda yang akan anda baca di bawah ini. Selama puluhan bahkan ratusan tahun, mereka telah menjelma menjadi sesuatu yang penting dan tak bisa dilepaskan dari Natal, sampai kapan pun!

Baca Juga
Ternyata Beberapa Negara Ini Benderanya Terinspirasi Dari Majapahit Loh, Mana Saja Tuh
Bikin Emosi! Rombongan Pemuda Indonesia Ini Malah Sengaja Membentangkan Bendera Secara Terbalik

1. The Yule Lads

Yule Lads adalah kelompok dari 13 orang yang memiliki tugas untuk ikut merayakan Natal. Berbeda dengan Sinterklas yang selalu memberi hadiah. Yule Lads kadang mencuri bahan makanan yang dimiliki seseorang dan memakannya sampai habis. Dalam beberapa cerita, mereka bahkan kerap membuat kekacauan dari rumah seseorang yang jahat.

The Yule Lads [image source]
The Yule Lads [image source]
Yule Lads tetap memberikan hadiah kepada anak-anak yang baik. Selain itu mereka akan menghukum anak yang nakal. Bahkan ada sebuah cerita yang mengatakan jika anak yang nakal akan dimangsa sendiri oleh Yule Lads. Well, seram sekali!

2. Tomte

Tomte adalah makhluk yang biasanya tinggal di hutan. Mereka suka keluar saat akan Natal untuk memberikan hadiah kepada anak-anak. Biasanya mereka sering mengamati manusia dari jauh. Menyelinap di antara ternak atau melihat dari luar jendela saat salju turun dan mulai menutupi tubuhnya yang sangat renta.

Tomte [image source]
Tomte [image source]
Sampai sekarang, Tomte masih dipercaya ada dan hidup di daerah Skandinavia. Orang-orang di Norwegia, Finlandia, dan Swedia masih percaya jika Tomte itu benar-benar nyata. Anak-anak suka menunggu mereka untuk menerima hadiah yang diinginkan.

3. Belsnickel

Belsnickel adalah sosok yang dianggap mirip dengan Sinterklas dan hidup di beberapa negara Eropa terutama komunitas-komunitas orang Belanda. Belsnickel digambarkan sebagai orang gunung yang memiliki tubuh tinggi besar. Selain itu mereka suka memakai topeng dan memiliki lidah yang sangat panjang.

Belsnickel [image source]
Belsnickel [image source]
Jika Sinterklas biasanya diasosiasikan dengan sesuatu yang baik. Belsnickel biasanya identik dengan sesuatu yang buruk. Mereka suka menakuti anak-anak yang dikenal sangat nakal. Meski demikian, di beberapa daerah seperti Jerman, Belsnickel diketahui sering memberikan hadiah kepada anak-anak.

4. Pere Noel

Pere Noel adalah seseorang yang digambarkan sesuai dengan Sinterklas. Meski demikian ia tak mengendarai rusa yang terbang dan menarik keretanya. Pere Noel mengendarai seekor keledai dan mengelilingi kota untuk memberikan hadiah kepada anak-anak yang baik

Pere Noel [image source]
Pere Noel [image source]
Pere Noel dahulunya adalah seorang manusia. Sayangnya ia meninggal akibat dibunuh bersama keluarga. Beruntunglah ia dihidupkan oleh seorang Santo bernama Patrick dan mengubahnya jadi seorang yang disukai oleh banyak anak.

5. Befana

Jika Sinterklas selalu digambarkan sebagai pria tua yang berjanggut. Befana justru seorang penyihir wanita tua yang mengendarai sapunya untuk pergi ke mana saja tempat anak-anak berada. Befana selalu membantu anak-anak yang kesepian dan menjaganya hingga orang tua si anak datang untuk melihatnya.

Befana [image source]
Befana [image source]
Befana selalu memberikan hadiah kepada anak-anak yang baik. Ia biasanya memberikan permen yang dimasukkan ke kaos kaki di dekat perapian. Dalam beberapa versi Befana juga kerap menghukum anak-anak yang nakal dan suka membangkang kepada orang tuanya.

6. Ded Moroz dan Snow Maiden

Ded Moroz dan Snow Maiden adalah sosok yang dipercayai oleh negara-negara Slavik seperti Rusia, Ukraina, hingga Polandia. Dalam mitologi yang dipercaya orang sana, Ded Moroz selalu memberikan hadiah kepada siapa saja anak-anak yang baik. Mereka datang saat Natal hingga tahun baru dari satu rumah ke rumah lainnya.

Ded Moroz dan Snow Maiden [image source]
Ded Moroz dan Snow Maiden [image source]
Des Moroz juga suka sekali menghukum anak-anak yang kedapatan nakal dan suka berbuat onar. Ia dan Snow Maiden akan membekukan anak itu hingga menangis kesakitan. Dez Moroz sebenarnya seorang penyihir besar yang sangat menyukai apa yang berhubungan dengan perayaan.

7. Christkind

Christkind memiliki wujud sama seperti cupid, hanya saja ia tak membawa panah. Christkind yang diartikan Christ Child ini suka sekali terbang ke mana-mana untuk memberikan hadiah kepada semua anak yang baik. Legenda ini telah populer di Italia dan Austria sejak tahun 1500-an silam.

Christkind [image source]
Christkind [image source]
Christkind jarang sekal muncul dihadapan manusia. Ia biasanya memberikan hadiah dengan kekuatan yang ia miliki. Semuanya akan muncul di bawa Pohon Natal atau di kamar anak-anak yang memang berhak mendapatkannya.

Tujuh legenda Sinterklas di atas mungkin agak berbeda dengan Sinterklas yang sudah mainstream di percaya banyak orang. Namun satu hal yang menjadi kesamaan mereka, yaitu suka memberi hadiah kepada anak yang baik.

Next
BERITA TERKAIT
BACA JUGA