in

Legenda 5 Nama Kota Paling Keren di Indonesia

4. Banyuwangi – Ada Kisah Mengharukan di Balik Nama Ini

Sejarah penamaan kota yang berada di ujung timur Pulau Jawa ini berasal dari legenda. Alkisah, ada seorang putra raja bernama Pangeran Banterang. Beliau adalah seorang putera mahkota yang adil dan bijaksana. Beliau gemar sekali berburu. Hingga pada suatu ketika beliau tersesat di tengah hutan saat mengejar seekor rusa.

Banyuwangi (c) devianart
Banyuwangi (c) devianart

Di tengah hutan ini kemudian beliau bertemu dengan seorang putri yang bernama Surati. Putri ini ternyata adalah putri dari Kerajaan Klungkung. Ayahnya Putri Surati meninggal saat berperang mempertahankan kerajaannya. Karena merasa kasihan, Pangeran Banterang memboyong Surati ke istananya dan mereka kemudian menikah.

Pada suatu hari, pada saat Puteri Surati sedang ditinggal berburu oleh suaminya, beliau didatangi oleh seorang pengemis, yang ternyata adalah Rupaksa, kakak kandung Surati. Rupaksa mengajak adiknya untuk membunuh Raden Banterang, sebab ternyata yang membunuh ayah mereka adalah Raden Banterang. Ajakan ini ditolak oleh Surati, hingga Rupaksa menjadi marah. Sebelum dia meninggalkan Surati, dia memberikan ikat kepalanya dan berpesan agar ikat kepala tersebut disimpan di bawah tempat tidur.

Sementara itu, dalam perburuannya, Pangeran Banterang didatangi oleh seorang pengemis. Kepada sang pangeran, pengemis tersebut mengatakan bahwa Puteri Surati sedang berencana membunuh Pangeran Banterang melalui perantaraan seseorang. Dan ikat kepala orang suruhan tersebut tersimpan di bawah tempat tidur sang putri.

mendengar penuturan pengemis tersebut, Raden Banterang segera kembali ke istana dan memeriksa tempat peraduan Puteri Surati. Demi melihat ikat kepala di bawah tempat tidur, Pangeran Banterang menjadi marah dan berniat membunuh Puteri Surati.

Saking marahnya sang pangeran, pembelaan Puteri Surati sama sekali tidak didengar. Puteri Surati kemudian bersumpah bahwa jika apa yang dikatakannya benar, maka air sungai di dekatnya akan berbau wangi. Sebaliknya, jika dia berbohong, maka air suangainya akan berbau busuk. Sebelum Pangeran Banterang menghunus pedang untuk membunuh Puteri Surati, sang Puteri mendahului meloncat ke dalam sungai. Dan benar saja, air sungai itu berubah menjadi berbau harum. Sejak saat itulah wilayah tersebut di beri nama Banyuwangi (banyu = air), yang artinya air yang wangi.

Written by Admin

Leave a Reply

Ketegangan Munas Golkar

Sempat Terjadi Ketegangan Dalam Munas Golkar

Indonesia Unggul Atas Laos

Indonesia Unggul Atas Laos Dengan Skor 5-1