in

Legenda 5 Nama Kota Paling Keren di Indonesia

2. Bekasi – Namanya Berasal Dari Bahasa Sansekerta Kuno

Kota yang berbatasan dengan Jakarta ini belakangan menjadi sangat terkenal akibat banyaknya meme yang beredar tentang kota ini. Namun tahukan anda, bahwa menurut sejarahnya, kata Bekasi memiliki arti yang indah?

Bekasi
Bekasi

Menurut sejarahnya, asal muasal kota Bekasi berawal pada saat pemerintahan Kerajaan Tarumanegara dipimpin oleh Raja Purnawarman. Pada saat pemerintahannya, beliau membangun saluran irigasi yang dikenal dengan Chandrabhga yang melewati wilayah Bekasi sekarang ini. Saluran irigasi ini sekarang berubah menjadi Kali Bekasi.

Menurut Poerbatjaraka, ahli bahasa Sansekerta dan Jawa Kuno kata Chandrabhaga berasal dari kata Chandra yang berarti “bulan” (atau sasi dalam bahasa Jawa Kuno) dan Bhaga berarti “bagian”. Jadi, secara etimologis kata Chandrabhaga berarti bagian dari bulan.

Kata Chandrabhaga berubah menjadi Bhagasasi karena dalam perkembangannya kata Chandra sering diganti dengan kata Sasi, dan penyebutannya sering dibalik, sehingga terbentuk kata Bhagasasi. Seiring waktu orang-orang banyak yang mengucapkan dengan singkat yang menjadi Bhagasi. Kata Bhagasi ini dalam bahasa Belanda seringkali ditulis “Bacassie” kemudian berubah menjadi Bekasi hingga kini.

Written by Admin

Leave a Reply

Ketegangan Munas Golkar

Sempat Terjadi Ketegangan Dalam Munas Golkar

Indonesia Unggul Atas Laos

Indonesia Unggul Atas Laos Dengan Skor 5-1