Legenda 5 Nama Kota Paling Keren di Indonesia

oleh Admin
09:15 AM on Dec 1, 2014

Pernahkah kita berpikir dari mana asal nama sebuah kota? Kenapa nama kota bisa sangat bervariasi dan seolah memiliki makna? Ternyata, Di balik nama-nama kota besar di negara kita, menyimpan sejumlah kisah, mulai sejarah, legenda, hingga kisah mistis.

Indonesia memang kaya akan legenda dan juga cerita rakyat. Salah satu yang paling terkenal adalah asal muasal nama kota. Berikut makna dibalik nama 5 kota pilihan di Indonesia:

Baca Juga
5 Fakta Gahar Pesawat Buatan Anak Bangsa N219 yang Bakal Bikin Negara Tetangga Iri
Deretan 10 Paskibraka Cantik Pembawa Bendera Pusaka Di Upacara Istana Kepresidenan yang juga Pantas Membawa Hatimu

1. Surabaya – Ada Dua Versi Berbeda Mengenai Asal Muasal Namanya

Nama ibu kota Provinsi Jawa Timur ini berasal dari 2 kata, yaitu Sura dan Baya. Menurut versi sejarah, Surabaya berarti selamat dari bahaya (sura = selamat, baya = bahaya). Pada saat itu wilayah Surabaya diserang oleh tentara Tar Tar (Mongol), namun pasukan pasukan Majapahit yang dipimpin oleh Raden Wijaya berhasil menumpasnya.

Surabaya
Surabaya

Menurut versi legenda, kata surabaya berarti hiu dan buaya. Konon, kedua makhluk yang bernama Sura (hiu) dan Baya (buaya) itu sama-sama digdaya dan selalu bermusuhan satu sama lain memperebutkan wilayah kekuasaan. Sehingga akhirnya keduanya merasa lelah bermusuhan dan memutuskan untuk berdamai. Akan tetapi perdamaian itu disertai dengan sebuah perjanjian yang isinya bahwa Sura akan menguasai wilayah perairan dan Baya akan menguasai wilayah daratan.

Akan tetapi kesepakatan itu tidak berjalan lama. Sura, sang hiu, berkali-kali mencari mangsa di sungai. Sampai suatu ketika, perbuatannya tersebut diketahui oleh Baya. marahlah Baya. Sura beralasan bahwa sungai adalah wilayah perairan sehingga dia tetap berhak mencari makan di situ. Sementara Baya berpendapat sebaliknya.

Karena kedua belah pihak sama-sama tidak mau mengalah, kembalilah terjadi perkelahian yang hebat. Pada awalnya, Baya sempat kalah dalam perkelahian tersebut, namun dengan sisa-sisa tenaga yang dimiliki, akhirnya dia berhasil menggigit ujung ekor Sura, yang membuat Sura melarikan diri ke dalam laut. Hal inilah mengapa tempat mereka bertempur itu sekarang bernama Surabaya. Sampai sekarang pun lambang kota Surabaya adalah berupa gambar ikan hiu dan buaya.

Selanjutnya : 2. Bekasi – Namanya Berasal Dari Bahasa Sansekerta Kuno

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
BERITA LAINNYA
BERITA PILIHAN
Seperti Ini Nasib Para Pemain Film Esek-Esek Setelah Pensiun, Dijamin Kaget Kamu Lihatnya 25 Foto Selfie Fail Abis yang Bikin Kamu Ketawa Ngakak Sampe Perut Mules 15 Potret Nona Berlian, Pemeran Ronaldowati yang Kini Cantiknya Tak Kalah dari Gadis Korea Tak Hanya Fenomena Gancet, Ternyata ‘Cupang’ Juga Bisa Membuat Orang Meninggal Kabar Terbaru Dicky Haryadi, Kontestan AFI 1 yang Dulu Pernah Bikin Para Cewek Meleleh 7 Fakta Tentang Dunia Esek-Esek Jepang yang Bakal Membuatmu Tercengang Ternyata Segini Gaji Pemain Film "Dewasa", Penderitaan Tidak Sebanding dengan Penghasilan Cantik dan Soleha, Putri Sulung Almarhum Uje ini Bikin Cowok Rela Ngantri Jadi Imamnya Wanita Ini Bikin Geger Gara-Gara Mengaku Sebagai Nabi Terakhir dan Punya Kitabnya Sendiri 8 Ilustrasi Kocak yang Membuktikan Dunia Berubah ke Arah yang Lebih Buruk, Setuju?
BERITA TERKAIT
BACA JUGA