Seperti ini Lho Latihan Gila 5 Pasukan Elit Paling Sangar di Dunia!

oleh Rizal
14:13 PM on Apr 7, 2016

Dalam sejarah kemiliteran, pasukan Sparta dikatakan sebagai unit ketentaraan paling maut di masanya. Meskipun jumlahnya tidak banyak, tapi kemampuan mereka sangat ditakuti. Bahkan ada anggapan yang mengatakan satu prajurit Sparta setara dengan puluhan pasukan biasa. Hal yang jadi pertanyaan, kenapa Sparta bisa segila itu? Hal tersebut tak lain lantaran rutinitas latihan gila mereka sehari-harinya.

Berabad-abad berlalu sejak musnahnya Sparta, dan apa yang dilakukan pasukan perang sangar itu pun ditiru oleh mayoritas negara di dunia. Ya, latihan berat yang menjadikan pasukan militernya menggila. Ini adalah kisah tentang para pasukan elit dunia yang konon memiliki menu latihan tak wajar bahkan bisa dibilang sudah tak rasional dan manusiawi. Namun, meskipun demikian, hal tersebut malah menjadikan para serdadu elit itu sangar dan punya nama di dunia.

Baca Juga
Inilah 4 Jasa Tak Terlupakan yang Dilakukan Malaysia Kepada Bumi Pertiwi
10 Atlet SEA Games 2017 Asal Indonesia Ini Nggak Cuma Bikin Bangga, tapi juga Cantik Jelita

Berikut adalah sedikit gambaran tentang bagaimana gilanya pasukan elit latihan. Konon, training ini bisa bikin tentara biasa kencing di celana. Simak ulasannya berikut.

1. Navy SEAL, Hell Week-nya Bikin Banyak Pasukan Langsung Resign

Alasan Amerika jadi pemilik militer paling tangguh di dunia bukan karena banyaknya alutsista canggih saja, tapi juga peran para pasukan elit mereka yang paling gila. Ya, Navy SEAL. Pasukan ini adalah orang-orang terbaik dan pilihan serta yang telah terbiasa dianiaya dalam berbagai latihan berat tak manusiawi.

Latihan Navy SEAL [Image Source]
Latihan Navy SEAL [Image Source]
Menu latihan Navy SEAL sendiri macam-macam. Namun yang paling parah adalah pekan latihan yang bernama Hell Week. Seperti namanya, latihan ini benar-benar seperti sedang disiksa di neraka. Para pasukan akan disuruh melakukan berbagai tantangan esktrem. Mulai memikul kayu berat lalu bertahan di dalam dinginnya air laut, sampai diberondong dengan peluru sungguhan. Dengan beratnya latihan, konon Hell Week sering membuat anggota Navy SEAL makin menciut. Ya, sebagian dari pasukan elit ini tidak tahan dan memilih keluar satuan.

2. SAS, Latihan Militernya Benar-Benar Tidak Manusiawi

SAS atau Special Air Service ini adalah salah satu pasukan elit paling mentereng di dunia. Kiprah pasukan elit Inggris ini sudah lama, bahkan pendahulu mereka telah berperang di Perang Dunia II. Menjadi anggota SAS adalah kebanggaan, tapi untuk masuk ke dalamnya sangatlah susah. Belum lagi menu latihan SAS yang konon adalah salah satu yang paling edan di dunia.

Latihan SAS [Image Source]
Latihan SAS [Image Source]
SAS terbiasa melakukan lari, tapi mereka melakukannya di perbukitan bernama Brecon Beacons yang track-nya tak karuan. Tak sekedar lari, di punggung mereka akan dipakaikan tas dengan berat sekitar 25 kilogram. Mereka harus lari sampai berkilo-kilo meter. Tak hanya itu di menu latihan SAS ada banyak praktik berbahaya misalnya demolisi, disiksa sebagai tawanan dan sebagainya. Sudah pernah ada yang mati dalam latihan SAS, banyak juga yang akhirnya tak tahan dan keluar.

3. Spetsnaz, Latihannya Pakai Darah Sungguhan

Pasukan elit satu ini punya pamor mentereng sebagai yang paling gila di dunia. Hal ini memang bukan isapan jempol belaka, apalagi melihat menu latihannya yang jadi bukti valid kalau Spetsnaz memang edan. Sebenarnya menu latihan mereka tak terlalu berat soal fisik, namun mental yang benar-benar ditekan.

Spetsnaz [Image Source]
Spetsnaz [Image Source]
Misalnya latihan memasuki ruangan gelap. Terdengar enteng tentu saja untuk sekelas pasukan elit. Tapi, ruangan gelapnya sendiri berbeda. Di dalamnya terdapat sebuah kolam yang tingginya bertingkat-tingkat. Disinari cahaya temaram, kolam ini terlihat sangat merah. Ya, ternyata ini adalah kolam darah betulan. Para anggota harus masuk ke sini dan merasakan berendam di dalam kolam darah. Jujur saja, tak semua tentara elit tahan dengan yang seperti ini. Tapi, para elit Spetsnaz sudah biasa melaluinya.

4. GIGN, Pasukan Elit Perancis yang Latihannya Super Gila

Perancis memang tak terlalu jemawa militernya. Tapi soal pasukan elit, negara ini adalah pemilik salah satu unit paling mematikan di dunia, GIGN namanya. Pasukan elit ini jumlahnya sangat terbatas mungkin hanya sekitar 200 orang saja. Mereka adalah yang terbaik dari yang paling oke. Soal latihan, GIGN juga mendapatkan menu yang sama sekali tidak menyenangkan.

Latihan GIGN [Image Source]
Latihan GIGN [Image Source]
Mereka adalah pasukan elit serba bisa. Makanya latihannya pun sangat bervariasi. Mulai dari terjun payung sambil menembaki target, berenang dengan kaki dan tangan diikat sejauh beberapa mil, sampai dengan lari sambil membawa perlengkapan penuh. Latihan seperti ini sangat susah untuk dilakukan. Namun hampir semua anggota GIGN bisa mengatasinya dengan cukup enteng. Gila!

5. Kopassus, Pasukan Elit Indonesia Dengan Latihan Dahsyat

Jangan hanya kagum dengan pasukan elit negara lain. Indonesia sendiri juga punya sederet pasukan pilihan yang secara kualitas tak jauh beda. Salah satunya adalah Kopassus. Nah, soal latihan sendiri, menu training Kopassus juga tak kalah gila dari deretan pasukan elit di atas. Kalau tentara biasa menjalani yang seperti ini, hampir pasti mereka akan resign.

Latihan Kopassus [Image Source]
Latihan Kopassus [Image Source]
Ada berbagai macam training yang harus dilakukan oleh anggota Kopassus. Mulai dari terjun dari helikopter lalu berenang dengan atribut lengkap, survival berminggu-minggu di hutan, sampai latihan diinterogasi dengan dihajar sungguhan. Yang lebih gila lagi, ada latihan di mana para Kopassus harus merayap sambil ditembaki dengan peluru betulan. Sangat gila pokoknya.

Inilah deretan pasukan elit dunia dengan latihannya yang gila. Sama sekali tak terbayangkan bagaimana menjalani latihan tersebut. Namun, pada akhirnya latihan-latihan seperti ini tetap dibutuhkan. Alasannya tentu saja agar mereka tetap terjaga kecakapannya serta siap diturunkan kapan pun.

Next
BERITA TERKAIT
BACA JUGA