Inilah Mereka yang Laris Manis di Pasaran Saat Ramadan

oleh Rahma Muliani
13:12 PM on Jun 29, 2015

Saat bulan Ramadan, banyak sekali bermunculan pedagang yang menjual camilan untuk berbuka puasa. Pada hari-hari biasa, memang sedikit sulit untuk menemukan pedagang yang menjual camilan-camilan tersebut. Karena barang-barang yang dijualnya itu, tidak jauh-jauh dari bahan-bahan makanan untuk berbuka puasa.

Para pedagang ini memang sangat memanfaatkan bulan yang penuh berkah ini. Bagaimana tidak, keuntungan yang mereka dapat bisa berkali-kali lipat dibanding saat ia berjualan pada hari-hari biasa. Waaah, pedagang apa saja sih? Berikut telah team Boombastis rangkum di bawah ini.

Baca Juga
Bukan Tanpa Tujuan, Ini Loh Alasan Kenapa Teh Itu Baiknya Dipetik di Pagi Hari
Mirisnya Tata Krama Murid Sekarang, Guru Mendidik Sepenuh Hati Malah Dibuat Candaan

1. Pedagang Kurma dan Kolang-Kaling

Salah satu makanan yang paling diminati saat bulan Ramadan adalah buah kurma. Selain karena sunnah nabi, rasa kurma yang manis dan lembut itu sangat pas untuk berbuka puasa. Pedagang yang menjual kurma bisa kita temui dimana saja, mulai dari pasar, toko-toko, warung ataupun pinggir jalan.

Banyak Dicari Di Bulan Ramadan
Banyak Dicari Di Bulan Ramadan [ImageSource]
Selain kurma, kolang-kaling juga tak kalah diminati oleh masyarakat. Camilan yang dibuat dari biji pohon aren yang dipipihkan ini, sangat cocok untuk campuran es buah. Hampir sama dengan kurma, kita dapat menemui pedagang ini dimana saja dengan mudah.

2. Pedagang Nata de Coco

Nata de Coco atau sari kelapa merupakan camilan hampir mirip dengan kolang-kaling, berwarna bening dan teksturnya kenyal. Makanan ini terbuat dari air kelapa yang difermentasikan. Rasanya unik dan sangat nikmat jika disantap dengan sirup atau dicampur dengan es buah.

Proses Pembuatan Sari Kelapa
Proses Pembuatan Sari Kelapa [ImageSource]
Nata de Coco ini bisa kita jumpai di supermarket atau di pasar-pasar. Banyak juga penjual takjil yang menjualnya, akan tetapi sudah dicampur dengan es buah atau minuman segar lainnya. Harganya sedikit mahal jika dibandingkan dengan kolang-kaling.

3. Pedagang Takjil

Setelah seharian menahan lapar dan haus, biasanya kita ingin mengakhirinya dengan yang segar-segar atau yang manis-manis. Makanan yang paling populer untuk berbuka puasa itu diantaranya kolak, es buah, bubur sumsum, cendol dan masih banyak lagi.

Takjil Banyak Dijual Di Pasar Ramadan
Takjil Banyak Dijual Di Pasar Ramadan [ImageSource]
Makanan-makanan untuk berbuka tadi akrab disebut “Takjil” bagi kebanyakan masyarakat. Pedagang ini biasanya akan menjajakan makanannya di pinggir jalan, mulai sore hari sekitar pukul 03.00 sampai adzan Maghrib berkumandang.

4. Pedagang Timun Suri Dan Blewah

Timun suri dan blewah juga termasuk buah yang paling dicari saat bulan Ramadan. Kedua buah ini, rasanya memang sangat pas jika dijadikan bahan untuk es buah. Rasanya manis dan tentunya sangat menyegarkan jika disantap saat berbuka puasa.

Timun Suri Banyak Dicari Saat Bulan Ramadan
Timun Suri Banyak Dicari Saat Bulan Ramadan [ImageSource]
Para pedagang yang berjualan timun suri dan buah, biasanya akan menjajakan barang dagangannya sesuai jam pasar. Tapi beberapa diantara mereka, ada juga yang berkeliling saat berjualan.  Untuk mendapakan rasa yang sempurna, jangan lupa pilih timun suri yang sudah sedikit pecah kulitnya yah.

5. Pedagang Es Kelapa

Meski hari-hari biasa kita sering melihat penjual es kelapa, namun saat bulan Ramadhan tiba pedagang ini begitu menjamur dimana-mana. Rasanya yang segar itu memang cocok sekali disantai untuk berbuka puasa. Apalagi jika ditambah sirup atau gula cair, kenikmatan itu pasti menjadi lebih sempurna.

Ada Disetiap Beberapa Meter Di Jalan
Ada Disetiap Beberapa Meter Di Jalan [ImageSource]
Pedagang ini bisa kita temui dengan mudah. Saking banyaknya, mungkin setiap 10 meter ada saja yang berjualan buah berbentuk bulat ini. Bahkan saat adzan Maghrib tiba pun, banyak pengguna jalan yang menepi untuk berbuka puasa dengan es kelapa yang sangat segar ini.

Sebenarnya, bukan pedagangnya yang muncul musiman, tetapi barang yang dijualnya itu yang musiman. Bahkan ada beberapa diantara pedagang itu datang dari masyarakat bukan pedagang, ibu rumah tangga contohnya. Saat Ramadan berakhir, mereka akan kembali beraktifitas seperti biasa.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
5 Artis Cilik Zaman Dulu yang Penampilannya Sekarang Bikin Kita Mangap Gak Percaya Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo 7 Wanita Tercantik di Jepang ini Bikin Dengkul Lemes Sempat Jadi Terkenal Secara Instan, Seperti Ini Nasib 4 Artis Dadakan yang Karirnya “Terjun Bebas” Orang-orang yang Dulunya Terkenal Ini Kini Nasibnya Berputar 180 Derajat Pria Menikahi Boneka yang Ceritanya Menuai Kontroversi, Ternyata Kenyataannya Bikin Nyesek Inilah 11 Status Kocak “Emak Zaman Now” di Medsos yang Bikin Minder Anak Muda Karena Kalah Eksis 15 Meme FTV Ini Bikin Kamu Nyadar, Bahwa Hidup Nggak Semanis Adegan Film di TV Bukan So Sweet, 10 Foto Prewedding Ini Malah Punya Konsep Kocak Abis, Pasti Ketawa Liatnya Kisah Sedih Eva, Calon Pengantin Yang Tertabrak Kereta Saat Mengantar Undangan Pernikahannya
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA