Ini Nih Sejarah Pertama Kali Ditemukannya Lampu Lalu Lintas

oleh Rizal
12:21 PM on Aug 5, 2015

“Apa cuma gue di sini yang tahu hari ini lampu lalu lintas ulang tahun”, meme ini mungkin akan bertebaran hari ini dan pasti membuat banyak orang bertanya-tanya. Yup, hari ini tanggal 5 Agustus memang adalah hari kelahiran lampu lalu lintas yang mungkin akrab di telinga dengan sebutan lampu merah. Instrumen jalan paling penting ini sudah berusia 101 tahun sekarang.

Tentunya orang-orang dulu tidak tiba-tiba menciptakan lampu lalu lintas dan memasangnya di perempatan. Ada rangkaian kejadian yang membuatnya berbentuk sekarang ini. Bagaimana kronologinya? Simak ulasannya berikut.

Baca Juga
Bukan Tanpa Tujuan, Ini Loh Alasan Kenapa Teh Itu Baiknya Dipetik di Pagi Hari
Mirisnya Tata Krama Murid Sekarang, Guru Mendidik Sepenuh Hati Malah Dibuat Candaan

1. Sejarah Awal Lampu Lalu Lintas

Lampu lalu lintas ini pertama kali ditemukan oleh pria berkebangsaan Inggris bernama Lester Farnsworth Wire. Ketika itu pada tahun 1869 Wire melihat bagaimana jalanan London mulai dipenuhi dengan mobil dan kereta kuda. Ia pun terinspirasi untuk membuat sebuah tanda yang bisa mengatur arus lalu lintas.

Potret lampu lalu lintas pertama [Image Source]
Potret lampu lalu lintas pertama [Image Source]
Pertama kali diciptakan lampu lalu lintas ini masih terdiri dari warna merah dan hijau. Meskipun kadang bikin bingung karena harus berhenti dan melaju seketika, kehadiran alat ini cukup membantu. Sayangnya, tak lama kemudian lampu lalu lintas pertama ini meledak dan melukai seorang polisi. Agar tidak terjadi hal-hal yang diinginkan kemudian langsung lampu lalu lintas ini pun diturunkan.

2. Hadirnya Warna Kuning dan Penyempurnaan Desain

Setelah kejadian nahas tersebut, pria berkebangsaan Amerika bernama Garrett Augustus Morgan berinisiatif menyempurnakan desain yang telah dibuat Wire. Tak hanya mengubah konstruksi tata letak lampunya, ia juga menambahkan sebuah lampu lagi yakni berwarna kuning. Tujuannya sendiri seperti yang kamu tahu adalah sebagai interval waktu kapan pengguna jalan harus melaju atau berhenti.

Penyempurnaan lampu lalu lintas ditambah dengan lampu kuning [Image Source]
Penyempurnaan lampu lalu lintas ditambah dengan lampu kuning [Image Source]
Tak hanya menghadirkan si lampu warna kuning dalam jajaran lampu lalu lintas, Morgan juga menyematkan tanda berhenti dan jalan agar pengguna jalan makin aware. Desain ini pun akhirnya disepakati sebagai standar dan akhirnya digunakan di seluruh dunia.

Kemudian pada tahun 1922, desain sempurna milik Morgan dkembangkan lagi oleh seorang opsir polisi bernama William Potts. Pria ini membuat lampu lalu lintas bisa dioperasikan secara otomatis dengan listrik.

3. Alasan Kenapa Harus Pilih Warna Merah, Kuning dan Hijau

Ketika kamu tengah berhenti di perempatan, pernah terpikir tidak kenapa lampu lalu lintas ini harus berwarna merah, kuning, dan hijau? Padahal ada warna biru yang indah atau juga putih yang bakal sangat terang ketika malam. Ternyata ada alasannya lho.

Ada maksudnya nih kenapa harus warna merah, kuning dan hijau [Image Source]
Ada maksudnya nih kenapa harus warna merah, kuning dan hijau [Image Source]
Warna merah lazim digunakan untuk menandakan bahaya, ancaman dan lain sebagainya. Aksennya yang terang dan berani membuat orang bisa lebih aware. Merah sendiri identik dengan darah, membuat orang-orang tidak langsung akan berpikir jika bakal terjadi sesuatu yang membahayakan jika melintasinya. Kalau dilihat dari sisi psikologis, merah artinya marah, jadi tak heran ketika di lampu merah kamu sering melihat banyak orang yang marah-marah. Apalagi jika yang paling depan pura-pura lupa kalau sudah lampu hijau.

Kuning adalah warna peralihan, konsep ini pas banget ketika diimplementasikan di lampu lalu lintas. Kuning bisa berarti hati-hati atau juga siap-siap. Kuning sendiri kalau dibedah adalah campuran dari merah dan hijau. Kalau tak percaya coba sendiri deh.

Hijau berarti silakan melaju atau bebas. Kalau dilihat dari sisi psikologisnya, hijau mengandung arti kebebasan. Buktinya kamu pasti akan merasa sedikit bahagia ketika si lampu merah berlalu dan muncul lampu hijau. Kenapa tidak diganti dengan biru yah yang lebih memberikan dampak relaxing?

4. Aturan Soal Urutan Lampu Lalu Lintas

Nah, kamu juga pasti pernah terbesit pertanyaan seperti kenapa urutan lampu lalu lintas harus merah, kuning, hijau? Padahal lebih bagus hijau, kuning, merah atau kombinasi yang lainnya. Hal ini juga ada alasannya lho. Para penemu di atas tidak sekedar iseng dengan meletakkan lampu merah di bagian atas dan hijau di urutan paling bawah.

Urutan warna lampu lalu lintas juga ada aturannya [Image Source]
Urutan warna lampu lalu lintas juga ada aturannya [Image Source]
Alasannya tidak lain adalah untuk membantu teman-teman kita yang menderita buta warna. Dengan posisi itu, mereka akan jauh lebih mudah melihatnya dari pada posisinya di balik. Hal tersebut juga dibantu dengan posisi lampu lalu lintas yang vertikal dan horizontal.

Entah bagaimana jadinya jika para penemu di atas lupa menciptakan lampu lalu lintas. Mungkin jalanan tidak akan setertib hari ini. Hari ulang tahun lampu lalu lintas apa yang harus dilakukan? Jangan berpikir untuk menghiasnya dengan ornamen-ornamen pesta ya. Rayakan dengan berkendara rapi dan taat aturan itu sudah cukup.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA