Lahar Merah Tersenyum di Hawaii, Yuk Tengok Pesonanya yang Magis

oleh Adi Nugroho
13:56 PM on Aug 3, 2016

Kalau di Indonesia, gunung meletus adalah sebuah bencana yang akan membuat orang mengungsi ke tempat yang jauh. Di Hawaii, gunung yang meletus justru diburu banyak orang yang ingin menyaksikan lava mewah meleleh dan berjalan puluhan kilometer hingga akhirnya sampai di pantai dan mengeras menjadi batu.

Puluhan fotografer, pencinta alam, hingga orang tua berbondong-bondong mendaki ke kawasan pegunungan untuk menyaksikan momen langka ini. Pada akhir Juli 2016, lava pijar dari Gunung Kilauea yang sangat banyak ini akhirnya sampai pantai sedangkan di mulut gunungnya sebuah gambar emote tersenyum nampak dari pengamatan aerial. Berikut uraian selengkapnya tentang lahar merah yang tersenyum dengan magis itu.

Baca Juga
Inilah 4 Fakta Meikarta, Kota Baru yang Katanya Bakal Menyaingi Ibukota
Inilah 4 Jasa Tak Terlupakan yang Dilakukan Malaysia Kepada Bumi Pertiwi

Gunung Paling Aktif di Dunia

Seperti halnya gunung di kawasan Hawaii yang lain, Gunung Kilauea juga dikenal sangat aktif dalam memuntahkan material panas ke permukaan bumi. Letusan terbaru dari gunung ini terjadi pada Mei 2016 dan terus berlanjut hingga sekarang di mana semakin banyak orang menyaksikan lelehan lava yang mengalir ke pantai dari jarak puluhan kilometer jauhnya.

jalur lava [image source]
jalur lava [image source]
Sejak 2013 silam, gunung yang mencakup 14% wilayah daratan utama Hawaii ini memang tidak meletus lagi. Jadi, ketik ada kenaikan aktivitas sejak Mei 2016 lalu, ribuan orang justru berbondong-bondong untuk menyaksikan keunikan ini dari dekat tanpa rasa takut sama sekali. Bahkan saking banyaknya orang yang ingin menyaksikan lava, pemerintah Hawaii sampai membentuk satuan pengamanan khusus.

Mengalir dan Tiba di Kawasan Lautan

Gunung Kilauea adalah salah satu gunung di dunia yang memiliki tipe shiled vulcano. Gunung dengan tipe ini akan mengeluarkan banyak sekali lava cair saat meletus. Semua material yang ada di perut bumi dikeluarkan dalam bentuk lava cair yang akhirnya meluap dan mengalir ke kawasan yang lebih rendah seperti area pemukiman atau pantai.

lelehan lava di pantai [image source]
lelehan lava di pantai [image source]
Selama kurun waktu beberapa tahun, Gunung Kilauea meletus dan mengalirkan jutaan meter kubik lava ke permukaan bumi. Sebagian besar dari lava itu membuat hutan jadi mati dan mengalir di kawasan pantai hingga membuat banyak sekali gundukan batu di sana. Pada tahun 2016 ini, lava yang mulai dikeluarkan pada Mei mulai tiba di pantai setelah melalui perjalanan sejauh 10 km sebelum akhirnya tiba di pantai.

Potensi Wisata yang Berbahaya tapi Menarik

Disadari atau pun tidak, Gunung Kilauea juga merupakan daya tarik tersendiri dari Hawaii yang dikenal dengan wisata pantai dan lautnya. Setiap ada kenaikan aktivitas dari gunung teraktif di dunia ini, ribuan orang rela terbang jauh-jauh menuju Hawaii hanya untuk menyaksikan sendiri keindahan dari lava yang mengalir dengan sangat deras ini.

wisata bahaya [image source]
wisata bahaya [image source]
Untuk itu, pemerintah Hawaii selalu mengusahakan bagaimana caranya agar semua orang masih bisa menikmati lava namun dalam kondisi yang aman. Akhirnya dibentuklah sebuah tim keamanan Keaka Hunter yang akan menjaga dan berpatroli di kawasan jalur lava sebelum akhirnya terjun sampai ke pantai.

Mulut Gunung yang Tersenyum Lebar

Alam memang selalu memiliki caranya sendiri untuk membuat manusia tertarik dan sadar akan kekuatan Sang pencipta. Pada saat Gunung Kilauea meletus beberapa saat lalu, mulut gunung yang mengeluarkan lava berjuta meter kubik itu menampilkan wajah tersenyum. Dari gambar udara terlihat ada dua titik kecil di atas yang menyerupai mata serta garis lengkung yang menyerupai bibir.

tersenyum [image source]
tersenyum [image source]
Munculnya wajah yang sangat menarik ini tentu menarik perhatian banyak sekali orang. Beberapa orang mengatakan bahwa lava merah nan panas di gunung ini tersenyum kepada yang melihatnya. Benar-benar fenomena alam yang unik hingga layak untuk diabadikan.

Demikianlah uraian singkat tentang Gunung Kilauea beserta letusannya yang unik dan senyuman indah yang tampak dari kubah lavanya. Oh ya, kalau Indonesia punya gunung seperti ini, kamu ingin melihat lavanya yang mengalir enggak?

Next
BERITA TERKAIT
BACA JUGA