Makna Tentang Hidup Bisa Kamu Dapatkan dari 5 Lagu Sheila on 7 ini

oleh Rizal
13:10 PM on Oct 23, 2015

Cara asyik untuk makin menikmati momen dalam hidup adalah mengiringinya dengan lagu. Apa pun itu, entah sedih atau bahagia, ketika kita juga bersenandung lagu favorit, rasanya bisa lebih tenang dan menyenangkan. Sheila on 7, musisi ngetop 90an ini punya banyak sekali lagu keren yang bisa menemanimu untuk saat apa pun.

Galau ditinggal kekasih, mengagumi seseorang, menyesal melewatkan seseorang, semuanya bisa kamu dapatkan di deretan lagu Duta CS. Tak hanya modal lirik keren, SO7 juga punya ciri khas musik yang tentunya sudah kamu hafal. Easy, ornamen musiknya simple tapi yahud, dan vokal Duta yang khas makin melengkapinya.

Baca Juga
Blunder! 9 Pejabat Ini Pernah Salah Ucap Ketika Sedang Menyampaikan Pidato Penting
Inilah Perbandingan Tunjangan Veteran Indonesia dan Luar Negeri Ibarat Langit dan Bumi

Dengan semua yang dimilikinya, tak mengherankan jika lagu-lagu SO7 dikenal juga dengan musik inspiratif yang mengajarkan pendengarnya tentang hidup. Nah, berikut ini beberapa lagu mereka yang akan membuatmu mengangguk setuju ketika mendengarkannya.

1. Pemuja Rahasia – Cerita Seorang Pengagum Rahasia

Sebagai seorang pria, mengagumi wanita mungkin sudah jadi hal yang lumrah terjadi. Nah, kamu pasti pernah merasakan bagaimana asyiknya mengagumi seseorang namun tidak berani mulai mendekatinya. Cukup dengan hanya melihatnya dari jauh, menggambar wajahnya saat senggang, atau mungkin sekedar lewat di depannya untuk melihat wajahnya yang bikin hati adem itu. Nah, ada sebuah lagu Sheila on 7 yang pas untuk menggambarkan perasaan tersebut. Yup, Pemuja Rahasia.

“Dan biarkan aku jadi pemujamu jangan pernah hiraukan perasaan hatiku. Tenanglah tenang pujaan hatinya sayang, aku takkan sampai hati bila menyentuhmu” begitu penggalan lirik Pemuja Rahasia yang memang sangat mewakili perasaan. Selain jadi pengiring lagu yang mantap ketika kita jadi secret admirer-nya seseorang, ada makna lain yang secara tersirat bisa kita dapatkan dari lagu ini.

Hal tersebut adalah tentang perasaan kagum yang murni tak berlandaskan nafsu. Tidak perlu sampai menggenggam tangannya, atau keinginan memeluk sang pujaan hati. Namun cukup dengan mengaguminya dari jauh sambil terus berharap jika kelak sang pujaan hati nantinya bakal berpaling ke si pengagum rahasianya. Asyik, ya?

2. Sekali Lagi – Patah Hati Namun Tetap Tangguh

Ada banyak sekali lagu yang berisikan lirik patah hati. Namun jarang sekali yang memasukkan nada motivasi di sana entah untuk kembali berjuang atau setidaknya berharap jika keadaannya bisa seperti dulu. Nah, ketika hati sedang berkecamuk lantaran patah hati, jangan dengarkan lagu-lagu menyayat hati yang bikin depresi. Sheila on 7 punya satu lagu yang pas untuk itu dan bisa bikin kamu kembali bangkit.

Berjudul Sekali Lagi, lagu ini bercerita tentang kisah pria patah hati yang sangat terkejut dengan apa yang dirasakannya. Namun pada bagian lain ia juga tegar menghadapi semua itu dan masih sanggup berharap jika keadaannya bakal jadi lebih baik.

“Jika hidup terus berputar, biarlah berputar. Akan ada harapan sekali lagi, seperti dulu.” Alih-alih mandi di shower gara-gara patah hati, mendengarkan lagu ini akan membuat hatimu kuat. Wajib masuk playlist!

3. Sahabat Sejati – Kisah Tentang Persahabatan yang Tanpa Pamrih

Wajib hukumnya jika lagu-lagu bertema persahabatan dikemas dengan lirik asyik dan representatif, serta tentu saja irama yang mantap untuk dinyanyikan. Kamu pasti sudah pernah mendengar salah satu lagu jadul Sheila on 7 berjudul Sahabat Sejati. Yup, lagu ini mengajarkan tentang persahabatan yang apa adanya dan anak muda banget. Pas memang untuk mengiringi hari-hari bersama sang sahabat.

Tak cuma tentang arti persahabatan, lagu ini juga menggambarkan enerjiknya masa muda yang gila. “Ku selalu membanggakanmu, kau pun selalu menyanjungku. Aku dan kamu darah abadi. Demi bermain bersama kita duakan segalanya, merdeka kita, kita merdeka.”  Tak cukup dengan itu, pada bagian yang lain lagu ini juga mengajarkan tentang nasib akhir persahabatan yang memang sebaiknya tak usah dipikirkan.

4. Terlalu Singkat – Lagu Penggoda yang Akan Membuatmu Tak Sendiri Lagi

Terlalu singkat, lagu ini sangat menipu di bagian judulnya. Namun ketika didengarkan baik-baik maka terkuak jika maknanya bukan tentang patah hati atau semacamnya. Justru lagu ini mendorong pendengarnya untuk cepat-cepat menyatakan cinta.

“Dan bisa aku katakan jadi kekasihku akan membuat kau jauh lebih hebat,” begitu salah satu penggalan liriknya. Belum lagi di bagian pembuka yang bernada menggoda namun tidak murahan. “Untaian rasa yang ku selipkan, semoga mampu tuk meluluhkan, hati pemiliki senyum itu.” Lagu ini pun ditutup dengan manis lewat kata-kata, “Hidup terlalu singkat, untuk kamu lewatkan tanpa mencoba cintaku.” Wih, pakai lagu ini untuk melamar atau menyatakan cinta 99 persen mungkin kamu akan diterima.

5. Yang Terlewatkan – Ketika Penyesalan Sudah Terlanjur Terjadi dan Menerimanya

Ada kalanya bukan kita yang patah hati, namun justu sebaliknya. Tapi, sering pula ketika hal ini terjadi, kita menyesal karena telah melakukan hal tersebut. Ketika ingin kembali, semuanya sudah terlambat karena dia yang pernah kita lewatkan sudah bersama orang lain. Kisah ini memang alay dan sinetron sekali, namun tak jarang hal ini dialami oleh banyak orang.

Lagu Sheila on 7 berjudul Yang Terlewatkan ini pun menggambarkan hal tersebut dengan sempurna. Namun bukan melulu dari sisi penyesalannya, namun juga ketegaran. Salah satu liriknya dengan tegas berbunyi, “Kesalahanku melewatkanmu, hingga kau kini dengan yang lain, maafkan aku.”

Lalu bagian penyesalannya disampaikan di akhir dengan sangat keren, “Jika berulang kembali, kau tak akan terlewati. Segenap hati ku cari, dimana kau berada.” Lagu ini memang sedikit mengandung patah hati, namun swing-nya yang enak serta didukung liriknya yang syahdu membuat si pendengar gagal galau. Selesai mendengarkan lagu malah kita dibikin senyum dan berjanji tidak akan melakukan kesalahan yang sama di masa depan.

Sheila on 7, band satu ini memang jawara. Eksistensinya di belantika musik Indonesia sudah satu dekade, namun hingga detik ini tak ada satu pun kandidat yang bisa menggeser namanya di hati para pendengar musik dalam negeri. Tak hanya 5 lagu ini, hampir semua lagu SO7 mengandung makna yang dalam dengan kondisi yang berbeda-beda. Album terbarunya berjudul Musim yang Baik, juga makin menguatkan mereka menjadi band legend yang karyanya luar biasa.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA