Selamatkan Jiwamu dari 4 Lagu yang Diduga untuk Menyembah Setan ini

oleh Rizal
12:00 PM on Oct 10, 2015

Sudah menjadi hal yang lazim jika ranah hiburan itu penuh dengan intrik dan muslihat. Bukan hanya tentang bagaimana menuju puncak, namun juga cara mengemas suatu karya agar bisa lebih diterima banyak orang. Bagi para musisi, hal tersebut adalah prioritas. Pasalnya, bagaimana lagu-lagunya bisa diterima jika tidak memberikan sesuatu yang lain.

Nah, berbicara soal kemasan musik, tidak semua ternyata memberikan kebaikan. Misalnya dengan lagu bertempo cepat yang bikin semangat dan memiliki lirik yang bagus. Ada pula yang sangat berlainan dari itu bahkan sudah menjurus ke arah kesesatan dengan bersinggungan kepada setan. Ketika dipertanyakan, dalihnya adalah seni yang sifatnya universal dan tidak bisa dikekang.

Baca Juga
Blunder! 9 Pejabat Ini Pernah Salah Ucap Ketika Sedang Menyampaikan Pidato Penting
Inilah Perbandingan Tunjangan Veteran Indonesia dan Luar Negeri Ibarat Langit dan Bumi

Ada beberapa lagu yang ‘diduga’ digunakan untuk menyembah setan dan sebaiknya mulai kamu tinggalkan. Bisa berbahaya jika liriknya sudah terlanjur masuk di otak dan membuat kita jadi berpikiran sesat pula. Berikut daftar lagu yang dimaksud.

1. Las Ketchup – Asereje

Kembali ke tahun 2000an dimana marak sekali beredar VCD bajakan di pinggir jalan yang semua pedagangnya seragam menjual lagu Asereje yang dinyanyikan Las Ketchup. Lagu ini begitu fenomenal, sampai-sampai dulu tidak ada bocah kecil yang tidak hafal refrain-nya meskipun bahasanya acak adut seperti lirik aslinya. Nah, tentang lagu ini, sempat beredar rumor jika Asereje sejatinya adalah lagu yang digunakan untuk memuja setan. Apakah benar begitu?

Lagu ini jadi kontroversi lantaran disinyalir kuat mengandung pesan ajakan kepada setan [Image Source]
Lagu ini jadi kontroversi lantaran disinyalir kuat mengandung pesan ajakan kepada setan [Image Source]
Banyak kontroversi sebenarnya, namun yang paling heboh adalah reff-nya yang berbunyi seperti ini, “aserejè ja de jè de jebe tu de jebere seibiunouva, majavi an de bugui an de buididipi”. Konon, kalimat ini belum bisa diartikan hingga sekarang. Namun jika dipenggal ritmenya sesuai bahasa Spanyol, artinya lumayan bikin dahi naik ke atas. Artinya sendiri dalam bahasa Indonesia adalah ajakan untuk meninggalkan agama.

Kalau dilihat dari cerita keseluruhan yang dituangkan di liriknya, Asereje bercerita tentang pemuda bernama Diego yang jago berdansa dan memikat hati para wanita. Diego di lagu ini sendiri sering dikaitkan dengan Lucifer yang konon juga tampan dan jago menggaet hati para wanita. Disinggung pula tentang Friday Night di bagian awal lagu yang dikaitkan lagi dengan “Friday the 13 th” yang merupakan hari berpestanya para pemuja setan. Percaya tak percaya, namun kalau ragu mending mulai ditinggalkan.

2. Led Zappelin – Stairway to Heaven

Penggemar musik manca jadul sudah barang pasti menyukai lagu Led Zappelin berjudul Stairway to Heaven. Lagunya memang enak dan liriknya juga normal meskipun penuh dengan kiasan. Paling unik tentu adalah judulnya yang seolah membawa pendengarnya untuk menuju tempat yang lebih baik. Jadi, dimana keanehannya?

Coba putar lagu ini secara terbalik dan silahkan menyimpulkan apa yang kamu dengar [mage Source]
Coba putar lagu ini secara terbalik dan silahkan menyimpulkan apa yang kamu dengar [mage Source]
Sekarang, coba kamu dengarkan lagu tersebut secara terbalik atau reverse. Maka lirik yang puitis itu akan menjadi sesuatu yang menyeramkan. Salah satu penggalan liriknya seperti ini.

if there’s a bustle in your hedgerow

don’t be alarmed now

Lalu jika diputar terbalik, maka hasilnya berubah drastis seperti ini.

oh here’s to my sweet Satan

the one whose little paths would make me sad

Ada begitu banyak versi terbalik lagu ini yang bisa kamu dengarkan di internet, dan pastinya salah satu penggalan lirik lagunya akan kurang lebih sama seperti di atas. Lagu ini sudah dibahas berkali-kali, dengan hasil akhirnya yang menyatakan jika lagu ini memang berbahaya. Led Zeppelin sendiri membantah hal tersebut dan mengatakan, mereka tidak punya waktu untuk memikirkan hal-hal konyol seperti itu.

3. SHINee – Lucifer

Yup, penggemar K-Pop pasti sudah betul tentang lagu ini. Beat-nya asyik, iramanya juga cozy walaupun lagu ini adalah menceritakan tentang sosok Lucifer. Nah, kamu tentu sudah pernah mendengar nama ini, kan? Lucifer adalah sosok yang ganteng sempurna, pemikat dan sebagainya. Namun ia adalah representasi atau disebut juga jelmaan setan.

Boyband Korea ini malah secara terang-terangan memuja sosok Lucifer yang identik dengan setan [Image Source]
Boyband Korea ini malah secara terang-terangan memuja sosok Lucifer yang identik dengan setan [Image Source]
Lagu Lucifer ini secara terang-terangan mengemukakan kekaguman akan sosok tersebut. Lirik versi bahasa Indonesianya seperti ini. “Mantra tak terbantahkan itulah Lucifer. Sihir tak terbantahkan itulah Lucifer.” Sayangnya, berhubung sudah addict alias ngefans banget, akhirnya para penggemar SHINee tak mengindahkan hal ini. Padahal aslinya sangat berbahaya jika terus menerus didengarkan.

Tak cukup dengan itu, bahkan gerakan dancing-nya sendiri konon sering menunjukkan gerakan-gerakan yang khas dengan iluminati. Daripada meresahkan, tak ada salahnya ditinggalkan.

4. Rihanna – Umbrella

Entah kenapa rasanya asyik sekali ketika mendengarkan lagu ini, baik versi aslinya atau yang dinyanyikan ulang dengan berbagai versi. Terutama bagian refrain-nya yang berbunyi “Ela ela e e” itu. Nah, lagu ini sudah jadi kontroversi sejak populer dulu. Katanya hampir semua isinya adalah pemujaan terhadap setan, walaupun tentu saja dikemas secara tersirat.

Selain lirik dan video klipnya yang kontroversi, diduga gara-gara lagu ini Inggris jadi kena badai [Image Source]
Selain lirik dan video klipnya yang kontroversi, diduga gara-gara lagu ini Inggris jadi kena badai [Image Source]
Beberapa kata dalam liriknya memang sangat kontroversial, mulai dari Rocafella yang merupakan keluarga dengan latar belakang iluminati level atas, sampai took an oath yang berarti sumpah setia. Selain lirik serta video klipnya yang juga tak kalah bikin kontroversi, lagu ini juga katanya membawa musibah.

Diceritakan jika ketika lagu ini berada di Top Chart di beberapa negara. Tak lama kemudian turun badai dahsyat, terutama di Inggris ketika itu. Namun ketika lagu ini ‘dipaksakan’  turun peringkat, ternyata badai pun reda. Tak cuma Inggris, beberapa negara juga mengalami hal yang sama. Alhasil, lagu ini juga diduga kuat sekali unsur magisnya.

Sudah tahu makna sebenarnya tentang lagu-lagu yang diduga pemuja setan ini, sekarang terserah bagaimana menyikapinya. Entah meninggalkannya, atau tetap mendengarkannya dengan berdalih apresiasi terhadap seni. Sekedar informasi, sebuah pesan tersirat konon mudah sekali untuk masuk ke dalam pikiran ketika dikemas lewat lagu. Nah, sekarang bayangkan jika lagu-lagu yang diduga jadi persembahan kepada setan ini terus menerus didengarkan.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA