Keren! 6 Lagu Indonesia Ini Dinyanyikan Oleh Musisi Dunia

oleh Tetalogi
13:28 PM on Mar 30, 2016

Sebagian orang mengira bahwa musik Indonesia hanya dinikmati oleh masyarakat kita sendiri. Hal ini terjadi karena pandangan untuk bisa mencapai tingkat internasional adalah hal yang begitu sulit dilakukan dan memiliki banyak tantangan besar.

Meski menjadi musisi yang bisa dikenal di berbagai negara memang butuh perjuangan keras, bukan berarti lagu Indonesia mandeg berada di negara kita. Nyatanya, beberapa lagu Indonesia juga dikenal sampai ke negara lain dan bahkan dinyanyikan ulang oleh mereka meski beberapa diantaranya mengalami perubahan pada judul lagu atau lirik. Tapi begitu mendengar nada yang dialunkan, kita akan langsung tahu lagu tersebut berasal dari Indonesia.

Baca Juga
Potret Menteri Imam Hibur Para Atlet yang Dicurangi di SEA Games 2017 Malaysia Bikin Netizen Terharu dan Bangga
Bukan Metropolitan, Justru Inilah 5 Kota Paling Kaya yang Ada Di Indonesia

1. Sephia – Sheila On 7

Lagu berjudul ‘Sephia’ ini pernah mendapatkan penghargaan Anugerah Musik Indonesia tahun 2001 dalam kategori Lagu Terbaik Kategori Pop Progressive dan Lagu Terbaik Kategori Best of The Best. Dengan prestasi yang membanggakan tersebut, tidak heran jika lagu ini terdengar hingga ke mancanegara.

Lagu ini dinyanyikan oleh musisi terkenal asal Taiwan, Qi Qin. Meski begitu, lagu ciptaan Eros ini dinyanyikan ulang dalam bahasa Taiwan dan dengan judul ‘Sophia’.

2. Cari Jodoh – Wali

Lagu yang dipopulerkan oleh Wali ini ternyata pernah dilantunkan ulang oleh penyanyi pop asal Malta, Fabrizio Faniello. Ia mengubah judul lagu tersebut menjadi I No I Can Do namun nada-nada yang dinyanyikan masih terdengar sama dengan lagu aslinya.

Sebelumnya, sempat bereda rumor bahwa penyanyi yang mewakili negaranya dalam Eurovision Song Contest 2010 tersebut menjiplak lagu Wali. Namun ia membantah hal tersebut dan mengatakan bahwa semua royalti tetap milik Wali. Fabrizio hanya mengubah liriknya agar sesuai dengan lagu Wali tapi tetap bisa dibawakan olehnya. Selain ‘Cari Jodoh’, Fabrizio ternyata juga tertarik dengan lagu Wali yang lain yaitu ‘Baik-Baik Sayang’.

3. Tak Bisakah dan Di Belakangku – Peterpan

Lagu-lagu Peterpen juga ternyata sampai ke telinga masyarakat India. Lagu berjudul ‘Tak Bisakah’ dan Di Belakangku’ ini menjadi soundtrack untuk film Alexandria yang diproduksi tahun 2005.

Di India, dua lagu tersebut ternyata juga dijadikan soundtrack film. Namun, tentu saja judul dan liriknya diubah untuk disesuaikan dengan pasar India. ‘Tak Bisakah’ menjadi Kya Mujhe Pyaar Hai, sementara ‘Di Belakangku’ menjadi Aao Milo Chale.

4. Hingga Akhir Waktu – Nine Ball

Grup band Nine Ball juga berhasil membuat penyanyi luar negeri tertarik dengan lagunya. Lagu andalannya yang berjudul ‘Hingga Akhir Waktu’ tersebut dipopulerkan kembali oleh penyanyi asal Filipina, Christian Bautista.

Penyanyi tersebut mengubah judulnya menjadi ‘Till The End of Time’. Liriknya juga diubah ke dalam bahasa Inggris sehingga bisa dinikmati oleh pendengar dari berbagai negara lain.

5. Sempurna – Andra and The Backbone

Lagu Andra & The Backbone yang berjudul ‘Sempurna’ mendapatkan tempat tersendiri di hati para penggemarnya. Dengan lirik yang manis dan musik yang sederhana, lagu ini ternyata berhasil meraih kepopulerannya. Gita Gutawa kemudian sempat menyanyikan kembali lagu ini dengan aransemen yang berbeda.

Ketenaran lagu ini ternyata juga sampai ke telingan musisi Tionghoa-Malaysia, Nicholas Teo. Penyanyi yang berbasis di Taiwan tersebut menyanyikan ulang lagu ini dalam bahasa Taiwan dengan judul yang tetap sama, ‘Sempurna’. Lagu tersebut ikut masuk dalam albumnya yang berjudul The Moment of Silence.

6. Bengawan Solo – Gesang

Lagu keroncong mungkin memang tidak terlalu populer di lingkungan muda-mudi masyarakat Indonesia sendiri. Tapi jangan salah, lagu ‘Bengawan Solo’ ciptaan Gesang malang berhasil melanglang buana hingga ke mancanegera.

Lagu yang menceritakan aliran sungai Bengawan Solo ini pernah dinyanyikan beberapa kali oleh musisi luar negeri di Asia. Ada penyanyi luar negeri yang menyanyikan versi originalnya, versi bahasa Inggris, bahasa Mandarin, bahasa Jepang, hingga bahasa Belanda.

7. Nina Bobo

Orang Indonesia mana sih yang tidak kenal dengan lagu ‘Nina Bobo’? Sejak kecil kebanyakan orang pasti sudah terbiasa mendengarkan lagu ini yang sering digunakan sebagai pengantar tidur.

Lagu ini ternyata beberapa kali juga dinyanyikan oleh para penyanyi asing. Uniknya lagi, lagu ini dinyanyikan dengan cara orkestra dengan lirik aslinya.

Itulah tadi beberapa lagu yang ternyata sampai juga di pasar luar negeri. Artinya, beberapa lagu dari Indonesia sebenarnya cukup berkualitas dan juga diminati oleh musisi lain. Jadi, jangan terburu-buru menghakimi musik Indonesia dengan menganggapnya tidak berkualitas, mungkin kamu belum menemukan lagu yang benar-benar tepat untukmu.

Next
BERITA TERKAIT
BACA JUGA