in

5 Lagu Musisi dalam Negeri yang Diremake Bahasa Mandarin Ini Bukti Penyanyi Indonesia Populer di Taiwan

Lagu Indonesia, ternyata tidak hanya tenar di dalam negeri, pasalnya banyak juga orang luar yang doyan mendengarnya. Misalnya saja lagu “Cari Jodoh” milik Wali dulu yang sampai diterjemahkan dalam banyak bahasa. Dan kalau ditanya negara mana yang paling doyan lagu Indonesia, jawabannya ternyata cukup mengejutkan. Ya, Taiwan rupanya yang menggemari lagu-lagu kita dibanding masyarakat dari negara lain.

Mungkin hal ini agak susah untuk dipercaya, namun ada bukti nyatanya. Ya, buktinya tak lain adalah beberapa lagu hits kita yang diaransemen ulang versi mereka. Uniknya, lagu yang mereka gubah tetap mempertahankan bagian-bagian asli dan hanya berubah sedikit sekali. Lalu lagu-lagu Indonesia mana yang sangat laris di sana? Simak ulasannya berikut.

Andra and The Back bone

Siapa sangka kalau salah satu lagu andalan dari band ini ternyata melejit di Taiwan hingga Korea. Memang sih di Indonesia sendiri lagu Sempurna milik band ini sudah sangat populer bahkan hingga saat ini. Itu pula sebabnya lagu sempurna Andra the Backbone akhirnya dibuat versi dengan bahasa Mandarinnya oleh salah satu label rekaman. Meskipun akhirnya lagu ini dinyanyikan oleh artis lain, namun jelas sudah meminta izin dari label Andra and the Backbone. Jadi mulai sekarang jangan kaget kalau banyak orang Taiwan yang hafal dengan lagu Sempurna.

Sheila On Seven

https://www.youtube.com/watch?v=i72x324B-6c

Band legendaris Indonesia ini ternyata salah satu lagunya juga melejit di luar negeri, salah satunya di Taiwan. Ya, seperti Andra and The Backbone, produser Taiwan mengaku kepincut dengan lagu berjudul Sephia. Akhirnya lagu tersebu dibuat dalam versi Mandarinnya untuk dinyanyikan oleh salah satu penyanyi terkemuka di sana. Akhirnya lagu “Shopia”, Shepia versi mandarin, selalu menghiasi acara MTV yang ada di Taiwan setiap harinya. Uniknya, nama Eros Chandra sang aransemen lagu ini, namanya tidak diubah sama sekali oleh pihak Taiwan bahkan hingga saat ini.

Samsons

Grup band ini pernah menggebrak belantika musik di tanah air dengan lagu-lagu romantisnya. Yang paling sering diingat adalah lagu “Kenangan Terindah” yang bahkan sampai saat ini tidak bisa lepas dari ingatan orang Indonesia. Kita ingat waktu itu, hampir semua orang bahkan sampai hafal seluruh lirik lagu kenangan terindah. Namun siapa sangka kalau ternyata yang doyan mendengar lagu tersebut bukanlah orang Indonesia saja. Pasalnya perusahaan musik Taiwan ternyata juga melirik lagu tersebut. Akhirnya grup band Four Season didaulat untuk menyanyikan lagu tersebut dalam versi mandarinnya. Ternyata di sana, lagu Kenangan Terindah itu  juga banyak diterima oleh masyarakatnya.

Project Pop

Lain lagi dengan grup band ini, sering terkenal selalu mengeluarkan lirik kocak dan musik yang unik, ternyata lagu mereka juga dilirik oleh Taiwan. Uniknya lagu yang dilirik oleh Taiwan ini adalah “Dangdut is Music of My Country”. Perusahaan musik Taiwan ini ternyata tertarik dengan musik unik yang ada dalam lagu itu. Karena dibuat versi Taiwan, jelas makna lagu yang ada 100% diremake oleh perusahaan musik Taiwan. Tidak apa-apa, paling  tidak rasa dangdutnya masih terasa di lagu tersebut.

Irwansyah dan Acha Septriasa

Dibuat untuk soundtrack, ternyata lagu ini lebih populer ketimbang filmnya. Akhirnya lagu berjudul “My Heart” karangan Melly Goeslaw itu menjadi sangat populer waktu itu. Lagu yang dinyanyikan oleh Irwansyah dan Acha Septriasa itu sudah banyak memenangkan banyak penghargaan waktu itu. Jadi wajar salah satu label Taiwan jadi kepincut dengan lagu tersebut. Akhirnya seorang penyanyi China yang menetap di Malaysia menyanyikan My Heart dengan versi Mandarinnya.

Para musisi di atas membuktikan kalau ternyata kualitas musik di Indonesia ternyata tidak kalah dengan di luar negeri. Bahkan saking doyannya dengan musik Indonesia, sampai-sampai diremake ulang seperti itu. Kita mesti bangga dong sebagai orang Indonesia. Semoga musik dalam negeri tetap berjaya.

Written by Arief

Seng penting yakin.....

Leave a Reply

Bukan Hanya di Indonesia, Ternyata di 5 Negara Ini Juga Menggunakan Bahasa Jawa Loh

Mulai dari Penulis Sampai Instruktur Senam, Inilah Kabar Kehidupan Jessica Kumala Wongso Saat di Penjara