5 Lagu Kebangsaan Ini Enak Didengar Tapi Liriknya Bikin Merinding

oleh Rizal
18:48 PM on May 3, 2016

Lagu kebangsaan umumnya berisi lirik-lirik spirit penuh perjuangan atau hal-hal yang membanggakan. Misalnya saja lagu kemerdekaan kita Indonesia Raya yang berisi harapan dan kebanggaan. Misalnya pada lirik “Hiduplah tanahku, Hiduplah negeriku, Bangsaku, Rakyatku, semuanya”. Ya, rata-rata seperti inilah lagu kemerdekaan di semua negara. Isinya selalu hal-hal bagus.

Nah, meskipun harusnya lagu kebangsaan berisi sesuatu yang bagus, tapi nyatanya tidak semua seperti itu. Ada beberapa negara yang punya lagu kebangsaan super ngeri liriknya. Memang secara keseluruhan lagunya menceritakan kemenangan atau pun kebanggaan, tapi ada satu penggalan liriknya yang kalau diartikan sangat seram.

Baca Juga
4 Fakta Mengenai Sindrom Kleine-Levin, Kelainan yang Bikin Pengidapnya Jadi Tidur Berbulan-Bulan
Jualan Pisang Goreng Hingga Tidur di ‘Bilik Asmara,’ Inilah 5 Hal Unik yang Dialami Pengungsi Gunung Agung

Lalu, lagu kebangsaan mana saja yang seperti ini? Simak ulasannya berikut.

1. Aljazair, Lagu Kebangsaannya Penuh Kekerasan

Negara Afrika satu ini sudah lama dijajah oleh Perancis. Sama seperti Indonesia, mereka mengusahakan perjuangan untuk merdeka. Hingga akhirnya bisa mendapatkan itu di tahun 1954. Nah, sebagai negara yang merdeka, mereka harus punya national anthem alias lagu kebangsaan. Kemudian terciptalah Qassaman.

Masyarakat Aljazair [Image Source]
Masyarakat Aljazair [Image Source]
Qassaman yang berarti Kami Berikrar ini secara keseluruhan bagus. Namun, ada penggalan liriknya yang sangar dan ngeri. Misalnya, “Ketika kami bicara, tak seorang pun mendengarkan. Jadi, kami ambil suara mesiu sebagai rhythm kami, dan senapan mesin sebagai melodi kami” secara tersirat lagu ini menceritakan kekerasan, bahwa orang Aljazair mending pilih menembak daripada bicara.

2. Hungaria, Lagu Kebangsaan yang Tak Patut Dinyanyikan

Lagu kebangsaan biasanya mengekspresikan tentang banyak hal. Misalnya menentang penjajahan, kebebasan, semangat kebangsaan dan lain sebagainya. Namun, Hungaria tidak memiliki yang semacam ini. Lirik lagu kebangsaan mereka benar-benar tidak merepresentasikan apa pun.

Bendera Hungaria [Image Source]
Bendera Hungaria [Image Source]
“… dari tumpahan darah orang mati, dan air mata budak yang terbakar, mata anak yatim yang ditumpahkan” beginilah salah satu penggalan lirik lagu kebangsaan mereka. Pasti agak aneh ketika menyanyikan lagu ini, pasalnya secara esensi benar-benar ngeri.

3. Lagu Kebangsaan Turki Berisi Semangat yang Berlebihan

Tentu saja lagu kebangsaan yang berisi motivasi membela negara sangat keren. Namun, jika itu berlebihan, maka tetap ngeri juga pada akhirnya. Seperti lagu kebangsaan Turki ini, banyak hal yang berlebihan yang disematkan di dalamnya. Padahal dalam realisasinya, tak semua orang Turki pasti mau seperti itu.

Masyarakat Turki [Image Source]
Masyarakat Turki [Image Source]
“Buat dadamu sebagai baju besi, dan tubuhmu sebagai parit perang” begitu salah satu penggalan liriknya. Terdengar bagus arti kiasannya, tapi lagu ini berlebihan. Bagi anak-anak, ini bakal jadi lirik yang mengejutkan dan bikin bingung.

4. Lirik Lagu Kebangsaan Perancis Isinya Tak Karuan

Perancis di masa lalu adalah bangsa besar. Jajahan mereka benar-benar sangat menggila dengan luas daerah hampir 5 persen dunia. Hal yang menarik dari sini, adalah ternyata lagu kebangsaan mereka tidak berisi tentang hal-hal yang isinya mengagung-agungkan negara sendiri atau semacamnya. Justru yang ada malah lirik mengerikan.

Wanita Perancis [Image Source]
Wanita Perancis [Image Source]
“Kau dengan suara di pedesaan itu? Terdengar teriakan tentara biadab itu, mereka datang untuk kita, untuk memotong leher anak-anakmu.” Waduh, ngeri sekali bukan? Sebenarnya ini lagu perjuangan, tapi liriknya terlalu vulgar.

5. Vietnam Juga Tak Kalah Ngeri

Vietnam harus melewati banyak hal untuk bisa benar-benar merdeka. Mereka dihadapkan dengan perang sipil, sampai kepongahan Amerika. Namun, pada akhirnya mereka benar-benar bisa merdeka. Nah, mungkin karena begitu kesal dengan penjajahan masa lalu, akhirnya menumpahkan hal tersebut dalam lagu kebangsaan.

Suasana Vietnam di hari kemerdekaan [Image Source]
Suasana Vietnam di hari kemerdekaan [Image Source]
Berjudul Tien Quan Ca, lagu ini berisi lirik-lirik mengerikan dan sadis. Salah satu penggalannya begini, “… jalan kemenangan dibangun dari mayat-mayat musuh kita…” Cukup ngeri ya untuk dinyanyikan? Meskipun begitu inilah lagu pengobar semangat kebangsaan mereka.

Lagu kebangsaan memang harusnya berisi hal-hal yang bagus, patriotisme, nasionalisme, perjuangan dan semacamnya. Tapi, nyatanya tak semua seperti itu, lima lagu di atas contohnya. Namun, terlepas dari liriknya yang bengis, lagu-lagu di atas memang tercipta dari perjuangan. Liriknya mungkin hanya sebagai perwakilan betapa beratnya perjuangan yang mereka lakukan agar negara bisa berdiri dan merdeka.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA