in

5 Lagu Band Indonesia yang Dipercaya Punya Kisah Mistis

Tak hanya makan, mendengarkan musik bisa dibilang sebagai kebutuhan. Seperti makanan yang mengandung asupan gizi, musik-musik juga bisa memberikan energi-energi yang dibutuhkan oleh jiwa. Makanya, selalu ada yang kurang kalau dalam sehari saja tak ada satu pun alunan lagu yang masuk ke telinga.

Pada dasarnya musik memang diciptakan untuk memberikan hal-hal yang baik. Tapi, dalam aplikasinya, musik juga bisa berfungsi sebaliknya. Seperti Karl Mayer atau Gloomy Sunday yang katanya adalah musik pengantar bunuh diri. Konten musik sendiri bisa macam-macam, termasuk di dalamnya bisa mengandung makna-makna mistis khusus. Percaya atau tidak, hal semacam ini juga dikatakan ada dalam beberapa musik lokal yang dilagukan oleh band-band terkenal.

Ada rumor yang mengatakan kalau beberapa lagu dari band-band terkenal memiliki cerita-cerita mistis khusus. Tak hanya yang berhubungan dengan musiknya sendiri, tapi juga menyinggung band. Seperti apa ceritanya? Ketahui lewat ulasan bikin merinding berikut.

 

Gaby – Tinggal Kenangan

Lagu ini meninggalkan misteri tentang siapa pencipta sebenarnya. Namun, ada beberapa band Indonesia yang meremake lagu tersebut dalam versi mereka. Konon, pencipta lagu tersebut adalah seorang gadis bernama Gaby.

Gaby [image source]
Remaja itu dipercaya tengah mengalami patah hati akibat ditinggal kekasihnya karena sebuah kecelakaan. Setelah mengetahui berita kematian sang pacar, Gaby pun mulai mengurung diri di kamar dan terciptalah lagu tersebut. Keesokan harinya, Gaby ditemukan tewas bunuh diri.

Samsons – Kenangan Terindah

Isu tentang band Samsons sempat terdengar beberapa tahun lalu. Menurut cerita yang beredar, konon jika kita mendengarkan lagu band Samson yang berjudul Kenangan Terindah dengan pita terbalik, maka kita akan mendengar kata-kata yang menghujat Tuhan.

Samsons Band [image source]
Mitosnya, kata atau suara itu sempat terkenal pada tahun 1980-an, liriknya berupa pesan negatif. Katanya, jika mendengar suara tersebut, maka orang akan melakukan apapun yang diperintahkan oleh pesan suara itu. Tapi, ini hanya mitos yang belum dibuktikan dengan jelas.

NOAH – Kukatakan dengan Indah

Nama band Peterpan atau yang sekarang ini berganti nama menjadi NOAH juga pernah juga dirumorkan mengalami hal mistis. Hal itu terjadi saat penggarapan salah satu lagu mereka yang berjudul ‘Kukatakan dengan Indah’.

NOAH [image source]
Konon, lagu tersebut direkam di tempat mendiang Nike Ardila. Kabar yang beredar, saat selesai rekaman, ditemukan suara wanita yang menyanyikan lirik, “kau hancurkan hatiku…” suara tersebut kemudian dihapus dan dire-take, namun masih saja terus muncul.

Sheila on 7 – Shepia

Kabar mistis juga menaungi lagu berjudul Shepia yang dinyanyikan oleh Sheila on 7. Berita yang beredar adalah tentang sang pencipta lagu, Eros yang membuat lagu tersebut pada tahun 1990. Saat proses tersebut, tiba-tiba saja Eros mendapat telepon misterius dari perempuan bernama Shepia.

Sheila on 7 [image source]
Ia mengaku mendapatkan nomer telepon Eros dari seorang fans yang ia kenal. Eros pun mulai mencari tahu tentang wanita bernama Shepia tersebut. Dan ternyata memang benar gadis tersebut bernama Shepia, namun sudah meninggal dua bulan lalu. Cerita misterius ini cukup bikin penasaran, tapi sepertinya hanya bualan belaka.

La Luna – Selepas Kau Pergi

Lagu Selepas Kau Pergi yang rilis di tahun 2003 ini juga banyak diperbincangkan masyarakat. Bukan hanya karena lirik lagu dan melodinya yang enak, namun  akibat rumor yang menyelimutinya.

La Luna [image source]
Hal mistis tersebut adalah suara gamelan yang terdengar beraturan di awal dan akhir dari lagu, namun hal itu baru bisa diketahui jika kita benar-benar memperhatikan video klipnya. Meskipun suara gamelan tersebut beraturan, tapi melodinya sama sekali tidak menyatu dengan lagu.

Benar atau tidaknya rumor yang beredar, tidak ada yang bisa memastikan. Banyak yang menganggap jika isu-isu mistis tersebut hanyalah pendongkrak popularitas, atau trik agar banyak masyarakat penasaran dengan lagu mereka. Namun ada pula yang begitu percaya hingga merinding tiap kali mendengarkan masing-masing band. Lantas, kamu percaya yang mana?

Written by Nikmatus Solikha

Leave a Reply

Third Plague Pandemic, Wabah Pes yang Nyaris Melumpuhkan Dunia

Fakta Muolay Ismail, Sultan Maroko yang Mempunyai 1.171 Anak