5 Kutukan Mengerikan di Balik Karakter Superman

oleh Centralismo
12:00 PM on Aug 6, 2015

Superman adalah salah satu super hero yang paling terkenal di dunia. Namun, siapa sangka bahwa di balik karakter yang kuat dan tampan itu tersimpan sebuah kutukan mengerikan. Percaya atau tidak, ada serangkaian bencana yang menimpa orang-orang yang bekerja dalam produksi film atau komik Superman.

Kutukan ini dikenal dengan sebutan ‘The Superman Curse’. Umumnya, Kutukan Superman terjadi pada para aktor yang pernah memerankan tokoh Clark Kent baik dalam film ataupun serial televisi. Kutukan itu menyebabkan sejumlah aktor kehilangan pekerjaannya, mengalami karir yang redup hingga ada yang tewas mengenaskan.

Baca Juga
6 Cara Ini Bisa Dipakai Agar Tragedi ‘Panjat Pinang Maut’ Tak Terjadi Lagi
4 Lomba Agustusan Greget Ala Suku Dayak Ini Dijamin Bakal Bikin Kamu Melongo

1. Christoper Reeve, Kehilangan Karir dan Mengalami Kelumpuhan

Christoper Reeve adalah pemeran Clark Kent dalam Supermen the Series, Superman: The Movies (1978), Superman II (1980), Superman III (1983) dan Suuperman IV: The Quest for Peace di tahun 1987. Kariernya begitu cemerlang sehingga orang-orang berpikir dia akan menjadi aktor sepanjang masa. Namun, setelah perannya di film Superman berakhir, kutukan itu mulai menghantuinya.

reeve [ImageSource]
reeve [ImageSource]
Dia tidak diterima saat casting di film manapun. Para pembuat film mengatakan bahwa karakternya terlalu identik dengan Superman, sehingga karakter lain tidak cocok untuknya. Pada 27 Mei 1995 Reeve mengikuti perlombaan pacuan kuda dan mengalami kecelakaan. Dia mengalami kelumpuhan dari bagian leher hingga kaki. Penderitaannya itu berlangsung panjang, hingga akhirnya dia meninggal di tahun 2004.

2. Marlon Brando, Kehilangan Masa Bahagia dengan Anak-Anaknya

Marlon Brando berperan sebagai Jor-El pada film Superman yang diproduksi tahun 1978. Kutukan Superman memang tidak mempengaruhi karirnya di bidang film, namun mempengaruhi kehidupan pribadinya. Pada tahun 1990 anaknya terlibat kasus penembakan. Mirisnya, korban penembakan itu adalah pacar dari kakaknya sendiri. Hal ini menyebabkan anak lelaki Marlon dipenjara dalam waktu yang cukup lama.

Marlon Brando
Marlon Brando [ImageSource]
Tidak cukup sampai di situ, pada tahun 1995, sebuah kabar pilu kembali datang. Puteri dari Marlon Brando tewas bunuh diri. Marlon sempat berkata bahwa dia telah gagal membesarkan anak-anaknya. Akhirnya pada tahun 2004, Marlon meninggal. Kematiannya hanya berjarak 4 bulan dengan kematian Christopher Reeve.

3. Richard Pryor, Menderita Beberapa Penyakit Mematikan

Richard Pryor sesungguhnya adalah seorang aktor film komedi. Namun, pada tahun 1983 dia berhasil mendapatkan peran menjadi tokoh penjahat Gus Gorman di film Superman III. Richard sempat menjadi pecandu narkoba hingga dia depresi dan ingin bunuh diri. Namun, dia berhasil pulih dan memerankan film Superman.

Richard Pryor (kanan) dalam Film Superman [Image Source]
Tiga tahun kemudian, Richard mengumumkan kepada wartawan bahwa dia didiagnosa mengidap multiple sklerosis yang merusak struktur tulangnya. Namun, tragisnya, bukanlah penyakit itu yang menewaskan Richard melainkan penyakit jantung. Richard tewas pada tahun 2005, setahun setelah kedua aktor Superman meninggal.

4. Jerry Siegel dan Joe Shuster, Pencipta Tokoh Superman yang Hidup Miskin

Jerry Siegel dan Joe Shuster adalah penulis dan seniman yang turut menciptakan tokoh Superman. Namun, mereka menjual hak cipta mereka kepada DC Comics dengan harga yang relatif murah. Sementara DC mendapatkan uang yang beratus-ratus kali lipat dari hasil penjualan tokoh Superman dalam berbagai bentuk. Dua seniman itupun tidak bisa berbuat apa-apa.

Jerry Seigel dan Joe Shushter
Jerry Seigel dan Joe Shushter [ImageSource]
Pada tahun 1950, Shusther mengalami kerusakan pada matanya yang membuat dia tidak bisa lagi menggambar. Shushterpun memutuskan menjadi pengantar surat untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Shuster pernah mengantarkan surat ke kantor DC dalam keadaan yang kumal. Para pekerja di DC tampak sedih dan melaporkan kejadian itu pada CEO mereka. Akhirnya Sushter diberikan uang sebesar $100 untuk membeli baju yang lebih layak.

5. Para Wanita yang Tak Luput dari Kutukan

Masih banyak kutukan lain yang dialami oleh orang-orang yang berhubungan dengan tokoh Superman. Di antaranya adalah Dana Reeve, istri dari Christoper Reeve yang meninggal di usia 44 tahun karena kanker paru-paru. Padahal, Dana tidak pernah merokok seumur hidupnya.  Margot Kidder, yang beradu akting dengan Christoper Reeve dan berperan sebagai Lois Lane menderita bipolar disorder.

Wanita yang Juga Kena Kutukan
Wanita yang Juga Kena Kutukan [ImageSource]
Pada tahun 1996, Dana menghilang selama beberapa hari. Ketika ditemukan polisi, kondisi mental yang tidak stabil dan sedang berhalusinasi. Dia juga pernah mengalami kecelakaan mobil yang membuat mobilnya terguling sebanyak tiga kali dan hampir saja jatuh ke jurang sedalam 60 kaki.

Ada beberapa kutukan lain disebabkan oleh Superman. Seperti akrtis Kate Bosworth yang mengatakan bahwa kandasnya hubungannya dengan Orlando Bloom adalah akibat The Superman Curse. Percaya atau tidak, orang yang membuat DVD Superman pun pernah mengalami kecelakaan terjatuh dari tangga dan menghantam jendela kaca. Kru pembuat DVD itupun menyalahkan The Superman Curse.

Namun, tidak semua aktor percaya akan kutukan ini. Seperti aktor Bob Holiday, Henry Cavill dan Brandon Routh yang mengatakan bahwa hal itu bukanlah kutukan, melainkan kesialan semata. Bagaimana dengan Anda, apakah Anda percaya ini kutukan atau hanya sebuah kebetulan saja?

Next
BERITA TERKAIT
BACA JUGA