Percaya Atau Tidak, Kutukan Ini Benar-benar Terjadi dan Menewaskan Orang!

oleh Tetalogi
15:15 PM on Sep 16, 2015

Hal-hal mistis atau takhayul tidak cuma dipercaya di Indonesia. Cerita-cerita tentang kutukan atau hal-hal yang menyeramkan ternyata juga ada banyak di berbagai belahan dunia lainya. Namun tentu saja, hal seperti ini sulit dipercaya oleh kebanyakan orang karena dianggap tidak masuk akal.

Meski begitu, ternyata ada juga beberapa kutukan yang benar-benar terjadi atau menewaskan orang! Entah karena kebetulan atau tidak, beberapa orang percaya bahwa kutukan berikut ini nyata dan mampu menewaskan orang.

Baca Juga
Bukan Tanpa Tujuan, Ini Loh Alasan Kenapa Teh Itu Baiknya Dipetik di Pagi Hari
Mirisnya Tata Krama Murid Sekarang, Guru Mendidik Sepenuh Hati Malah Dibuat Candaan

1. Kutukan Kursi Thomas Busby

Pada tahun 1702 di North Yorkshire, Inggris, Thomas Busby terkenal sebagai seorang pemabuk dan pembuat uang koin palsu. Ia memukul kepala ayah mertuanya dengan sebuah palu hingga tewas. Motifnya sangat sederhana, ketika Thomas Busby pulang, ia menemukan ayah mertuanya duduk di kursi favorit Thomas.Busby kemudian ditangkap dan diadili atas kejahatannya kemudian dihukum gantung.

Kursi Thomas Busby [Image Source]
Kursi Thomas Busby [Image Source]
Sebelum digantung, kabarnya ia mengutuk siapa saja yang duduk di kursi favoritnya tersebut. Seorang pria duduk di kursi tersebut dan berakhir mengalami kecelakaan mobil yang menewaskannya. Seorang pilot yang mencoba duduk di kursi tersebut juga akhirnya tidak pernah kembali lagi dari peperangan. Kursi yang dikutuk tersebut akhirnya disumbangkan ke sebuah museum dengan syarat tidak boleh ada seorangpun yang duduk di atasnya. Sekarang, kursi tersebut digantung dengan aman di dinding museum.

2. Kutukan Superman

Cerita seputar kutukan tidak hanya berada pada kisah-kisah benda kuno saja, tapi hal yang lebih modern seperti film juga terkadang kabarnya memiliki kutukan. Contohnya adalah kutukan film Superman. 5 Pemeran film Superman semuanya telah meninggal dan meninggalnya mereka dihubungan dengan peran sebagai Superman.

Superman [Image Source]
Superman [Image Source]
Beberapa dari mereka meninggal dengan kondisi yang tragis. George Reeves meninggal dengan cara bunuh diri, Christopher Reeves mengalami kecelakaan yang membuatnya lumpuh dan akhirnya meninggal di usia 52, serta Lee Quigley yang memerankan superman ketika masih bayi meninggal di usia 14 tahun setelah menghirup zat pelarut. Selain tokoh utama, beberapa orang lain berkaitan dengan film ini juga dikabarkan mengalami nasib sial yang dipercaya karena kutukan film Superman. Meski aktor terbaru yang memerankan Superman tidak mengalami kejadian sial, reputasi film ini sebagai film yang dikutuk masih saja ada.

Kabarnya, kutukan ini berasal dari pembuat asli cerita komik superman yang menjualnya ke DC dengan harga yang sangat jauh di bawah pendapatan yang berhasil diperoleh dari franchise tersebut. Hal ini membuat orang bertanya-tanya, mungkinkah perlakukan tidak adil yang diterima si pembuat komik yang memunculkan kutukan ini?

3. Kutukan Film Poltergeist

Film lain dengan masa lalu yang tidak terlalu bagus adalah serial film Poltergeist. Antara tahun 1982, ketika film pertamanya dibuat dan 1998, ketika film ketiga sekaligus yang terakhir dibuat, empat aktor yang bermain dalam film tersebut meninggal. Beberapa diantaranya dalam kondisi yang aneh.

Poltergeist [Image Source]
Poltergeist [Image Source]
Dominick Dunn yang berusia 22 tahun meninggal dengan dibunuh secara brutal, sementara Heather O’Rourke yang berusia 12 tahun karena dokter salah mendiagnosa penyakitnya. Film Poltergeist terbaru yang rilis pada Mei 2015, tidak menimbulkan kejadian fatal seperti film-film sebelumnya. Meski begitu, kabarnya sering terjadi fenomena aneh saat proses syuting film horror ini.

4. Kutukan Vas Basano

Vas Basano dibuat pada abad ke-15 dan terbuat dari perak. Vas tersebut diberikan sebagai sebuah hadiah pernikahan untuk seorang wanita di Italia. Namun malangnya wanita tersebut tidak pernah mencapai altar karena ia dibunuh di malam pernikahannya dengan vas yang masih berada di tangannya dan berjanji bahwa ia akan kembali setelah tewas dan membalas dendam atas kematiannya.

Basano Vase [Image Source]
Basano Vase [Image Source]
Dari tangannya, vas tersebut kemudian diberikan secara turun-temurun ke garis keturunan keluarganya. Namun siapapun yang menyimpan dan memiliki vas tersebut akan segera meninggal. Setelah terjadi beberapa kali kematian yang tak terduga, keluarga kemudian menyimpan vas tersebut dalam kotak dan disingkirkan.

Tahun 1988. vas tersebut ditemukan kembali dengan catatan bertuliskan, hati-hati, vas ini membawa kematian. Meski begitu, peringatan tersebut tidak dihiraukan dan vas tersebut dilelang. Vas ini kemudian secara bergantian dibeli oleh 4 orang dan mereka semua meninggal dalam waktu tidak lebih dari 3 bulan. Tidak ada satu museum pun yang mau menyimpan vas tersebut. Akhirnya vas tersebut kembali dikubur di lahan pemakaman terdekat.

5. Hope Diamond

Berlian telah menarik perhatian manusia sejak jaman dulu. Salah satunya adalah Hope Diamond, batu berlian seberat 45 karat dengan harga yang diperkirakan kurang leih seperempat milyar dollar. Batu ini terkenal tidak hanya akan keindahannya, tapi juga kutukan yang membuat banyak orang yang memakainya tewas.

Hope Diamond [Image Source]
Hope Diamond [Image Source]
Menurut cerita, Jean-Baptiste Tavernier mendapatkan batu tersebut dengan cara mencurinya dari sebuah kuil di India pada tahun 1600. Batu berlian besar tersebut merupakan salah satu mata dari patung dewi di kuil Hindu. Berlian tersebut kemudian dipotong dari berat aslinya yang lebih dari 100 karat.

Kutukan yang mengikutinya telah menewaskan banyak bangsawan yang memakainya mulai dari Louis XVI, Marie Antoinette, hingga pangeran Ivan Kanitovski. Cara kematiannya juga mengerikan, mulai dari pemenggalan, mutilasi, pembunuhan, hingga bunuh diri. Hope Diamond akhirnya disumbangkan ke Museum Smithsonian dan kutukan tidak pernah lagi terjadi.

6. Kutukan Tambang Belanda yang Hilang

Tidak jauh dari Phoenix, Arizona, terdapat sebuah gunung yang terkenal dengan cerita mistis yang menyelimutinya. Salah satunya adalah kutukan tambang Belanda. Ketika bangsa Spanyol tiba pada tahun 1500an, tanah tersebut ditempati oleh suku Indian Apache yang percaya bahwa gunung mistis tersebut adalah tempat tinggal Dewa Petir mereka. Bangsa Spanyol tidak peduli dengan kepercayaan suku Indian ini dan ingin mencari sebuah kota legenda, yang penuh emas di sana dan tidak peduli dengan peringatan para suku Indian.

Pegunungan tempat legenda tambang [Image Source]
Pegunungan tempat legenda tambang [Image Source]
Segera setelah berangkat melakukan pencarian, anggota mereka mulai mengalami kematian yang misterius atau tiba-tiba menghilang. Meskipun sudah diperintahkan agar selalu bergerak bersama-sama dan berkelompok, beberapa orang tetap saja hilang dan ditemukan beberapa saat kemudian dalam kondisi tewas dan dengan tubuh yang terpotong-potong.

Cerita-cerita mengenai peta harta karun, ekspedisi yang berakhir tragis, dan orang-orang yang hilang secara tiba-tiba membuat legenda ini semakin hidup. Bahkan, masih ada orang yang terus berusaha mencari lokasi tambang legendaris ini dan kemudian tidak pernah kembali karena hilang, atau tewas diserang binatang buas. Hingga saat ini, tidak pernah ada yang benar-benar tahu lokasi tambang harta tersebut.

7. Kutukan Makam Tutankhamen

Cerita-cerita tentang makam Mesir selalu diliputi dengan kisah-kisah seputar kutukan. Kabarnya, siapa saja yang mengganggu makam raja, akan mengalami kesialan, penyakit, atau bahkan kematian.

Tutankhamen [Image Source]
Makam Tutankhamen [Image Source]
Legenda tersebut dimulai dengan meninggalnya Lord Carnavon. Gigitan nyamuk akhirnya berujung pada keracunan ketika ia tidak sengaja mencukur bekas gigitan nyamuk tersebut. Ia kemudian meninggal hanya dalam waktu beberapa minggu. Dari sana, legenda berlanjut hingga kematian 11 orang dihubungkan dengan kutukan ini.

8. Mobil Porsche James Dean

Aktor James Dean memiliki sebuah mobil Porsche 550 Spyder. Ia memodifikasi mobil tersebut kemudian memamerkannya kepada teman sesama aktor, Alec Guinness. Alec mengatakan padanya bahwa mobil tersebut menyeramkan dan mengatakan jika Dean naik mobil tersbut, ia akan ditemukan tewas seminggu kemudian. 7 hari kemudian, James Dean ditemukan tewas dalam mobil tersebut karena kecelakaan.

Mobil Porsche James Dean [Image Source]
Mobil Porsche James Dean [Image Source]
Kutukan tidak berhenti di sana, George Barris yang memodifikasi mobil tersebut untuk James Dean membeli sisa-sisa prosche tersebut, namun mobil tersebut tergelincir dari truk dan mematahkan kaki seorang mekanik. 3 mobil kemudian mendapatkan beberapa suku cadang dari bekas mobil ini, dan 3 orang pria yang mengendarai mobil tersebut mengalami nasib sial. 1 orang meninggal, dan 2 orang lainnya cedera parah.

Mobil ini kemudan dipamerkan sebentar di sebuah galeri keamanan jalan raya, tapi garasi tempat menyimpan mobil tersebut kemudian terbakar habis. George Barris kemudian mendapatkan mobil tersebut sekali lagi, mobil tersebut hilang saat transit dan tidak pernah lagi ditemukan.

9. Kutukan Bocah Menangis

Dimulai pada pertengahan tahun 1980an di Inggris, terdapat beberapa kejadian buruk di negara tersebut. Kebakaran terjadi di berbagai tempat hingga 50 rumah hangus terbakar tak tersisa, kecuali sebuah lukisan yang menggambarkan seorang bocah lelaki yang menangis. Bahkan usaha untuk membakar lukisan tersebut juga tidak pernah berhasil.

Lukisan The Crying Boy [Image Source]
Lukisan The Crying Boy [Image Source]
Lukisan asli dan latar belakang lukisan tersebut kemungkinan merupakan sumber munculnya kutukan ini. Kabarnya, ketika lukisan dengan model anak yatim piatu lokal tersebut selesai dibuat, tempat kerja sang seniman terbakar habis. Seniman tersebut kemudian menuduh si bocah yang membakar tempat kerjanya. Bocah yang menjadi yatim piatu setelah orang tuanya tewas dalam kebakaran tersebut kemudian juga tewas terbakar dalam sebuah kecelakaan mobil hingga tubuhnya tak bisa dikenali.

Itulah beberapa kutukan yang dipercaya benar-benar terjadi dan memakan korban. Lalu bagaimana menurutmu? Apakah kutukan itu benar-benar nyata atau semua kemalangan yang terjadi hanyalah kebetulan belaka?

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA