5 Fakta Kunoichi, Ninja Wanita Kebanggaan Jepang yang Terkenal Sangat Garang

oleh Adi Nugroho
07:53 AM on Apr 24, 2016

Jepang tidak bisa dipisahkan dengan apa yang dinamakan dengan anime, drama, samurai, hingga yang terakhir adalah ninja. Di masa lalu, ninja berjuang untuk kebebasan rakyat dan melawan para samurai yang dikenal sangat brutal dan melakukan apa saja asal dibayar oleh para penguasa yang sangat tamak. Akhirnya ninja yang mayoritas pria ini berjuang diam-diam untuk membantai orang yang dianggap berbahaya.

Meski sebagian besar ninja merupakan pria. Namun ada beberapa ninja wanita yang sering disebut sebagai kunoichi. Meski mereka seorang wanita, kegesitan dan semangat bertarungnya sangat tinggi. Bahkan mereka bisa lebih berbahaya dari ninja pria sekalipun. Berikut fakta kunoichi yang sangat garang itu.

Baca Juga
Bukan Tanpa Tujuan, Ini Loh Alasan Kenapa Teh Itu Baiknya Dipetik di Pagi Hari
Mirisnya Tata Krama Murid Sekarang, Guru Mendidik Sepenuh Hati Malah Dibuat Candaan

1. Kunoichi Adalah Sebuah Jutsu yang Terbaik

Kunoichi sebenarnya bukan sebuah nama yang diasosiasikan dengan ninja wanita. Nama ini merupakan sebuah jurus yang bisa dipelajari oleh siapa saja termasuk pria. Namun, dalam perkembangannya, jutsu ini banyak sekali dipelajari oleh wanita di abad ke-16 sebagai bagian dari pertahanan diri dan mengemban misi penting.

jutsu kunoichi [image source]
jutsu kunoichi [image source]
Para wanita ini akan dilatih dengan sangat keras. Tak ada lagi yang namanya rasa sakit atau menangis. Yang dilakukan hanyalah berjuang hingga akhirnya bisa jadi kuat dan siap dikirim menjalankan sebuah misi yang sangat penting. Orang yang mempelajari Kunoichi akan memiliki daya tahan tubuh tinggi dan mudah berkamuflase.

2. Bekerja Sebagai Wanita Penghibur

Jika anda seorang penggemar game dengan tema Jepang pasti mendapati tokoh kunoichi memiliki badan yang sangat molek. Hal ini didasarkan pada pekerjaan para kunoichi yang banyak berada di rumah hiburan yang banyak didatangi oleh para pejabat atau petinggi yang berkuasa di zaman itu.

Bekerja sebagai penghibur [image source]
Bekerja sebagai penghibur [image source]
Mereka rela memberikan tubuhnya kepada para pria asal mendapatkan info yang sangat bagus. Menjadi kunoichi harus bisa berkamuflase namun tetap menjalani peran dengan sangat garang. Jika keadaan tak memungkinkan, seorang kunoichi bisa saja membunuh orang yang dijadikan informan.

3. Hubungan Kunoichi dengan Para Informan

Untuk bisa menjadi seorang kunoichi, seorang wanita atau pun pria (meski jarang) harus bisa memiliki mimik wajah yang inosens. Artinya siapa saja yang melihatnya akan senang dan tidak menaruh rasa curiga yang sangat besar. Teknik ini dipelajari saat mereka masih berada di dalam perguruan ninja. Senjata yang dimiliki oleh kunoichi tak melulu senjata tajam. Namun juga wajah yang rupawan yang disukai informan.

kunoichi dan informan [image source]
kunoichi dan informan [image source]
Para kunoichi biasanya menjalin hubungan yang baik dengan informan. Setiap informan datang, mereka akan segara melayani dengan maksimal. Hubungan yang erat dan mirip kekasih ini akan membuat informasi berharga cepat didapat dan sangat akurat. Di masa itu tubuh manusia tak begitu dianggap sebagai sesuatu yang suci hingga bisa diperjualbelikan sesuka hati.

4. Membunuh Tanpa Diketahui Oleh Siapa Saja

Yang membuat kunoichi sangat mematikan adalah kemampuan membunuh mereka yang dilakukan diam-diam. Orang yang menjadi target tidak akan tahu jika dirinya dijadikan sasaran. Bahkan, tanpa disadari sebelumnya ia sudah berada di dalam bahaya hingga ajal bisa datang dengan tiba-tiba.

membunuh dengan gesit [image source]
membunuh dengan gesit [image source]
Kematian yang ditimbulkan oleh kunoichi tidak akan terlihat. Bahkan ia pun tidak akan dituduh membunuh karena seperti orang yang tidak tahu apa-apa. Teknik membunuh ini tentu tak bisa dilakukan tanpa latihan yang sangat matang. Menjadi wanita yang tak terlihat bahaya namun mematikan adalah pekerjaan yang sulit.

5. Mochizuke Chiyome, Wanita pencetak Kunoichi

Mochizuke Chiyome adalah istri dari seorang samurai yang dirumorkan menjadi salah satu anggota dari klan ninja Koga. Setelah suaminya mati saat perang, ia diperintahkan membuat sekelompok pasukan wanita ninja yang menjadi cikal bakal kunoichi. Pada abad ke-16, Mochizuke mampu membuat 200-300 pasukan wanita yang sangat tangguh.

Kunoichi menyamar [image source]
Kunoichi menyamar [image source]
Para wanita ini akhirnya disebar ke seluruh penjuru Jepang untuk mencari informasi sebanyak-banyaknya. Selain itu, mereka juga ditugaskan untuk membunuh para bangsawan yang kebetulan tertarik menggunakan jasanya. Para wanita ini bisa menyamar menjadi wanita penghibur dan dalam hitungan detik bisa kembali menjadi kunoichi dan membantai siapa saja yang telah ditargetkan.

Inilah lima fakta kunoichi yang merupakan ninja wanita kebanggaan Jepang. Meski di masa lalu mereka tampak cantik dan tidak berbahaya, para kunoichi adalah mesin pembunuh super canggih. Kira-kira selain di anime dan game, kunoichi masa ada tidak ya sekarang?

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA