5 Kuliner Khas Negara-Negara di Dunia yang Mungkin Membuatmu Sakit Perut Akut

oleh Rizal
07:00 AM on Sep 13, 2015

Melancong ke luar negeri memang seru sekali. Tak hanya jadi kegiatan refreshing yang menyenangkan, tapi juga bisa mendapatkan pengalaman luar biasa dari tempat-tempat baru ini. Berkunjung keluar negeri selalu identik dengan mampir ke bangunan khas, misalnya patung liberty, tembok China atau menara pizza. Namun, hal yang tentu tidak boleh dilewatkan adalah mencicipi sajian khas kuliner negara-negara yang dikunjungi.

Ya, ini pun bakal jadi pengalaman yang asyik banget. Meskipun secara umum makanannya akan susah klopnya dengan lidah Indonesia kita. Belum lagi kalau sajiannya kadang ekstrem, entah bahan makanannya atau pun penyajiannya. Seperti deretan makanan berikut yang mungkin akan bikin kamu sakit perut stadium akhir dalam waktu yang singkat.

Baca Juga
Inilah 4 Fakta Meikarta, Kota Baru yang Katanya Bakal Menyaingi Ibukota
Inilah 4 Jasa Tak Terlupakan yang Dilakukan Malaysia Kepada Bumi Pertiwi

1. Kotoran Burung Ptarmigan

Ingin merasakan pengalaman pergi ke tempat yang dingin dan bersalju, maka Kanada lah negara yang harus kamu kunjungi. Terletak di iklim sub tropis dan paling dekat dengan Artik, negara ini punya sejuta keindahan yang berhubungan dengan salju. Soal makanan unik, negara ini juga punya lho. Tapi, lumayan ekstrem bagi kita yang biasa makan makanan normal.

Bukan dagingnya yang dimakan dari burung ini, melainkan kotorannya [Image Source]
Bukan dagingnya yang dimakan dari burung ini, melainkan kotorannya [Image Source]
Di Kanada utara, ada sebuah menu andalan yang terbuat dari Ptarmigan, sejenis burung yang ukurannya hampir sebesar ayam. Namun bukan daging yang disajikan di piring-piring, melainkan kotoran. Tunggu dulu, ini tidak seperti yang kamu pikirkan. Nah, kotoran Ptarmigan ini harus yang sudah membeku. Kotoran yang sudah dikumpulkan ini kemudian ditempatkan menjadi satu untuk kemudian dicairkan.

Langkah berikutnya, siapkan daging anjing laut dan potong sesuai selera. Kemudian kedua bahan ini dimasukkan dan diaduk sampai rata. Kalau perlu ditambahi dengan sedikit minyak dari lemak anjing laut agar rasanya makin keluar, setelah itu tinggal disajikan. Menurut orang-orang yang sudah mencicipinya, makanan ini rasanya tidak seburuk yang dipikirkan kok.

2. Jumiles

Setiap tahunnya di bulan November, penduduk kota Taxco, Meksiko, merayakan sebuah hajatan kuliner besar. Di festival ini kamu akan menemukan berbagai macam makanan khas, mulai dari tortilla, tachos dan lain sebagainya. Namun, namanya festival kuliner pasti ada masakan yang jadi primadona. Nah, di hajatan ini juga ada, namanya Jumiles.

Crunchy dan sedikit pedas, jika pertanyaanmu adalah bagaimana rasanya serangga ini ketika dimakan hidup-hidup [Image Source]
Crunchy dan sedikit pedas, jika pertanyaanmu adalah bagaimana rasanya serangga ini ketika dimakan hidup-hidup [Image Source]
Jumiles ini adalah sejenis serangga kecil berwarna hijau yang hanya muncul selama bulan November sampai Februari. Jumlahnya tak karuan banyaknya. Bahkan penduduk sekitar bisa mengumpulkan beberapa ember penuh dalam beberapa kali tangkap. Nah, Jumiles ini bisa disajikan dalam segala cara. Entah ditumis, digoreng biasa, atau dimasukkan sebagai isian tachos. Bisa juga langsung dimakan hidup-hidup. Rasanya tidak terlalu buruk kok, cuma sedikit pedas dengan teksturnya yang renyah.

3. Shiokara

Kalau kamu penyuka hal-hal yang berbau Jepang, maka sudah pasti negeri sakura adalah tempat pertama yang ingin kamu kunjungi. Selain tempat yang indah, negara ini deretan makanan enak yang mungkin kamu sudah hafal namanya. Mulai dari sushi, takoyaki, ramen, shiokara dan sebagainya. Merasa janggal dengan nama Shiokara? Hmm, sepertinya kamu belum benar-benar Jepang banget.

Ketika aneka makanan laut difermentasi, maka hasilnya kurang lebih seperti ini [Image Source]
Ketika aneka makanan laut difermentasi, maka hasilnya kurang lebih seperti ini [Image Source]
Shiokara adalah salah satu kuliner andalan Jepang yang mungkin kamu takkan pernah mau mencobanya. Makanan ini terbuat dari ikan, udang, atau cumi-cumi yang difermentasi. Tak ada trik atau syarat khusus untuk melakukan fermentasinya. Asal hasil jadinya sudah muncul lendir yang kecoklatan, maka Shiokara tersebut sudah siap disantap. Kuliner unik ini bisa dimakan langsung atau dengan nasi. Rasanya sendiri… silakan coba sendiri ya.

4. Bodog

Ada begitu banyak hal yang bisa kamu lakukan di Mongolia. Berkuda di luasnya padang rumput, bercengkerama dengan penduduknya yang unik dan ramah, atau menikmati sepotong Bodog. Makanan ini terbuat dari daging kambing dengan cara penyajian super unik dan mungkin bikin kamu jijik untuk sesaat. Tapi bagi para penggemar masakan berbahan kambing, Bodog bisa jadi pengalaman kuliner yang asyik.

Memang ekstrem cara masaknya, namun rasanya tak terlalu buruk [Image Source]
Memang ekstrem cara masaknya, namun rasanya tak terlalu buruk [Image Source]
Cara memasak makanan ini sangat unik. Pertama sembelih seekor kambing, lalu kemudian kuliti dan cincang dagingnya. Menguliti kulitnya sendiri harus hati-hati agar hasil jadinya nanti berbentuk semacam kantung. Nah, selanjutnya masukkan daging kambing tadi ke dalam kantung kulit yang masih berdarah-darah tersebut. Setelah itu masukkan bara api ke dalamnya lalu kantung ini dijahit agar panasnya bara merata.

Sambil menunggu, biasanya Bodog juga dibakar dari luar. Setelah terlihat empuk dan bulu-bulu kambingnya sudah bersih, makanan ini pun siap disajikan. Cara penyajiannya tinggal dibelah saja dan silahkan dimakan ramai-ramai. Rasanya sendiri lumayan enak, mirip kambing bakar.

5. Telur Kencing Perjaka

Apa sih yang tidak bisa ditemukan di China? Mulai dari wanita cantik sampai mobil mewah KW bisa kamu dapatkan di sini. Termasuk pula deretan makanan ekstrem yang mungkin hanya satu-satunya di sini. Salah satunya adalah telur kencing perjaka. Jangan salah persepsi mendengar nama makanan ini, karena bentuknya tak lebih dari telur pada umumnya. Hanya cara masaknya saja yang mungkin bikin kamu sakit perut.

Jangan bayangkan cara masaknya, cukup nikmati saja hasil jadinya maka kamu pasti baik-baik saja [Image Source]
Jangan bayangkan cara masaknya, cukup nikmati saja hasil jadinya maka kamu pasti baik-baik saja [Image Source]
Cara memasaknya juga sangat biasa sebenarnya, hanya bermodalkan telur dan juga air mendidih. Kemudian direbus hingga matang lalu kemudian bumbu istimewanya dimasukkan yakni kencing perjaka. Ini bukan sebutan untuk semacam bumbu betulan, tapi benar-benar diartikan secara harfiah. Yup, sebelum telurnya matang silahkan masukkan air kencing ke dalam tungku rebusnya. Nah, air kencingnya sendiri harus benar-benar dihasilkan dari pria-pria perjaka atau bocah. Lalu silahkan dinikmati selagi hangat. Bagaimana dengan rasanya? Tak terlalu beda dengan telur biasa kok. Tapi yang satu ini katanya lebih berkhasiat.

Kalau ingin makanan seperti ini sih tak perlu ke China. Kamu bisa bikin sendiri di rumah. Tinggal cari perjakanya saja yang mungkin agak susah.

Fix, makanan di atas sukses bikin perut terasa diaduk-aduk. Meskipun menjijikkan buat kita, namun uniknya penduduk aslinya sama sekali tak merasa terganggu. Mungkin karena terbiasa, sehingga mereka tak bermasalah dengan makanan tersebut. Nah, jika ada tantangan makan deretan makanan di atas berhadiah motor, apakah kamu berani mencobanya? Hmm, belum tentu.

Next
BERITA TERKAIT
BACA JUGA