in

7 Kuliner Indonesia Yang Sederhana Tapi Tak Ada Duanya di Dunia

7 Kuliner Indonesia Yang Sederhana Tapi Tak Ada Duanya di Dunia KERUPUK WIKIPEDIA

Sebagai salah satu negara destinasi wisata bagi turis local maupun mancanegara, Indonesia memang memiliki banyak sekali khasanah kuliner yang memanjakan lidah. Tak hanya dalam negeri, namun juga luar negeri. Sampai-sampai ada lagu Belanda tempo dulu berjudul Geef Mij Maar Nasi Goreng, karena orang Belanda yang pernah ada di sini, benar-benar tak bisa lupa dengan nasi goreng, sambal dan kerupuk.

Baca Juga: 6 Keunikan Indonesia Yang Tidak Akan Ada di Luar Negeri

Memang, ada beberapa makanan khas Indonesia yang kelihatan sederhana dan biasa bagi kita. Tapi, kalau kita berada di luar negeri, dijamin deh tak akan menemukan yang sama rasanya seperti di Indonesia. Nah, mari kita kupas satu per satu makanan Indonesia yang tak ada duanya di dunia. Hato-hati, jangan baca saat perut kosong.

1. Kerupuk

Yang pertama dan selalu menjadi penyelamat anak bangsa saat kantong kempes dan hanya punya nasi semata. Jangan khawatir, kerupuk bawang yang banyak dijual di warung bisa jadi lauk sangat sederhana yang menyelamatkan jiwa raga. Kerupuk memang jadi makanan ekonomis dan merakyat yang tak terpisahkan hampir di seluruh meja makan keluarga Indonesia.

7 Kuliner Indonesia Yang Sederhana Tapi Tak Ada Duanya di Dunia KERUPUK WIKIPEDIA
7 Kuliner Indonesia Yang Sederhana Tapi Tak Ada Duanya di Dunia KERUPUK WIKIPEDIA

Nah, Indonesia ini termasuk kaya dengan jenis kerupuk. Kerupuk bawang, kerupuk rambak, kerupuk pasir, rempeyek dan berbagai jenis panganan kering yang meramaikan sesi makan kita. Uniknya, beberapa kerupuk juga punya pasangan makanan. Misalnya kerupuk rambak dengan soto, kerupuk peyek dengan pecel dan sebagainya. Kalau Anda, suka yang mana?

2. Aneka Sambal dan Lalapan

Siapa sih yang tak kenal dengan makanan sambal dan lalapan? Apalagi Indonesia masa kini sudah menjadi penggemar masakan pedas, menyertai khasnya bumbu rempah yang khas. Bahkan, warga kita bisa geger kalau harga cabai bisa naik.

7 Kuliner Indonesia Yang Sederhana Tapi Tak Ada Duanya di Dunia SAMBAL WIKIPEDIA
7 Kuliner Indonesia Yang Sederhana Tapi Tak Ada Duanya di Dunia SAMBAL WIKIPEDIA

Memang menu makanan apapun, tanpa sambal jadi hambar rasanya. Namun ada juga teman sajian sambal yang menyegarkan, yaitu lalapan. Terdiri dari sayur segar seperti timun, kacang panjang, slada, kubis dan kemangi. Makan dengan tangan biasanya lebih seru. Perpaduan segar, pedas dan gurih di mulut yang membuat sambal dan lalapan ini bisa menghiasi menu berbagai warung di pinggir jalan Indonesia. Sambal apa nih yang jadi favorit Anda?

Selanjutnya: Bakso dan Nasi Goreng

Written by Orchid

Leave a Reply

5 Orang Seleb Bule Yang Fasih Berbahasa Indonesia

Pesawat AirAsia

Jenazah Pilot AirAsia QZ8501 Akhirnya Ditemukan