5 Kuil yang Dikenal Aneh dan Mengerikan, Indonesia Juga Punya Lho

oleh titi
07:10 AM on May 23, 2015

Kuil atau tempat beribadah bagi agama penganutnya merupakan tempat yang dikaitkan dengan tempat tinggal dewa. Selain digunakan untuk tempat ibadah, ternyata kuil juga bisa digunakan sebagai tempat wisata. Banyak kuil-kuil yang dgunakan sebagai objek wisata diberbagai negara termasuk Indonesia.

Bukan hanya keindahan alamnya saja yang terkenal sehingga banyak pelancong ingin mengunjungi kuil-kuil ini. Namun karena kesakralan dan cerita mendunia yang terdapat di dalamnya. Berikut ini Boombastis sajikan beberapa kuil di Asia yang ternyata dikenal aneh dan menakutkan.

Baca Juga
Menengok Gaji dan Tunjangan Gubernur dan Wagub DKI, Kalau Dijumlah Bisa Beli Kerupuk 3 Kontainer
4 Kejadian Generasi Micin Pingin Ngeksis Tapi Gak Tahu Tempat Ini Bikin Netizen Geram

1. Kuil Awashima Jinja

Banyak cerita yang beredar tentang kuil yang terletak di Kawana, Jepang ini. Dari ribuan boneka yang terdapat di balkon dan lantai sekitar kuil sampai patung yang ternyata dinilai berharga mempunyai cerita mistis sendiri. Kuil Awashima Jinja digunakan sebagai tempat ibadah, khususnya para wanita. Selain meminta doa kesehatan dan kesuburan, para wanita juga datang untuk meninggalkan boneka-boneka bekas mainan anak perempuan untuk buang sial.

Kuil Awashima Jinja
Kuil Awashima Jinja [imagesource]
Banyak yang percaya ketika membuang boneka sembarangan, boneka tersebut bakal menghantui seluruh anggota keluarga mereka. Boneka ini juga dipercaya dirasuki arwah manusia yang mendiaminya. Seremnya bukan hanya itu, ketika festival tahunan yang menenggelamkan boneka (Nagashi Bina) dilakukan, masih ada sisa boneka yang akan dibawa kembali ke kuil. Boneka ini bakal dijadikan sebagai hadiah. Memang dipercaya untuk memiliki keturunan dan dijadikan sebagai penebus dosa, tapi jika harus membawa boneka berisi arwah, bagaimana menurut Anda?

2. Kuil Dongyue

Kuil yang terletak di Beijing ini didirikan sebagai persembahan untuk penguasa dunia bawah tanah, Yuedi. Yah, penguasa neraka. Kuil ini dikunjungi oleh orang-orang yang ingin mendoakan dan berkomunikasi dengan keluarganya yang sudah meninggal. Kuil yang tertua di Taiwan ini merupakan representasi gunung keramat China yaitu Gunung Tai yang dipercaya sebagai pintu masuk ke dunia bawah tanah tempat catatan kehidupan dan kematian tersimpan.

Kuil Dongyue
Kuil Dongyue [imagesource]
Kuil ini memiliki tiga aula di dalamnya. Aula pertama terdapat patung Yuedi sang raja dunia bawah tanah. Ruang kedua ditempati oleh Dizang Wang, dewa yang memberikan pengampunan dan menyelamatkan para jiwa yang ada di neraka. Patung ini dipercaya dapat mereinkarnasi seseorang menjadi lebih baik di kehidupan berikutnya. Selain kedua patung tersebut, banyak patung-patung lain yang diyakini banyak orang. Mau mencoba sensasi merinding di Kuil Dongyue yang katanya mirip neraka?

3. Goa Lawah Di Bali

Pura di Bali memang beragam, salah satunya adalah Pura Goa Lawah yang menarik banyak wisatawan domestik maupun internasional. Selain dikenal kuil suci, pura satu ini memiliki cerita yang melegenda. Orang lokal percaya pura ini menyembunyikan aliran sungai yang dapat menyembuhkan penyakit.

pura-goa-lawah
pura-goa-lawah [imagesource]
Selain memiliki ratusan kelelawar yang menghuni goa ini, ternyata banyak yang percaya didalam goa terdapat terowongan yang menjadi rumah bagi raja ular yang memakai mahkota di kepalanya. Memang tidak ada yang bisa mengeksplor isi goa ini sehingga hal mistis yang ada di dalam goa hanya menjadi sebuah mitos.

4. Kuil Zenkoji Nagano

Kuil Zenkoji di Nagano juga salah satu kuil yang populer di Jepang. Kuil ini memiliki sejarah di mana Buddhisme waktu itu masih menjadi agama baru yang tidak diterima.  Mereka yang mengikuti ajaran ini melakukan ritual tanpa persetujuan siapapun, termasuk membawa ratusan patung ke kuil ini.

Kuil Zenkoji Nagano
Kuil Zenkoji Nagano [imagesource]
Terakhir diperiksa, terdapat rumor bahwa patung tersebut hangat ketika disentuh. Mengerikannya lagi jika menyentuhnya terasa menyentuh sesuatu yang hidup. Selain cerita patung, ternyata di dalam kuil terdapat sebuah terowongan yang melambangkan jalan menuju kematian. Jika beruntung, dalam terowongan tersebut terdapat kunci masuk surga. Percaya?

5. Hmwe Paya Pagoda (Pagoda Ular)

Yadana Labamuni Hsu-taungpye Paya adalah sebuah nama pagoda unik yang terletak di Paleik, Mandalay, Myanmar. Terletak di daerah perbukitan, pagoda ini juga memiliki bangunan yang indah. Tetapi, didalam pagoda ini ternyata dihuni oleh tiga ekor ular piton. Menakutkan, meski ular-ular tersebut jinak.

Ular-ular yang suka bergelantungan di sekitar patung Buddha ini dipercaya reinkarnasi para biksu yang dulunya rajin menyambangi pagoda. Namun ketiga ular piton yang pertama kali ditemukan para biksu telah mati. Jasad mereka diawetkan dan dipajang di altar. Namun jangan kaget jika datang ke kuil ini, karena masih banyak ular-ular yang berkeliaran di sana. Mereka adalah sumbangan dari beberapa peziarah.

6. Tanah Lot Bali

Satu lagi pura yang dimiliki Indonesia yang ternyata dikenal aneh yaitu Tanah Lot. Tanah Lot yang ada di desa Beraban, Tabanan ini memiliki pemandangan matahari terbenam yang indah. Tanah Lot memiliki pura yang terletak di atas tebing menjorok ke laut. Cerita  di dalam Tanah Lot ini dimulai oleh seorang bhagawan, Dang Hyang Dwijendra yang menemukan sebuah sinar. Ternyata sinar itu sumber mata air yang kini disebut belakan, dianggap sebagai air suci  di Tanah Lot.

pura-Tanah-Lot
pura-Tanah-Lot [imagesource]
Suatu ketika ada kecemburuan dari pihak lain karena ajaran yang di anut, membuat Dang hyang Dwijendra mengubah selendang menjadi ratusan ular berbisa yang terus berada di sekitar batu karang sebagai pelindung dan penjaga tempat tersebut. Kemudian tempat tersebut diberi nama Tanah Lot yang berarti Tanah di tengah Laut. So, jangan heran jika ular di Tanah Lot dianggap suci meski jumlahnya tak sebanyak dulu.

Meskipun hanya sebuah kuil ataupun pura, serta menjadi tempat yang memiliki keindahan mengagumkan, namun tentu ada nilai kesakralan di sana. Selain itu sejarah yang dimilikinya juga tak jauh dari hal-hal menakutkan, aneh ataupun tak bisa dibayangkan. Akhirnya menjadikan sebuah cerita misterius yang melegenda hingga kini.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
5 Artis Cilik Zaman Dulu yang Penampilannya Sekarang Bikin Kita Mangap Gak Percaya Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo Sempat Jadi Terkenal Secara Instan, Seperti Ini Nasib 4 Artis Dadakan yang Karirnya “Terjun Bebas” 7 Wanita Tercantik di Jepang ini Bikin Dengkul Lemes Orang-orang yang Dulunya Terkenal Ini Kini Nasibnya Berputar 180 Derajat Pria Menikahi Boneka yang Ceritanya Menuai Kontroversi, Ternyata Kenyataannya Bikin Nyesek Inilah 11 Status Kocak “Emak Zaman Now” di Medsos yang Bikin Minder Anak Muda Karena Kalah Eksis 15 Meme FTV Ini Bikin Kamu Nyadar, Bahwa Hidup Nggak Semanis Adegan Film di TV Bukan So Sweet, 10 Foto Prewedding Ini Malah Punya Konsep Kocak Abis, Pasti Ketawa Liatnya Kisah Sedih Eva, Calon Pengantin Yang Tertabrak Kereta Saat Mengantar Undangan Pernikahannya
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA