5 Kue Tart Paling Mahal yang Pernah Dibuat Manusia, Gimana Rasanya Ya?

oleh Rizal
11:00 AM on Sep 28, 2015

Sebenarnya tak wajib sih untuk memajang kue tart dalam sebuah acara baik pernikahan atau pun ulang tahun. Tapi, entah kenapa tanpa kehadirannya, hajatan tersebut jadi sedikit berkurang antusiasmenya. Akhirnya lambat laun tart berubah menjadi hal yang wajib ada, bahkan kue manis ini kadang merepresentasikan si empunya acara. Biasanya sih orang-orang akan beranggapan jika kue tart-nya fantastis maka si empunya akan mendapatkan kesan yang menterang pula.

Akhirnya orang-orang pun mulai membuat tart ini naik level dengan mengemasnya menjadi sesuatu yang lebih prestisius lagi. Alhasil, harganya juga ikut naik dan bahkan terbilang gila. Seperti deretan kue berikut yang dihargai lebih mahal daripada sebuah rumah mewah atau bahkan mobil sport edisi terbatas. Seperti apa ya rasanya dan kenapa bisa mahal begitu? Berikut ulasannya.

Baca Juga
Ternyata Beberapa Negara Ini Benderanya Terinspirasi Dari Majapahit Loh, Mana Saja Tuh
Bikin Emosi! Rombongan Pemuda Indonesia Ini Malah Sengaja Membentangkan Bendera Secara Terbalik

1. Luxury Bridal Show – $20 Juta

Kue berharga Rp 20 juta saja sudah bikin kita terheran-heran seperti apa bentuknya. Lalu bagaimana dengan Luxury Bridal Show Cake ini yang harga $20 juta ini? Pastinya tak hanya terdiri dari krim, gula dan tepung roti saja, ya? Yup, roti kreasi desainer bernama Nahid Parsa ini memang berisi deretan dekorasi super berupa deretan berlian dan emas.

Berhias permata dan dekorasi rumit, kue ini dihargai hingga $20 juta [Image Source]
Berhias permata dan dekorasi rumit, kue ini dihargai hingga $20 juta [Image Source]
Tak hanya itu, desainnya sendiri benar-benar menakjubkan dengan bentuk bersusunnya serta motif bunga-bungaan yang dibentuk dengan sangat detail. Kue ini pernah dilelang pada tahun 2006 lalu di sebuah acara di Baverly Hills. Sekilas mungkin kita berpikir tidak bakal ada orang yang bakal beli kue ini, namun siapa yang menyangka jika tart ini laku juga. Pembelinya sendiri tidak diketahui. Mungkin takut sombong atau terlihat kurang cerdas karena membeli sebuah kue yang sebenarnya bisa ditukar dengan selusin Lamborghini ini.

2. Diamond Gala – $30 Juta

Jika kamu pernah membaca sebuah majalah luar negeri bernama Social Life, maka nama Devorah Rose tentu tidak asing. Wanita ini adalah Chief Editor di sana dan salah satu kebiasaannya adalah kerap menunjukkan kemewahannya secara berlebihan. Salah satu contohnya adalah ketika ia menggelar sebuah pesta yang lengkap dengan suguhan kue tart-nya yang berharga $30 juta! Wih, jumlah yang tak main-main untuk sebuah roti dibungkus krim.

Jika dijual eceran satu potong kue ini mungkin sama seperti harga smartphone paling mahal [Image Source]
Jika dijual eceran satu potong kue ini mungkin sama seperti harga smartphone paling mahal [Image Source]
Ya, tentu saja ada alasannya kenapa kue ini begitu mahal. Pertama adalah gara-gara dekorasinya yang menggunakan berbagai macam perhiasan mahal. Mulai dari berlian, emas, sampai bebatuan mulia lainnya yang nilainya puluhan juta dolar. Alasan lain kenapa kue ini bisa greget sekali nilainya adalah karena si kreatornya adalah Cake Boss yang terkenal itu.

3. Pirate Fantasy – $35 Juta

Kue bikinan Chef Dimuthu Kumarasinghe ini pernah memecahkan rekor sebagai kue tart paling mahal di dunia tahun 2012 lalu. Sebenarnya apa sih keistimewaan kue ini selain bentuknya yang sama persis seperti kapal perompak itu? Yup, tentu saja karena si Pirate Fantasy ini dikemas dengan berbagai perhiasan mewah. Mulai dari permata sampai bebatuan mulia lainnya.

Kue tart bajak laut ini pernah memegang rekor Guinness sebagai kue paling mahal tahun 2012 [Image Source]
Kue tart bajak laut ini pernah memegang rekor Guinness sebagai kue paling mahal tahun 2012 [Image Source]
Kue seharga $35 juta, bagaimana ya rasanya? Ternyata tidak jauh beda dari kue kebanyakan kok. Kue bajak laut ini memiliki bermacam rasa di tiap bagiannya. Mulai coklat sampai dengan lemon. Namun tidak semua bagian bisa dimakan, terutama di tempat-tempat permatanya tertancap rapi. Ya, alasannya sudah sangat jelas agar perhiasan mahal tersebut tidak ikut termakan dan berakhir bersama yang lain di toilet saat pagi hari.

4. Wedding Show – $52 Juta

Wedding Show ini dibikin bukan untuk pernikahan biasa, namun sebagai simbolis perkawinan antara sesama jenis. Kue ini dipamerkan di Liverpool tahun 2013 lalu dan dibuat oleh si kreator kue terkenal bernama CAKE. Wedding Show punya setidaknya 8 lapisan yang masing-masing dihias dengan maksimal menggunakan perhiasan mahal.

Kue mahal ini dibuat sebagai simbol perkawinan sesama jenis di Inggris [Image Source]
Kue mahal ini dibuat sebagai simbol perkawinan sesama jenis di Inggris [Image Source]
Kue setinggi 5 kaki ini punya 2000 berlian yang disusun sedemikian rupa di tiap layer-nya. Ya, tentu saja kue ini akhirnya memecahkan rekor sebagai tart paling mahal di dunia. Sepertinya kue ini hanya berakhir jadi pajangan saja. Alasannya tentu saja karena kue berharga $52 juta ini akan terlalu sayang untuk dipotong.

5. The Fashion Runaway – $75 Juta

Orang-orang Timur Tengah kadang suka tidak tanggung-tanggung ketika melakukan sesuatu. Salah satunya dilakukan oleh salah seorang warga Uni Emirat Arab yang memesan sebuah kue untuk ulang tahun putrinya. Awalnya si pemesan hanya menginginkan sebuah tart yang bentuknya seperti peragaan busana. Namun siapa yang sangka hal ini malah berakhir menjadi rekor dunia.

Kue ini adalah bukti kecintaan orangtua kepada anaknya [Image Source]
Kue ini adalah bukti kecintaan orangtua kepada anaknya [Image Source]
Kue ini sendiri memiliki panjang 6 kaki dan dihias sangat detail. Seperti peragaan busana pada umumnya, ada catwalk, model, serta para penonton. Masing-masing karakter dibuat dengan sangat detail dan uniknya lagi mereka bisa dimakan. Selain dekorasi yang super detail, kue ini juga ini memakai banyak sekali perhiasan dan batu-batu mulai. Berbekal semua ini, tak heran jika kue ini akhirnya dihargai hingga $75 juta dan menjadi kue tart paling mahal hingga sekarang.

Kagum luar biasa sih melihat deretan kue ini. Terutama dari harganya yang bikin geleng-geleng kepala. Meskipun bikin decak kagum, cukup aneh pula melihat kue mahal ini. Pasalnya, pada dasarnya makanan harusnya ya dimakan, bukan untuk dihias berlebihan seperti ini. Memang benar harganya jadi spektakuler ketika permak sedemikian rupa, namun nilai kepantasannya jadi sangat rendah.

Next
BERITA TERKAIT
BACA JUGA