Nostalgia Ksatria Baja Hitam, Pahlawan Anak Generasi 90-an yang Nggak Terlupakan

Kenangan bersama Kotaro Minami selalu nempel di hati

oleh Nikmatus Solikha
08:00 AM on Aug 24, 2017

Di era sekarang ini, televisi sepertinya sudah banyak ditinggalkan anak muda. Karena lebih banyak pakai gadget kali ya, terlebih acara yang tayang di TV lokal juga nggak dianggap menarik lagi. Padahal, masih inget nggak sih ketika kita masih kecil dulu? Hari Minggu adalah waktu di mana seharian nungguin layar tv. Hayo, siapa yang dulu sering diomelin ibu gara-gara nonton tv mulu?

Salah satu hiburan favorit zaman dulu adalah Ksatria Baja Hitam. Jenis pahlawan dari Jepang yang pertama kali tayang di Indonesia. Meski sudah berselang puluhan tahun, tapi nyatanya sosok hero dengan kostum serba black tersebut nggak terlupakan. Bahkan, beberapa hal di bawah ini mungkin bikin kalian pengen nonton lagi.

Baca Juga
Inilah Kabar Pemeran Nyi Pelet, si Cantik yang Dulu Pernah Bikin Kaum Adam Kepincut
10 Kelakuan Kocak Para Nenek Zaman Now, Bukti Makin Tua Malah Tambah Menjadi

Tokoh utamanya Kotaro Minami

Kotaro Minami dalam seri Satria Baja Hitam [image source]
Di negeri asalnya Jepang, memang pahlawan sejenis Kamen Rider begitu banyak jenisnya. Tapi, buat anak generasi 90-an, tentu sosok Ksatria Baja Hitam adalah adalah hero yang paling berkesan. Serial ini dulu pertama di tayangkan di RCTI pada tahun 1993 sampai 1994. Tokoh utama dalam seri tersebut bernama Kotaro Minami. Hayo, siapa sih yang nggak kenal pemuda ganteng satu ini? Ganteng pada masanya ya, soalnya Kotaro Minami yang diperankan oleh Tetsuo Kurata ini sekarang sudah berusia 48 tahun. Kesuksesan penayangan pertama ternyata membuat Ksatria Baja Hitam ditayangkan kembali pada tahun 2004 oleh Indosiar. Dan seperti yang dibayangkan, seri ini juga tetap populer bahkan membekas di benak anak-anak tempo dulu.

Cerita awal kekuatan superhero

Century King Shadow moon [image source]
Kotaro Minami dan saudara angkatnya, Nobuhiko awalnya anak biasa yang terlahir di malam bulan purnama. Saat mereka berusia 19 tahun, keduanya diculik oleh Gorgom dan dijadikan sebuah cyborg dan juga diberi King Stones. Kotaro Minami diberikan Stone of the Sun yang membuatnya jadi Century King Black Sun atau Ksatria Baja Hitam, sementara Nobuhiko diberi Stone of the Moon yang membuatnya menjadi King Shadow Moon atau Bayangan Hitam. Insiden tersebutlah yang membuat kedua saudara angkat tersebut jadi bermusuhan. King Shadow Moon bahkan jadi salah satu musuh utama Kotaro Minami.

Motor Belalang Tempur

Motor belalang tempur [image source]
Ksatria Baja Hitam sebenarnya punya judul Kamen Rider Black kalau di negara asalnya. Kamen berarti topeng sementara Rider adalah pengendara. Mungkin biar lebih mudah diingat anak-anak, makanya judul juga disesuaikan dengan bahasa kita. Yang nggak kalah keren dari Ksatria idola kita ini, dulu doi juga punya kendaraan yang super keren lho. Apa tuh? Kendaraan tersebut adalah motor dengan nama Battle Hopper. Sayangnya, nama keren tersebut jadi lucu banget setelah dialih bahasakan ke Indonesia. Masih inget nggak sih, motor Kotaro Minami dulu namanya jadi Belalang Tempur. Hehe…

Jurusnya maut andalan

Tendangan maut [image source]
Dari kendaraan, mari beralih pada jurus-jurus andalan si pahlawan. Namanya juga superhero, pastinya punya kekuatan hebat. Kira-kira, siapa yang masih inget sama jurus andalan Ksatria Baja Hitam? Jurus andalannya adalah Rider Kick dan Rider Punch, atau setelah diubah dalam bahasa Indonesia dulu disebut tendangan dan pukulan maut. Dua jurus tersebut yang sangat berguna buat para musuh yang juga punya kekuatan luar biasa. Hayo, siapa yang dulu suka niru gayanya saat pertama kali pose berubah wujud sampai mengeluarkan jurus maut?

Musuh-musuh kuat Ksatria Baja Hitam

Gorgom [image source]
Fans sejati Ksatria Baja Hitam tentu masih inget siapa musuhnya saat itu. Iyuph, adalah Gorgom, sekelompok penjahat yang berambisi menguasai jagad raya. Anggota Gormom sendiri terdiri dari manusia dan non manusia. Kelompok tersebut begitu terkenal karena kegiatan teroris demi mendominasi dunia. Kelompok penjahat ini juga punya sosok yang diagungkan, yaitu Creation King. Inilah raja yang paling berkuasa di antara banyaknya Gorgom. Biasanya dia muncul berupa hati raksasa yang jahat dan berkomunikasi dengan para petinggi Gorgom melalui telepati.

Rekan-rekan Ksatria Baja Hitam

Kotaro Minami dan rekan rekan [image source]
Ngebayangin Ksatria Baja Hitam zama dulu yang punya banyak banget musuh, kok rasanya kasian banget ya. Wah, tenang, masa lupa kalau dulu Kotaro Minami juga punya banyak rekan? Heem, mereka adalah teman sekaligus berperan sebagai sekutu buat pahlawan masa kecil kita ini. Dia adalah Kyoko Akizuki, Katsumi Kida, Yoichi Daimon, Ryusuke Taki dan Masaru Todo.

Itulah sedikit tentang kenangan bersama Kotaro Minami alias Ksatria Baja Hitam. Meski banyak jenis Kamen Rider dari negeri Sakura yang tayang di Indonesia, tapi rasanya cuma kisah Ksatria Baja Hitam yang paling melenggenda, ya?

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
Masih Ingat 5 Artis Ini? Dulu Terkenal Banget Sekarang Nasibnya Berubah 180 Derajat! Mulai dari Begal Hingga Ojek, Inilah Nasib 5 Pemain Timnas yang Tak Berjaya Lagi Dulu Personil Band Terkenal, Nasib Pria ini Sekarang Bikin Netizen ingin Menangis Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo 5 Kejadian Nyleneh Orang Indonesia yang Terekam Google Street View, Awas Ngakak! Inilah Kabar Pemeran Nyi Pelet, si Cantik yang Dulu Pernah Bikin Kaum Adam Kepincut 12 Kelakuan Pengguna Medsos “Kelewat Awam” Ini Dijamin Bikin Kamu Ngakak Jengkulitan Inilah 6 Artis Indonesia yang Bikin ‘Superstar’ Luar Negeri Tergila-gila, Ada yang Sampai Baper Loh Cowo Wajib Tau: Ini Nih 7 Tipe Sneakerhead, Kamu Termasuk yang Mana? Jadi Langganan Para Pejabat Hingga Artis, 4 Warteg Ini Nggak Kalah dari Restoran Bintang Lima Sempat Tersandung Kontroversi, Begini Kabar Si ‘Seksi’ Revi Mariska di Angling Dharma 7 Aktris Sinetron Kolosal Cantik dan Seksi ini Pernah Menghiasi Layar Kaca Kamu Zaman Dulu 5 Artis Cilik Zaman Dulu yang Penampilannya Sekarang Bikin Kita Mangap Gak Percaya Berhasil Ubah Ban Bekas Jadi Sofa Super Unik, Pria Asal Semarang Ini Kewalahan Terima Pesanan 5 Ibu Mertua Paling ‘Membahayakan’ Sedunia 10 Meme Plesetan Kata Bijak “Berpikir Positif” Malah Buat Hidup Berantakan, Awas Ngakak Inilah 5 Negara yang Cinta Mati dengan Teh Indonesia Inilah Fakta Tersembunyi dari Pasangan Dokter Viral yang Rela Tinggalkan Pelaminan Demi Tolong Pasien Sering Diejek, Perubahan Drastis 13 Wanita Ini Jadi Bukti Kalau Tak Ada yang Mustahil, No. 5 Jadi Artis Loh Setelah Pedofil, Kini Muncul Kasus Predator Ibu Hamil yang Merebak di Media Sosial, Waspada!
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA