6 Aksi Kriminal yang Takkan Membuatmu Dipenjara Jika Jadi Warga Amerika Serikat

oleh Rizal
15:00 PM on Sep 9, 2015

Tidak dipungkiri jika Indonesia adalah tempat tinggal terbaik di dunia. Meskipun tidak semaju barat, tapi hanya di sini kamu menemukan kenyamanan dalam arti sebenarnya. Entah sosial atau pun lingkungan tempat tinggal. Tapi, kadang terbersit dengan pertanyaan seperti, “bagaimana rasanya tinggal di negeri orang?”. Jawabannya bisa bermacam-macam karena kultur dan aturan masing-masing tempat tentu berbeda.

Tapi, jika kamu ingin tinggal di tempat yang bisa benar-benar hidup bebas, maka Amerika Serikat lah jawabannya. Negara Paman Sam memang terkenal akan kebebasannya. Tak hanya soal aturan sosial dan kemasyarakatan, tapi juga yang menyangkut hukum. Ya, di sini kamu bisa bebas melakukan aksi kriminal tanpa perlu takut bakal dihukum. Tapi tentunya hanya untuk kasus tertentu saja yang biasanya tak logis atau belum benar-benar ditentukan hukumnya.

Baca Juga
Inilah 4 Jasa Tak Terlupakan yang Dilakukan Malaysia Kepada Bumi Pertiwi
10 Atlet SEA Games 2017 Asal Indonesia Ini Nggak Cuma Bikin Bangga, tapi juga Cantik Jelita

Nah, aksi kriminal apa saja sih yang takkan tersentuh hukum di Amerika Serikat? Berikut ulasannya.

1. Mencintai Hewan Peliharaan Seperti Pasangan Sendiri

Siapa sih yang bakal menyalahkan seseorang karena begitu menyayangi hewan peliharaan? Namun, hal ini bisa jadi kriminal jika sampai pada tahap asmara alias jatuh cinta. Hingga akhirnya menganggap hewan peliharaan adalah pasangan sendiri dan sampai pada tahap melakukan hubungan badan. Percaya atau tidak, di Amerika Serikat kasus seperti ini lumayan marak hanya saja tak terpublikasi.

Kalau tidak ada hukuman jelas tentang ini, bisa-bisa kaum pendukung hal ini bisa berunjuk rasa minta pengakuan [Image Source]
Kalau tidak ada hukuman jelas tentang ini, bisa-bisa akan muncul unjuk rasa yang tujuannya meminta legalitas hubungan [Image Source]
Mungkin kalau sampai kejadian ini ada di Indonesia, maka masyarakat bakal buru-buru membawa si pelaku ke kantor polisi. Atau lebih parahnya lagi akan menghakiminya di tempat sampai mengucilkannya selamanya. Hal ini berbeda dengan di Amerika, khususnya di Texas atau Alabama. Pelaku yang melakukan kekejian tersebut takkan pernah dihukum. Alasannya, masih belum ada aturan hukum yang jelas tentang hal ini.

2. Menghukum Secara Fisik

Belakangan sistem pendidikan kita mengalami banyak revisi khususnya di tingkat dasar. Bukan hanya tentang kurikulum tapi juga hal-hal yang menyangkut praktik kegiatan belajar. Salah satu yang jadi perhatian adalah tata cara menghukum anak didik dengan baik. Misalnya tak menggunakan kekerasan baik fisik maupun verbal, melainkan dengan melebihkan beban tugas dan lain sebagainya. Jika sang guru kedapatan melakukan hukuman fisik, maka ia bisa dituntut bahkan dihukum. Di Amerika, kamu tidak akan menjumpai hal semacam ini.

Asal tidak berlebihan, sah-sah saja memberikan hukuman fisik [Image Source]
Asal tidak berlebihan, sah-sah saja memberikan hukuman fisik [Image Source]
Hukuman fisik bahkan militer sudah sangat biasa di sana dan berlaku di 19 negara bagian. Namun tentunya tetap dalam tahap yang wajar. Artinya sang guru bisa benar-benar menghukum secara fisik bahkan militer sesuai dengan kesalahan dan kondisi muridnya. Tujuannya juga harus jelas, misalnya demi kedisiplinan atau untuk mengajari sopan santun. Ketika sang guru ini menghukum secara berlebihan, maka pemerintah bisa mengganjarnya dengan hukuman. Biasanya diberhentikan dengan tidak hormat.

3. Senjata Penyembur Api

Senjata penyembur api atau yang dikenal dengan flamethrower mungkin sudah pernah kamu dengar sebelumnya. Seperti namanya, senjata ini bisa menyemburkan api yang bisa diatur jarak dan kekuatannya. Flamethrower diklaim bisa menghanguskan sebuah bangunan bahkan sebuah kompleks perumahan dalam waktu yang cukup singkat. Ngerinya, kamu boleh melakukan aksi-aksi nekat dengan menggunakan flamethrower tanpa perlu takut bakal kena hukum.

Di Amerika, kamu bisa membeli senjata seperti ini kapan pun [Image Source]
Di Amerika, kamu bisa membeli senjata seperti ini kapan pun [Image Source]
Tidak begitu jelas kenapa pemerintah Amerika memperbolehkan hal yang semacam ini. Namun sebagai warga yang cerdas, masyarakat sana mengartikan senjata ini hanya boleh digunakan untuk hal-hal tertentu saja. Mungkin untuk mempertahankan diri atau membakar rumah tetangga yang nyebelin. Uniknya lagi, kamu bisa menemukan flamethrower ini dijual bebas di toko-toko peralatan dan senjata. Ya, sangat mungkin sekarang ini setiap rumah di sana menyimpan senjata perusak massal ini di garasi atau gudang mereka.

4. Memiliki Tank

Jika kamu punya tabungan sekitar $ 40 ribu dan butuh kendaraan yang bisa berguna dalam hal apa pun termasuk mempertahankan diri, mungkin tidak ada salahnya membeli sebuah tank. Secara teknis kepemilikan tank di Amerika bukanlah sesuatu yang benar-benar dilarang. Pasalnya, memang belum ada undang-undang yang menulis tentang hal ini di sana.

Jalan-jalan pakai tank? Tak masalah asal tidak mengganggu ketertiban umum [Image Source]
Jalan-jalan pakai tank? Tak masalah asal tidak mengganggu ketertiban umum [Image Source]
Namun ada syarat yang harus kamu penuhi sebelum memboyong sebuah tank panzer atau amphibi ke garasi rumah. Ketentuannya sangat mudah kok, kamu hanya tak boleh mengganggu banyak orang dengan kendaraan besar ini. Merusak bangunan, mobil dan fasilitas umum tentu bakal kena ganjaran. Termasuk juga tak sengaja melindas pejalan kaki hingga mati gara-gara tank milikmu belum terpasang spion di kanan kiri, juga bakal kena sanksi berat.

5. Memamerkan Anggota Tubuh di Tempat Umum

Maksudnya bukan dengan menggunakan busana yang terbuka atau semacamnya. Memamerkan anggota tubuh ini adalah memperlihatkan seluruh atau sebagian badan tanpa terbalut apa pun. Jika di sini mungkin hanya orang gila yang melakukan hal tersebut, namun di Amerika Serikat ada lho orang-orang nekat yang melakukannya. Mereka waras dan melakukan hal ini dengan sadar. Bahkan mereka bisa melakukannya kapan pun karena memang tak ada hukum yang mengatur soal ini di sana.

Di Amerika kamu juga bisa melihat orang-orang dengan bebasnya tak memakai pakaian. Di sini juga ada sih [Image Source]
Di Amerika kamu juga bisa melihat orang-orang dengan bebasnya tak memakai pakaian. Di sini juga ada sih [Image Source]
Kebebasan untuk melakukan hal gila ini berlaku di 33 negara bagian, dan tidak membedakan antara laki-laki dan perempuan. Namun tentunya ada syarat yang harus dipenuhi terlebih dahulu sebelum melepas pakaian. Pertama tidak mengganggu orang lain dengan menciptakan kehebohan, dan kedua tidak memancing perilaku yang menjurus ke arah pelecehan. Namanya manusia, melihat yang aneh begini tentunya pikirannya ya macam-macam. Tak peduli si pelakunya tidak ada niatan memancing atau semacamnya.

6. Kanibalisme

Kanibalisme di Amerika Serikat masih jadi hal yang diperdebatkan alias abu-abu. Tapi, secara teknis mungkin bisa dikatakan legal. Pasalnya, hampir tak ada kasus yang menyeret pelakunya gara-gara memakan daging manusia. Jadi, bisa dikatakan di sana kanibalisme adalah hal yang diperbolehkan.

Asal dalam keadaan terdesak dan tidak diawali dengan pembunuhan, kanibal adalah aksi legal [Image Source]
Asal dalam keadaan terdesak dan tidak diawali dengan pembunuhan, kanibal adalah aksi legal [Image Source]
Namun ada syaratnya, yakni tidak boleh diawali dengan aksi pembunuhan. Membunuh kemudian memakan mayat korban akan dihukum berat. Bukan gara-gara kanibalismenya tapi aksi membunuhnya. Jadi, ketika kamu tak sengaja terdampar di sebuah pulau yang masih dalam cakupan wilayah Amerika dan menemukan seseorang mati di sana, kamu boleh memakannya. Atau bisa juga dengan hal-hal ekstrim seperti temanmu menawarkan tangannya untuk kamu kunyah. Hal ini juga tidak akan membuatmu terkena hukuman.

Ada kah satu dari sekian aksi kriminal di atas yang legal di Indonesia? Hmm, sepertinya tak ada ya. Makanya, sepertinya kita harus bersyukur tinggal di Indonesia. Mungkin tak semakmur Dubai atau negeri kaya lain, tapi kita bisa hidup dengan aman dan damai. Setidaknya kita tidak akan pernah melihat seseorang tanpa pakaian berjalan di mall, atau naik ke pagar pembatas trotoar gara-gara ada tank warga yang lewat.

Next
BERITA TERKAIT
BACA JUGA