in

5 Tempat Ini Ternyata Merupakan Kota Tertua di Indonesia

Kota tertua di Indonesia

Indonesia adalah negara maritim. Ada begitu banyak pulau-pulau yang tersebar di seluruh wilayahnya, mulai dari Sumatra hingga Papua. Dan di setiap pulau-pulau tersebut, tentulah memiliki kota-kota besar maupun kecil.

Tapi tahukah kamu, di antara kota-kota tersebut ada beberapa yang mendapat gelar kota tertua di Indonesia. Kota apa saja yaa itu? Mari kita simak, kota-kota tertua yang turut menjadi saksi terbentuknya negara ini.

1. Palembang

Kota Palembang adalah kota terbesar kedua di Sumatra setelah Medan. Luas wilayahnya sekitar 358 kilometer persegi. Ibukota Sumatra Selatan ini dijuluki oleh dunia sebagai ‘‘Venice of The East” atau Venezia dari timur.

Jembatan Ampera, Ikon Kota Palembang
Jembatan Ampera, Ikon Kota Palembang [ImageSource]
Kota Palembang terbentuk karena adanya perang kerajaan Sriwijaya pada masanya. Kota ini berdiri sejak tanggal 17 Juni 628 Masehi dan usianya sudah mencapai 1326 tahun. Maka dari itu, kota yang juga disebut sebagai Kota Sriwijaya ini termasuk yang tertua di Indonesia.

2. Magelang

Kota tertua di Indonesia yang selanjutnya adalah Magelang. Kota ini berada di provinsi Jawa Tengah. Karena letaknya yang strategis, kota ini pernah dijadikan pusat lalu lintas perekonomian oleh pemerintah Belanda.

Candi Borobudur Di Magelang Yang Menjadi Situs Warisan Dunia
Candi Borobudur Di Magelang Yang Menjadi Situs Warisan Dunia [ImageSource]
Kota Magelang berdiri sejak 11 April 907 Masehi dan pernah menjadi ibukota kabupaten Magelang. Kota Magelang mengawali sejarahnya sebagai desa perdikan Mantyasih, dan saat ini dikenal dengan Kampung Meteseh.

3. Jakarta

Kota Jakarta juga termasuk kota tertua yang ada di Indonesia. Ibukota dari Indonesia ini berlokasi di sebelah utara Pulau Jawa. Jakarta merupakan satu-satunya kota yang mempunyai status setingkat provinsi.

Pasar Senen Di Jakarta Pada Tahun 1970-an
Pasar Senen Di Jakarta Pada Tahun 1970-an [ImageSource]
Kota Jakarta terbentuk pada 22 Juni 1527. Sebelumnya, kota ini bernama Sunda Kelapa (1527), kemudian berganti menjadi Jayakarta (1527-1619), Batavia (1619-1942), serta Jakarta Tokubetsu Shi (1942-1972). Saat ini namanya menjadi Daerah Khusus Ibukota Jakarta atau DKI Jakarta.

4. Medan

Ibukota dari Provinsi Sumatra Utara ini juga menjadi kota tertua di Indonesia. Selain itu kota ini juga merupakan kota terbesar di luar Pulau Jawa dan kota terbesar ketiga di Indonesia. Medan terkenal akan danaunya yang sangat indah dan bersejarah, ya Danau Toba.

Daerah Kesawan Di Medan Pada Tahun 1920-an
Daerah Kesawan Di Medan Pada Tahun 1920-an [ImageSource]
Kota yang menjadi pintu gerbang wilayah Indonesia bagian barat ini terbentuk sejak 1 Juli 1590. Orang yang pertama kali menemukan sebuah kampung yang bernama Medan ini berasal dari Eropa, yakni John Anderson.

5. Semarang

Kota Semarang adalah ibukota dari Provinsi Jawa Tengah. Kota yang paling berkembang di Pulau Jawa ini merupakan yang terbesar kelima di Indonesia setelah Jakarta, Surabaya dan Medan. Luas wilayahnya mencapai 373,67 kilometer persegi.

Gambaran Kota Semarang Pada Tahun 1859
Gambaran Kota Semarang Pada Tahun 1859 [ImageSource]
Kota Semarang berdiri pada 2 Mei 1547 silam. Pada abad ke-8, kota ini pernah dikenal sebagai Kerajaan Mataram. Hampir mirip dengan Palembang, Semarang mendapat julukan oleh Belanda “Venetie van Java”, karena wilayahnya dilalui banyak sungai di tengah kota, seperti Venezia.

Itulah tadi beberapa kota yang termasuk kedalam kota tertua di Indonesia. Kota-kota inilah yang menjadi saksi terbentuknya pulau-pulau di negara Indonesia. Menurut readers, ada lagi gak nih kota tertua di Indonesia yang belum tertulis di atas?

Written by Rahma Muliani

Leave a Reply

9 Foto Misterius yang Masih Menyisakan Tanda Tanya Hingga Hari Ini

5 Kasus Anoreksia Ini Mengingatkan bahwa Langsing Bukanlah Segalanya