Inilah 5 Kota Terbersih yang Ada Di Indonesia, Bahkan Salah Satunya Peringkat Satu di Asia

Karena kotanya bersih, wajar kalau banyak wisatawan yang keoincut

oleh Arief Dian
17:00 PM on Aug 15, 2017

Kenyamanan sebuah kota untuk ditinggali kadang juga dipengaruhi oleh kebersihan yang ada di sana. Bayangkan kalau keadaan suatu kota penuh sampah, jangankan wisatawan, penduduknya sendiri pun jadi ogah buat tinggal. Jadi bukan hal yang aneh dong kalau semakin bersih suatu kota, bakal makin terkenal pula karena banyak wisatawan yang doyan saat berada di sana.

Masih soal kebersihan kota, ada tidak ya daerah seperti itu di Indonesia? Eits. Jangan berkecil hati, rupanya di bumi pertiwi ini ada tempat yang super bersih. Bahkan dinobatkan yang paling bersih se-Asia. Jadi kota mana saja itu? Simak ulasan berikut.

Baca Juga
Mulai dari Disalahartikan Hingga Ditakuti, Inilah Arti Sebenarnya dari Lagu “Genjer-Genjer”
Inilah 4 Fakta Mengenai Kesurupan Massal yang Tidak Selamanya Lekat dengan Hal Mistis

Surabaya jadi kota terbersih di Indonesia

Rupanya, kota pahlawan sudah menyandang predikat daerah yang paling bersih bertahun-tahun. Hal itu dibuktikan dengan dinobatkannya lagi kota ini sebagai Adipura Kencana pada 2017. Hal itu bukan sesuatu yang aneh mengingat sistem kebersihan di kota tersebut yang dibilang sangat maju.

Kota Surabaya [image source]
Salah satu buktinya adalah pemanfaatan  TPA waste to energy atau mengubah tempat pembuangan akhir menjadi sumber energi.  Selain itu Surabaya juga dianggap maju karena memiliki Commad Center serta pengelolaan sampah di sana yang sudah modern dan berbasis online. Kamu yang asli Surabaya pasti bangga dong dengan hasil ini.

Kota dengan udara paling bersih ternyata ada di Malang

Beberapa waktu yang lalu, sepertinya kota Malang pantas berbangga karena dinobatkan sebagai pemilik udara yang paling bersih di Asia. Ya, rupanya keberhasilan ini juga disusul dengan Perolehan Adipura Kencana, sebagai salah satu kota terbersih dan pantas untuk jadi panutan daerah lain. Ya, itu memang wajar mengingat di kota tersebut sangat banyak program kebersihan yang dijalankan pemerintah setempat, salah satunya 3G.

Kota Malang [image source]
Program Glintung Go Green (3G), rupanya sukses membuat beberapa daerah di Malang jadi super bersih. Inti dari program tersebut adalah membuat semua aspek masyarakat yang Go Green. Mulai dari sekolah, tempat bekerja, hingga kehidupan sehari-hari pun yang wajib menjaga kebersihan. Rupanya, semua tidak sia-sia, kini Malang berhasil mengalahkan beberapa daerah di Filipina dan Thailand untuk menjadi daerah yang paling bersih.

Kota bersih akibat gotong royong

Kota lain yang juga mendapatkan predikat terbersih adalah Palembang. Buktinya, lagi-lagi Palembang menyabet penghargaan Adipura Kencana sebagi kota tidak ramah dengan sampah. Berbeda dengan kota yang lain yang menggalangkan sistem yang modern, kota Palembang hanya memanfaatkan gotong royong dalam menyabet penghargaan tersebut.

kota Palembang [image source]
Ya, rupanya ikatan kebersamaan di kota tersebut yang kuat, membuat para warganya dari segala kalangan rela membantu mewujudkan kota yang bersih. Selain itu, pemerintah bahkan tak ragu-ragu menggalangkan dana sampai Rp 50 M demi kebersihan kotanya. Jadi bukan lagi hal yang aneh kalau bule sampai bilang Palembang itu kota bersih.

Kota yang memiliki banyak penghargaan kebersihan

Warga Balikpapan patut berbangga karena kotanya pernah menyabet tiga penghargaan sekaligus. Ya, kota ini berhasil memenangkan ESC dan dinobatkan sebagai kota dengan lingkungan, air dan udara terbersih di Asia Tenggara. Tentunya penilai yang dilakukan itu tidak sembarangan.

Kota Balikpapan [image source]
Awalnya masing-masing kota mengirimkan video bagaimana keadaan lingkungan dan cara pengolahan sampah di kita itu. Dari seluruh kota yang ada Balikpapan lah yang memiliki pengolahan sampah dan lingkungan terbaik bahkan bersaing dengan negara di Asia Tenggara.

Tangerang dari dulu selalu jadi kota bersih

Sedangkan kota bersih lain yang tidak pernah absen dari penghargaan adalah Tangerang. Ya, seperti kota yang lain, Tangerang selalu bersaing memperebutkan predikat kota terbersih setiap tahunnya. Hal itu rupanya terbukti dengan diperolehnya berbagai piala seperti Adipura Kencana oleh kota ini. Salah satu hal yang membuat Tangerang memenangkan penghargaan tersebut adalah program kampung bersih yang selalu rutin dijalankan.

Kota Tangerang [image source]
Akibatnya, setiap elemen masyarakat saling bergotong royong untuk menjaga kebersihan lingkungan. Tuh kan, bersih itu tidak mahal, asalkan ada kemauan.

Tuh kan lihat sendiri lima kota paling bersih yang ada di Indonesia, apakah kotamu masuk? Dari beberapa data tersebut kita jadi tahu, kota yang bersih punya potensi besar sebagai tempat wisata. Kebanyakan dari kota tersebut adalah daerah wisata bukan? Jadi yuk, kita jaga kebersihan jika mau kotanya makin terkenal.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
Seperti Ini Nasib Para Pemain Film Esek-Esek Setelah Pensiun, Dijamin Kaget Kamu Lihatnya 25 Foto Selfie Fail Abis yang Bikin Kamu Ketawa Ngakak Sampe Perut Mules Inilah Mongrel Mob, Gangster Selandia Baru yang Namanya Mulai Jadi Pembicaraan di Dunia 5 Kejadian Nyleneh Orang Indonesia yang Terekam Google Street View, Awas Ngakak! Miris! Bukan Kebahagiaan, Pengantin Ini Malah Dibuat Malu oleh Wedding Organizer 7 Aktris Sinetron Kolosal Cantik dan Seksi ini Pernah Menghiasi Layar Kaca Kamu Zaman Dulu Kisah John Kei, Preman Gahar Sang 'Godfather of Jakarta' yang Kini Menempuh Jalan Kebenaran Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo Kocak, Obrolan Orang Mesum PDKT Ngajak Chatting Endingnya Malah Bikin Ngakak Ternyata Segini Gaji Pemain Film "Dewasa", Penderitaan Tidak Sebanding dengan Penghasilan
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA