7 Kota di Dunia yang Wajib Disinggahi Untuk Melihat Karya Seni Luar Biasa

oleh Alfry
13:19 PM on Jul 6, 2015

Sebuah karya seni yang fenomenal bisa menjadi daya tarik wisatawan tersendiri. Lukisan Mona Lisa misalnya, dari sekian juta wisatawan tiap tahunnya yang berkunjung ke Museum Louvre di Paris, Prancis sebagian besar pasti penasaran ingin melihat lukisan karya maestro Leonardo da Vinci ketimbang karya seni lainnya yang ada di dalam museum tersebut.

Kenyataannya dunia ini penuh dengan kota berisi seniman dunia beserta karya seni mereka yang menakjubkan. Jika Anda ingin perjalanan Anda berikutnya penuh diisi dengan pengalaman seni yang luar biasa maka beberapa kota ini sangat direkomendasikan untuk dikunjungi.

Baca Juga
Inilah 4 Fakta Meikarta, Kota Baru yang Katanya Bakal Menyaingi Ibukota
Inilah 4 Jasa Tak Terlupakan yang Dilakukan Malaysia Kepada Bumi Pertiwi

1. Berlin, Jerman

Kota Berlin di Jerman sudah sejak dahulu menjadi kota di mana berbagai jenis karya seni berkembang pesat. Kota ini menjadi rumah bagi 400 galeri seni sekaligus menjadi pusat perkembangan seni lukis grafiti yang kini tengah populer di berbagai negara.

Lukisan di Kota Berlin [image source]
Lukisan di Kota Berlin [image source]
Berkembangnya seni lukis di Berlin ini tak lepas dari melimpahnya media yang bisa digunakan para seniman untuk menuangkan ide kreatif mereka. Salah satu media yang paling digemari baik seniman terkenal maupun seniman jalanan adalah Tembok Berlin. Nah jika Anda memilih Jerman sebagai destinasi wisata Anda jangan ketinggalan untuk mengunjungi Berlin dan mampir ke Tembok Berlin, di sana Anda akan merasakan seperti berada di dalam galeri seni yang sangat panjang dengan beragam lukisan dari berbagai seniman.

2. Florence, Italia

Sebagai tempat kelahiran Renaissance, Florence di Italia sejak abad ke-14 dikenal sebagai pusat budaya, ekonomi dan keuangan penting Italia dan Eropa sehingga tak ayal jika kota ini sempat dijuluki sebagai “Athena dari Barat.” Di negeri pizza ini Florence dianggap sebagai kota pelopor kebangkitan seni dan budaya.

Karya Seni di Florence [image source]
Karya Seni di Florence [image source]
Di dalam kota Florence atau Firenze ini Anda akan dengan mudah menemukan berbagai model karya seni dalam bentuk patung hingga arsitektur bangunan. Hampir bisa dikatakan semua karya seni meski itu berada di ruang terbuka memiliki sejarah panjang tentang keberadaan seni dan seniman dunia yang berasal dari kota tersebut. Untuk melihat karya seni paling bersejarah traveler bisa mengunjungi galeri seni di Florence. Ini benar-benar kota yang sempurna untuk mencari pengalaman dalam bidang kesenian.

3. New York City, Amerika Serikat

New York City layak untuk masuk dalam daftar kunjungan Anda yang suka banget dengan karya seni pasalnya kota di Amerika Serikat ini menjadi rumah bagi ratusan institusi budaya dan museum yang membuatnya menjelma sebagai destinasi terbaik untuk melihat karya seni di Amerika Utara.

Galeri Seni di New York City [image source]
Galeri Seni di New York City [image source]
Sebagai referensi inilah beberapa museum dan galeri seni yang menyimpan benda-benda seni dari berbagai dunia. Pertama ada Museum Mile yang terletak di 82-105 streets, museum ini memiliki tampilan benda seni terpadat di dunia. Namun yang paling terkenal di New York City adalah Metropolitan Museum of Art yang terletak di ujung timur Central Park. Di dalamnya Anda bisa menemukan hampir semua karya seni dari pelukis terkenal di Eropa. Bahkan karya seni zaman Mesir Kuno juga bisa ditemukan di sana.

4. Kota Vatikan, Roma

Sebenarnya Vatikan merupakan sebuah negara tersendiri yang berada di tengah kota Roma, Italia, dengan nama resmi Negara Kota Vatikan. Meskipun koleksi karya seni di kota ini tak selengkap dengan galeri seni di New York City namun di dalamnya tersimpan beberapa karya seni paling top di dunia.

Lukisan di Kota Vatikan [image source]
Lukisan di Kota Vatikan [image source]
Jika Anda traveler pecinta seni wajib hukumnya datang ke Vatikan dan melihat semua karya seni di sana. Walau kota ini terkenal sebagai kota sucinya umat Nasrani namun karya seni yang ada di sana tidak melulu tentang agama. Beberapa tempat yang bisa dikunjungi untuk mengapresiasi karya seni adalah di Kapel Sistina, lihatlah lukisan karya Michaelangelodi langit-langitnya. Tempat lain yang bisa menjadi rujukan adalah Museum Vatikan, banyak patung dan karya seni lainnya yang bisa dinikmati.

5. London, Inggris

Tercatat museum pertama di London didirikan pada tahun 1753 dan sejak saat itu telah berdiri ratusan museum dan galeri seni di ibu kota Inggris ini. Popularitas London tidak hanya terletak pada klub sepak bolanya saja yaitu Chelsea namun merambah hingga dunia seni. Banyak pecinta seni dari berbagai dunia yang datang ke sana untuk melihat karya seni metropolis yang ditampilkan di berbagai galeri seninya.

Galeri Seni di London [image source]
Galeri Seni di London [image source]
Kini Kota London menjelma sebagai tuan rumah dari ratusan galeri seni yang dimiliki lembaga-lembaga kebudayaan yang berbeda-beda, al hasil koleksi yang dimiliki juga beragam. Menariknya beberapa galeri di London tidak menetapkan tarif kunjungan alias gratis seperti British Museum, National Portrait Gallery, dan Tate Modern.

6. Goreme, Turki

Goreme adalah nama suatu lembah sekaligus kota di Turki yang terletak di Cappadocia, Provinsi Nevsehir. Menariknya Goreme ini adalah kota kuno yang terbentuk akibat erosi, dan bebatuan di sana dipahat sedemikian rupa sehingga menjadi pemukiman warga berupa kota bawah tanah.

Lukisan di Goreme [image source]
Lukisan di Goreme [image source]
Selain mengagumi keindahan arsitekturnya traveler yang berkunjung ke Goreme juga bisa melihat berbagai lukisan dinding yang indah dari abad ke-9. Lukisan ini menghiasi dinding gereja-gereja lokal. Karya seni paling langka di dunia bisa ditemukan di Tokali Kilise (The Church of the Buckle), di sana anda akan menemukan karya seni yang didasarkan pada kitab Injil James.

7. Sao Paulo, Brasil

Sao Paulo merupakan tujuan traveling terakhir yang bisa Anda kunjungi untuk menikmati karya seni kelas dunia. Kota di Brasil ini tercatat memiliki event kesenian dua tahunan bertajuk Sao Paulo Biennial yang menampilkan karya seni kontemporer Brasil dan internasional. Pertama kali digelar event ini bertempat di Museu de Arte Moderna de São Paulo.

Karya Seni di Sao Paulo [image source]
Karya Seni di Sao Paulo [image source]
Kini Biennial telah berkembang menjadi sebuah pemeran yang berkembang pesat dan kehadirannya selalu ditunggu-tunggu oleh penikmat seni dari berbagai dunia. Datanglah selama tahun pameran digelar maka Anda akan menjumpai banyak karya seni internasional yang berbeda-beda. Bisa dikatakan selama dua tahun sekali semua kesenian akan berkumpul di Sao Paulo ini.

Itulah beberapa kota yang menjanjikan pemandangan artistik dan memanjakan insting artistik bagi para pengunjungnya. Terutama buat traveler yang suka datang sambil foto-foto. Well, pilih kota mana nih yang paling menarik?

Next
BERITA TERKAIT
BACA JUGA